Ini 6 Istilah Populer Berpredikat Kata Tahun Ini Versi Kamus Internasional

Sejumlah kata dalam bahasa Inggris sudah dijadikan KTI 2021 atau Kata Tahun Ini. Beberapa kamus yang mengeluarkan predikat Word of the Year tersebut di antaranya Oxford, Cambridge, Collins, Macquarie, Merriam-Webster, dan Dictionary.com.

Istilah-istilah yang mendapat predikat Word of the Year (WOTY) atau Kata Tahun Ini 2021 adalah mereka yang memperoleh pencarian definisi dalam jumlah terbanyak selama 2021 dalam situs masing-masing kamus. Di tahun ini, beberapa istilah yang menjadi WOTY memiliki keterkaitan dengan pandemi COVID-19.

6 Kata Tahun Ini 2021 Versi Kamus Internasional

1. KTI 2021 Kamus Oxford

Dikutip dari Oxford Languages, Kata Tahun Ini 2021 dalam kamus Oxford adalah Vax. Dalam versi mereka, predikat Word of the Year adalah untuk kata atau ekspresi yang memperoleh jumlah ketertarikan dalam jumlah banyak selama 12 bulan terakhir.

- Iklan -

Pihak Oxford mendapatkan kata ‘vax’ setelah para leksikografer mereka menggali data korpus bahasa Inggris mereka. Kata tersebut juga menghasilkan beberapa kata pencarian turunannya, seperti vax card (kartu vaksin), getting vaxxed (divaksin), atau fulli vaxxed (divaksin lengkap).

2. KTI 2021 Kamus Cambridge

Kata yang mendapat predikat WOTY 2021 dalam Cambridge Dictionary adalah ‘perseverance’. Dikatakan dari laman mereka, arti kata ini dalam bahasa Indonesia adalah usaha yang terus-menerus untuk meraih sesuatu, bahkan meskipun sulit dan butuh banyak waktu.

Baca Juga:  Dimana Peran Ilmu Fisika dalam Pencahayaan

Istilah tersebut dilihat sebanyak 243 ribu kali dalam kamus Cambridge. Puncak pencarian adalah tanggal 18-24 bulan Februari 2021 setelah Perseverance, robot penjelajah NASA melakukan pendaratan finalnya ke Mars.

- Iklan -

3. KTI 2021 Kamus Collins

Istilah kekinian NFT menjadi Kata Tahun Ini 2021 versi kamus Collins. Bagi yang belum tahu, NFT adalah kependekan dari non-fungible token.

Menurut Collins Dictionary, NFT memiliki definisi sertifikat digital yang unik, terdaftar di blockchain, dan digunakan untuk mencatat kepemilikan aset seperti benda seni atau koleksi. Secara simpel, NFT adalah data digital yang mencatat kepemilikan digital kita. Mengapa disebut unik? Karena NFT ini sifatnya tidak ‘fungible’ atau diganti dengan bagian data lainnya.

4. KTI 2021 Merriam-Webster

Dikatakan dalam situs resmi mereka, kata ‘vaccine’ menjadi KTI 2021 versi Merriam-Webster. Ketertarikan orang terhadap definisi kata tersebut naik sebanyak 601% sejak 2020.

- Iklan -

Lonjakan pencarian kata ‘vaccine’ melesat tajam setinggi 535% di bulan Agustus 2021. Kata ini didapat dari bahasa Latin untuk sapi/cow yaitu ‘vacca’ karena merujuk pada penemuan inokulasi cacar sapi yang digunakan untuk mengobati penyakit cacar.

5. KTI 2021 Kamus Macquarie

Komite kamus Macquarie memutuskan ‘strollout’ sebagai Word of the Year 2021 menurut pihak mereka dan pilihan publik. Kata tersebut memiliki definisi spesifik yaitu, (istilah humor) ketersediaan program vaksin COVID-19 di Australia yang dirasa kurang cepat.

Baca Juga:  Ilmu Fisika Pada Penetapan Ukuran Kecepatan

Selain istilah tersebut, Macquarie juga memberikan predikat kehormatan pada kata ‘menty-b’, ‘last chance tourism’, ‘Delta’ dan ‘porch pirate’. Kata ‘menty-b’ artinya adalah gangguan kesehatan mental.

Kemudian, ‘Delta’ merujuk pada salah satu varian mutasi virus COVID-19. Frasa ‘last chance tourism’ adalah lokasi yang memiliki lanskap atau fitur geologi terancam punah atau habitat untuk spesies terancam punah. Terakhir, ‘ porch pirate’ adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan pencuri yang mengambil barang paket yang ditinggal di depan rumah oleh kurir pengantar barang.

6. KTI 2021 Kamus Dictionary.com

Kamus Dictionary.com menjadikan kata ‘allyship’ sebagai Kata Tahun Ini versi mereka untuk 2021. Istilah ini mendefinisikan status atau peran seseorang yang mengadvokasi dan secara aktif bekerja dalam kegiatan-kegiatan untuk kelompok termarjinalisasi dan terpolitisasi di seluruh lapisan masyarakat.

Namun, orang tersebut bukan sebagai bagian dari grup, melainkan sebagai bagian dari solidaritas melalui perjuangan dan sudut pandang aktivis yang bersangkutan.

Penggunaan kata ‘allyship’ dapat ditelusuri sejak pertengahan 1800-an, namun kata ‘ally’ itu sendiri sudah jauh lebih tua. Istilah ini pertama kali dicatat pada 1250-1300. Kata ‘ally’ berasal dari istilah Latin ‘alligāre’ yang artinya mengikat bersama, mengombinasikan, dan bersatu.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU