Audiensi Kadis Sosial kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol (ketiga dari kiri) terkait rencana praktikum mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial FDK UIN Alauddin.

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Salah satu capaian pembelajaran dalam mata kuliah Perlindungan Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) di Prodi Kesejahteraan Sosial UIN Alauddin Makassar adalah kemampuan mahasiswa dalam  manajemen kasus-kasus terkait anak.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pertama pada prodi Kesejahteraan Sosial di Indonesia Timur yang spesifik membahas anak.

Capaian pembelajaran tersebut diharapkan dapat dimiliki oleh setiap mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial FDK UIN setelah selesai mengikuti mata kuliah PKSA terutama setelah melalui praktek langsung oleh mahasiswa dalam menangani masalah-masalah terkait anak.

Pada bulan Maret 2020 mendatang, PSGA UIN Alauddin Makassar bekerjasama dengan UNICEF dan Prodi Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar berencana melaksanakan agenda praktikum mahasiswa di PKSAI (Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif) dan Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial) kabupaten Gowa.

Agenda ini bertujuan untuk menambah wawasan dan kemampuan mahasiswa dalam mengelola kasus-kasus khususnya terkait anak.

Baca Juga :   Ukur Kemampuan dan Gali Potensi, STIE Gelar Liga Akuntansi Tingkat SMA

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol sebagai leading sector PKSAI dan Puskesos kabupaten Gowa, menyambut baik agenda praktikum ini.

Sambutan baik tersebut ia ungkapkan pada agenda audiensi yang dilaksanakan oleh PSGA UIN Alauddin Makassar di kantor Dinas Sosial kabupaten Gowa.

Kegiatan audiensi yang dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Februari 2020 itu dihadir Dessy Susanty (Consultant Child Protection), Dr Rosmini, M Th I. (Kepala PSGA UIN Alauddin Makassar), Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Kepala Bidang Jaminan Kesehatan hingga Kepala Bidang Sosial Spiritual.

Kepala Dinas Sosial kabupetan Gowa juga mengungkapkan bahwa agenda praktikum ini merupakan hal baru, sehingga diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasannya.

“Saya telah memberikan arahan-arahan dalam tahapan-tahapan praktikum mahasiswa dan Ia juga akan melibatkan lembaga-lembaga rujukan dalam penanganan kasus anak,” kata Syamsuddin.

“Saya menginstruksikan kepada kepala bidang sosial spiritual untuk mensosialisasikan content mata kuliah PKSA (Perlindungan Kesejahteraan Sosial Anak) ke warga Gowa melalui dai dan daiyah yang terlink dengan Dinas Sosial kabupaten Gowa,” tambahnya.

Baca Juga :   Forum Penjaminan Mutu PTKIN dan UIN Alauddin Gelar Lokakarya

Ia bersedia mengawal program praktikum (pemagangan) mahasiswa Kesejahteraan Sosial UIN Alauddin Makassar di empat lembaga perlindungan anak (lembaga PKSAI dan tiga Puskesos Kabupaten Gowa). (FP)