Kadis Perpustakaan Kota Makassar Ikut Dampingi Tim Asesor ke SMP Telkom Makassar

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri Apalallo bersama beberapa Pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar dan Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan ikut mendampingi Tim Asesor dari Perpustakaan Nasional RI yang melakukan Visitasi Akreditasi Perpustakaan Sekolah di SMP Telkom Makassar, Kamis (23/09).

Visitasi atau kunjungan diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMP Telkom Makassar, Muhamad Irjan Marsaoly beserta Kepala Perpustakaan, Sri Wahyuni dan tenaga perpustakaan, guru dan staf sekolah.

Tim Asesor dari Perpustakaan Nasional RI, Darwanto dalam pengantar visitasinya mengatakan bahwa kunjungannya untuk melihat langsung Perpustakaan Ewako SMP Telkom Makassar setelah sehari sebelumnya telah dilakukan penilaian dokumen/ borang akreditasi yang telah di sampaikan ke Tim Akreditasi.

“Biasanya informasi di borang itu belum jelas atau ada yang kurang lengkap dan setelah dilihat langsung ternyata kenyataannya lebih bagus dari pada rekaman dokumen.

Olehnya itu, dokumen yang telah dikirim dapat direvisi karena kenyataanya Perpustakaan Ewako SMP Telkom sudah bagus,” ungkap Darwanto dan langsung disambut tepuk tangan oleh semuanya.

Kepala Dinas Perpustakaan Makassar yang ikut melihat langsung suasana perpustakaan bersama Tim Asesor mengatakan sangat senang dan mengapresiasi apa yang telah diupayakan oleh kepala Sekolah SMP Telkom untuk menghadirkan Perpustakaan Sekolah yang nyaman sekaligus ramah anak.

“Perpustakaan Ewako SMP Telkom Makassar ini desain dan tata ruangnya sudah bagus dan nyamanlah untuk anak-anak dan guru yang masuk perpustakaan”, ungkap Tenri di hadapan Tim Asesor dan Kepala Sekolah.

Tim Asesor pun juga terkesan dengan desain dan tata ruang serta kerapihan Perpustakaan Ewako SMP Telkom Makassar.

Selain SMP Telkom Makassar, Tim Asesor juga mengunjungi 5 Perpustakaan yang mengikuti proses Akreditasi di Kota Makassar yakni Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong Makassar, Perpustakaan Lamacca SMP Negeri 20 Makassar, Perpustakaan Aneka Ilmu SDS Hang Tuah Makassar, Perpustakaan Ceria SD Inpres Banta-Bantaeng 1 Makassar dan Perpustakaan An Nahl SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar.

Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Amriana mengatakan Tim Asesor yang datang kali ini hanya melakukan visitasi di 6 Perpustakaan.

“Hanya 6 Perpustakaan di Sulawesi Selatan yang dikunjungi langsung dan semuanya Perpustakaan Sekolah di Kota Makassar,” terang Amriana.

Dinas Perpustakaan Kota Makassar selaku pembina berbagai jenis perpustakaan yang ada diwilayahnya termasuk Perpustakaan Sekolah yang menjadi kewenangannya yakni Perpustakaan SD dan SMP di Kota Makassar yang jumlahnya sebanyak 826 Sekolah.

Melalui program inovasi Sentuh Pustakanya terus berupaya melakukan pembinaan dan penataan perpustakaan agar nantinya semua perpustakaan sekolah berkesesuaian dengan standar.

“Sudah ada 30 Sekolah yang mengikuti program Sentuh Pustaka dan dari jumlah itu 9 Perpustakaan Sekolah sudah terakreditasi di tahun 2020 dan tahun ini alhamdulillah ada 10 Perpustakaan Sekolah yang mengikuti proses akreditasi, semoga semuanya memperoleh nilai maksimal,” ungkap Tulus Wulan Juni, Pustakawan dan Inovator Sentuh Pustaka Dinas Perpustakaan Makassar.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI