Jadi Tuan Rumah Sosialisasi SNPMB 2023, UNM Terima 22 PTN di Kawasan Timur Indonesia

Makassar – Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemendikbudristek mengadakan sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung secara Hybrid, melalui virtual zoom dan tayangan langsung di YouTube serta secara langsung di Menara Pinisi Lt3 UNM, Kamis (15/12/2022).

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya, di antaranya yang hadir ada Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Rahmawati, Sekretaris Eksekutif SNMPB Bekti Cahyo Hidayanto, dan Wakil Ketua II SNPMB yang juga Rektor UNG Eduart Wolok.

- Iklan -

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP.,IPU, ASEAN Eng dengan diwakili oleh Wakil Rektor II UNM Prof Karta Jayadi dan dihadiri oleh dekan lingkup UNM.

Baca Juga:  Tiga Hal Dibutuhkan Pemuda Era 5.0

Selain itu, dalam sosialisasi ini juga turut dihadiri sebanyak 22 PTN yang berada di kawasan timur Indonesia.

Dalam sambutannya, Karta Jayadi mengatakan bahwa adanya perubahan terkait nama seleksi ini dilakukan dengan adanya perubahan-perubahan yang ingin dilakukan, dan tentu dalam tujuan pelaksanaan semakin baik.

- Iklan -

“Tentu dengan adanya perubahan ini bisa merangkul anak-anak kita yang punya potensi tertentu dan selama ini tidak sesuai,” jelasnya.

Karta Jayadi menegaskan bahwa adanya perubahan ini hanya dalam rangka untuk adaptasi yang lebih baik lagi.

Pelaksanaan SNPMB 2023 diawali dengan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id). Mulai kegiatan pengisian PDSS, Pendaftaran SNBP, hingga Pendaftaran UTBK-SNBT, pendaftar wajib memiliki akun SNPMB-BPPP melalui Single Sign On (SSO).

- Iklan -
Baca Juga:  Abd Mujib Motivasi Dosen IAIN Bone Capai Gelar Guru Besar

Registrasi Akun SNPMB diselenggarakan pada 14 Januari–15 Februari 2023. Registrasi ini diperuntukan khusus lulusan 2023 dan akan ikut SNBP. Selanjutnya, Penetapan Siswa Eligible oleh Sekolah diadakan pada 3 Januari – 8 Februari 2023; Pengisian PDSS 9 Januari–9 Februari 2023; Pendaftaran SNBP 14–28 Februari 2023.

Pengumuman Hasil SNBP dijadwalkan pada 28 Maret 2023, sedangkan jadwal Pendaftaran Ulang peserta yang lulus SNBP dapat dilihat pada laman PTN penerima.

Tahap SNBT diawali dengan Registrasi Akun SNPMB 16 Februari–3 Maret 2023. Pendaftaran UTBK dan SNBT 23 Maret–14 April 2023. Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua gelombang, yaitu Gelombang 1 pada 8–14 Mei 2023 dan Gelombang 2 pada 22–28 Mei 2023. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SNBT dijadwalkan pada 20 Juni 2023.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU