Jumat, Oktober 22, 2021

Inspiratif Stephen Hawking, Kecerdasan dan Semangat Hidup

Stephen Hawking seorang ilmuwan yang meneliti alam semesta. Kecerdasannya pun memberikan banyak inspirasi bagi orang sekitar.

spot_imgspot_img

Hal itu terbukti dari buku karangannya berjudul ‘A Brief History of Time’ yang membantu orang-orang lebih mudah memahami sains dan membuat dirinya dikenal dunia.

Ilmuwan asal Inggris ini juga sempat didiagnosis menderita Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) pada usia 21. Saat itu, ia diprediksi hanya dapat bertahan hidup selama lima tahun.

Namun ajaibnya, ia berhasil bertahan hidup hingga usia 76 tahun. Kecerdasan dan semangat hidupnya menginspirasi banyak orang.

1. Kecerdasan Bukan Berasal dari IQ

Menurut Stephen, kecerdasan bukan sesuatu yang dimiliki sejak lahir. Kecerdasan adalah seberapa keras seseorang mau berusaha serta memiliki kesadaran untuk berubah.

“Kecerdasan adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan,” kata Hawking.

2. Semakin Tahu Banyak Hal, Semakin Sedikit yang Diketahui

Stephen Hawking berpendapat jika semakin banyak hal yang diketahui, maka semakin sedikit yang hal diketahui di dunia. Dengan memiliki pikiran seperti itu seseorang akan terus belajar dan memperbaiki diri.

3. Berbuat Kesalahan Itu Penting

Hawking berpendapat memiliki kekurangan itu sangat lah penting. Ia mengatakan jika ada orang yang mengeluh karena dirinya berbuat kesalahan, ia mengingatkan itu merupakan hal yang baik. Karena tanpa kesalahan, hal baik tidak akan pernah terjadi.

4. Selalu Penasaran

Ilmuwan yang meneliti tentang kosmos ini juga mengingatkan untuk selalu memiliki rasa penasaran. Menurutnya, jika tidak memiliki rasa ingin tahu dan kepercayaan diri sendiri, seseorang tidak dapat menjadi apa-apa.

Ia berpesan untuk melihat bintang-bintang dan memahami apa yang dilihat serta bertanya pada diri sendiri tentang apa yang membuat alam semesta ada. Rasa penasaran yang dimiliki seseorang dapat menjadikan seseorang berhasil melakukan sesuatu.

5. Konsisten

Saat divonis menderita ALS, Hawking justru malah semangat dan konsisten menjalani hidup. Hal tersebut ia lakukan dengan semakin giat meneliti mengenai alam semesta.

Ia berpesan walaupun hidup terasa sulit, tetap ada hal yang dapat dilakukan dengan berhasil. Kuncinya adalah tidak menyerah.

6. Selalu Bersyukur

Hawking juga berpesan agar tidak pernah menerima begitu saja hal buruk. Ia berpendapat jika hal buruk dapat diatasi dengan rasa syukur. Hal tersebut dibuktikan dengan terus mempelajari kosmos dan alam semesta.

Menurutnya nasib buruk tidak terjadi secara permanen dalam hidup.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI