Ini Cara Menghitung Ranking BWF Bulutangkis

FAJAR Pendidikan

Cara Menghitung Ranking BWF. Poin yang diperoleh pebulu tangkis dapat berasal dari turnamen perorangan maupun beregu. Pada turnamen perorangan, jumlah poin yang berhak diperoleh pebulu tangkis.

Sedangkan untuk turnamen beregu, jumlah poin yang diperoleh tergantung dari poin peringkat dunia pebulu tangkis dan lawan, lebih lanjut dapat dilihat di sini.

Semakin jauh langkah pebulu tangkis dalam suatu turnamen, maka poin yang diperoleh semakin besar. Semakin tinggi level turnamen, maka poin yang diperoleh semakin besar.

Dalam suatu turnamen, pebulu tangkis berhak mendapat poin dengan aturan sebagai berikut.

  1. Jika mendapat bye di babak pertama dan kalah di babak kedua, poin yang berhak diperoleh adalah poin di babak pertama. Contohnya poin yang diperoleh ganda putri Denmark, Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen, pada turnamen Australian Open Superseries 2016.
  2. Jika menang walkover (WO) di babak pertama dan kalah di babak kedua, poin yang berhak diperoleh adalah poin di babak kedua. Contohnya poin yang diperoleh Firman Abdul Kholik pada turnamen China Masters Grand Prix Gold 2016.
  3. Jika mendapat bye di babak pertama, menang/menang WO di babak kedua, dan kalah di babak ketiga, poin yang berhak diperoleh adalah poin di babak ketiga.
  4. Jika bertanding pada turnamen level 3 dan 4 dengan menggunakan jatah wild card dan kalah di babak pertama, pebulu tangkis tidak mendapat poin.
  5. Pada turnamen dengan format grup, misalnya pada turnamen Superseries Final di Dubai dan Olimpiade, pebulu tangkis mendapat poin sesuai peringkatnya dalam grup, diekuivalenkan dengan peringkatnya pada turnamen format knock out. Misalnya, pada turnamen yang terdiri dari delapan grup, di mana masing-masing grup terdiri dari empat pebulu tangkis, poin yang berhak diperoleh adalah sebagai berikut.
    • Juara grup (delapan juara grup) akan memainkan babak knock out dan mendapatkan salah satu poin berikut: poin juara, runner up, semifinalis (peringkat 3/4), dan perempat finalis (peringkat 5/8).
    • Peringkat kedua grup mendapatkan poin setara dengan poin yang diperoleh saat terhenti di babak 16 besar (peringkat 9/16) turnamen knock out.
    • Peringkat ketiga grup mendapatkan poin setara dengan poin yang diperoleh saat terhenti di babak 32 besar (peringkat 17/32) turnamen knock out.
    • Peringkat keempat grup mendapatkan poin setara dengan poin yang diperoleh saat terhenti di babak 64 besar (peringkat 33/64) turnamen knock out.
  6. Poin pebulu tangkis dapat dihapus bila komite disiplin BWF membatalkan suatu pertandingan karena adanya pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku.

Penentuan Peringkat Dunia

Peringkat dunia merupakan urutan yang diberikan BWF kepada pebulu tangkis berdasarkan jumlah poin yang dikumpulkan dari sejumlah turnamen yang diikuti (sebut saja poin peringkat dunia).

Peringkat dunia menggambarkan posisi pebulu tangkis pada peta persaingan dunia. BWF menggunakan peringkat dunia untuk menentukan unggulan dalam suatu turnamen, menyeleksi pebulu tangkis yang dapat ambil bagian dalam Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI