Drs Hasyim MPd

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Kedisiplinan atau disiplin diri merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh orang yang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya, tak terkecuali dalam hal peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Watampone, Drs A Hasyim MPd.

Menurut Hasyim, kedisiplinan pelajar di sekolah sangatlah penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya. Olehnya itu, dirinya membangun koordinasi dengan seluruh warga sekolah untuk mendukung, mencerminkan sikap disiplin diri.

“Guru harus utama dalam memberi contoh kedisiplinan kepada para pelajar”kata mantan Kepsek SMP 1 Watampone itu saat ditemui FAJAR PENDIDIKAN, Kamis (26/7).

Lebih lanjut Kepsek yang sudah lebih setahun menjabat sebagai Kepsek di SMP 6 Watampone itu, mengatakan, untuk menumbuhkan sikap disiplin, bukan hanya sekedar dengan ucapan, tapi langsung dengan perbuatan dan memberikan contoh lansung. Menjadi sosok contoh disiplin itu sendiri lebih baik ketimbang hanya memberi contoh secara teori.

Baca Juga :   Diknas Barru Menggelar Rapat Laporan Penggunaan Anggaran 2018

“Pelajar cenderung mengikuti hal yang dilakukan (perbuatan), ketimbang yang disampaikan saja,”katanya

Soal kedisiplinan dan mutu pendidikan di sekolah, Hasyim tak menampik perlunya juga faktor pendukung pembentukan disiplin lainnya dari sisi eksternal. Diantaranya yaitu fasilitas sekolah yang baik. Ia pun mengupayakan hal itu disekolahnya.

“Kedepan fasilitas di sekolah diupayakan lebih baik lagi, dan disamping gunakan satpam rencana sistem ceklok supaya kedisiplinan bisa semakin baik,” pungkasnya.

Reporter: Abustan