Jupiter Miliki Aurora Paling Terang dari Semua Planet Tata Surya

FAJAR Pendidikan

Di antara planet yang ada di tata surya termasuk Bumi, untuk urusan aurora di kutub masing-masing, ternyata Jupiter mempunyai aurora yang paling cemerlang berdasarkan pengamatan astronom. Jika dibandingkan dengan aurora di Bumi, terangnya mencapai 100 kali lipat.

Hasil dari sebuah studi baru, ternyata cahaya kutub tersebut berasal dari sumber yang unik, yaitu lava luar angkasa. Hal ini terungkap dari Misi Juno NASA yang tiba di planet raksasa itu tahun 2016. Pesawat ruang angkasa pengintai Jupiter tidak menemukan tanda-tanda arus listrik di kutub.

Para ilmuwan mengumpulkan pengamatan dari teleskop luar angkasa Hubble, yang memetakan kecerahan aurora Jupiter, dan membandingkannya dengan pengukuran Juno dari medan magnet planet dan arus listrik yang melewatinya.

BACA JUGA :   Xiaomi 12 Ultra Rilis 5 Juli 2022, Fitur Snapdragon 8+ Gen 1

Jonathan Nichols, seorang astronom di Universitas Leicester yang memimpin studi baru itu menyatakan hasilnya mengkonfirmasi hubungan antara letusan gunung berapi Io, arus listrik di medan magnet Jupiter, dan aurora. Io adalah salah satu satelit Jupiter.

Lava luar angkasa mengambil perjalanan loop-the-loop di sekitar Jupiter. Studi ini telah diterbitkan dalam Journal of Geophysical Research: Space Physics edisi Januari.

Pada laporan jurnal digambarkan proses tersebut sebagai tarik ulur antara medan magnet Jupiter dan plasma lava ruang angkasa Io. Medan magnet Jupiter awalnya mendorong plasma menjauh dari planet ini, tetapi saat materi bergerak lebih jauh, ia tidak dapat mengorbit cukup cepat untuk menjaga jarak. Sebaliknya, ia bergerak di sepanjang garis medan magnet Jupiter, kembali ke kutub planet, bersepeda melalui atmosfer atas Jupiter.

BACA JUGA :   Cara Mudah Mengatasi Tidak Ada Layanan pada Ikon Bar iPhone

Para astronom telah mengamati aurora di tujuh planet di tata surya kita. Hasilnya, mereka tampak seperti aurora pada umumnya. Tetapi, aurora di Jupiter sangat kuat, sebagian berkat gunung berapi Io. Juno, yang masih terbang di sekitar Jupiter dan bulan-bulannya, dapat memberi tahu para ilmuwan lebih banyak tentang aurora planet yang menakjubkan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI