Thursday, May 28, 2020

Kamu Akan Dikeluarkan Dari Ruang Ujian Bila Lakukan Ini

- Advertisement -

Selain melakukan sosialisasi kampanye kejujuran, Kemendikbud juga menginformasikan berbagai jenis pelanggaran berikut dengan sanksi yang akan diberikan kepada para pelanggar.

Dalam akun resmi instagram @kemdikbud.ri, Kemendikbud membagi dalam 3 jenis pelanggaran dan sanksi: 

1. Pelanggaran ringan Pelanggaran jenis ini meliputi perbuatan seperti meminjam alat tulis dari peserta lain saat ujian, tidak membawa kartu ujian serta menanyakan tentang teknis UBNK pada peserta lain. Bila dilakukan, jenis pelanggaran ringan ini akan dikenakan sanksi berupa peringatan lisan oleh pengawas ruang ujian. 

2. Pelanggaran sedang Membuat gaduh di ruang ujian dikategorikan sebagai bentuk pelanggaran ringan oleh pihak pengawas dan panitia UNBK. Namun pelanggaran ini tidak dapat dianggap ringan. Pelanggaran sedang yang dilakukan oleh peserta ujian akan dikenai sanksi pembatalan ujian pada mata pelajaran bersangkutan oleh ketua panitia tingkat satuan pendidikan. 

3. Pelanggaran berat Membawa contekan, bekerja sama dengan peserta lain, menggunakan kunci jawaban atau meminta orang lain mengikuti UN mengatasnamakan orang lain masuk dalam kategori pelanggaran berat. Sanksi yang diberikan berat yakni dikeluarkan dari ruang ujian dan dinyatakan mendapat nilai 0 (nol) untuk mata pelajaran bersangkutan oleh ketua panitia pelaksana ujian tingkat satuan pendidikan. 

Pihak Kemendikbud juga membuka posko pengaduan bila ada peserta yang ingin melaporkan terjadinya pelanggaran melalui  http://posko-pengaduan.itjen.kemdikbud.go.id.

Posko pengaduan akan menjamin kerahasiaan identitas pelapor. Pelapor tinggal mengisi data diri dan membuat laporan tindak pelanggaran yang telah dilakukan. Tidak hanya membuat laporan, pelapor pun dapat mengecek proses atas laporan yang telah dibuat. (*)

- Advertisement -

TERKINI

Dongkelor Spesial Indahnya Idul Fitri Bersama Kak Heru

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sobat Perpustakaan, walaupun selepas hari lebaran sebagian dari kita telah beraktivitas, namun suasana kehangatan Idul Fitri masih terasa apalagi...

Sempurnakan VMTS 2020-2024, FKM Unhas Gelar Pertemuan Virtual

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka penyempurnaan draft Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Stretegis (VMTS) 2020-2024, FKM Unhas melakukan pertemuan pada hari Kamis,...

Ketua Korcab VI DJA II Makassar Halal Bihalal Bersama Ketua DJA II Surabaya Lewat Vicon

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Ketua Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada II (DJA II) Makassar Ny. Inca Hanarko Djodi Pamungkas Halal Bihalal bersama...

Mahasiswa FKM Unhas Siap Raih Juara pada LKTIM Nasional

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Setelah sukses menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) beberapa waktu yang lalu, kini Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas)...

REKOMENDASI