Kiat Praktis Mengajar Anak Hafal Al-Qur’an Sebelum Usia 7 Tahun

FAJAR Pendidikan

Ternyata ada kiat praktis mengajar anak agar bisa menghafal Al-Qur’an, sebelum usia 7 tahun. Kiat tersebut, disampaikan Syekh Dr Kamil Al Labudi, pada 29 Ramadhan 1437 H lalu.

Kiat Syekh Dr Kamil berikut ini, berdasarkan pengalamannya dalam mendidik ketiga putra-putrinya, menghafal Al-Qur’an 30 juz di usia 4,5 tahun. Tabarok, hafal 30 juz di usianya 4,5 tahun. Yazid hafal 30 juz, juga diusianya 4,5 tahun. Dan Putrinya Zainah hafal 30 juz, ketika usianya 5 tahun.

Bagaimana kiatnya?

  1. Ketika anak lahir, di usia 1 hari, perdengrkan Al-Qur’an setiap harinya 1 juz, dan ulangi sebanyak 5 kali. Ulangi terus selama satu bulan. Dengan demikian, dalam waktu satu bulan, 1 juz diulang sebanyak 150 kali. Maka waktu yang diperlukan untuk menamatkan atau memperdengarkan Al-Qur’an sebanyak 30 juz, hanya 30 bulan. Atau 2,5 tahun. Saat usianya, 2,5 tahun, dia sudah mendegarkan Al-Qur’an 30 juz, sebanyak 150 kali.
  2. Pilihan bacaan dari para masyayikh, para Qori yang terkenal bacaannya fasih, seperti Qori Syekh Mahmud Kholil Al-Hushori, Syekh Siddiq Al-Minsyawi dll, atau para Qori dari Saudi Arabia. Seperti Syekh Ali Al Hudzaifi, Syekh Muhammad Ayyub.
  3. Ketika anak kita sudah tamat mendengarkan bacaan Al-Qur’an 30 juz, maka ajarkan hafalan kepadanya. Sehari setengah halaman, atau satu halaman. Ulangi setiap harinya sampai 5 kali.
  4. Buat cara yang menarik untuk anak, agar mau menghafal. Berikan hadiah ketika bisa mencapai target.
  5. Do’a kepada Allah ta’ala agar dimudahkan dalam membimbing anak, dalam proses menghafal al-Qur’an 30 juz.
BACA JUGA :   Khutbah Jumat, 12 Agustus 2022, Singkat Tentang "Setiap Kesulitan Ada Kemudahan"

Dengan metode tersebut, hanya perlu waktu 1,5 tahun, anak hafal Al-Qur’an 30 juz. Mudah-mudahan Allah ta’ala berikan karuniaNya kepada kita semua agar keluarga kita menjadi Ahlul Qur’an dan semoga putra – putri kita hafal Al-Qur’an 30 juz dan berakhlaq dengan akhlaq Al-Qur’an, aamiin.

Speaker Al-Qur’an

Anak bisa dihadiahkan Speaker Al-Qur’an. Speaker ini, dirancang khusus untuk membantu menghafal dan muroja’ah. Hadiah ini, hadiah terbaik untuk membantu anak menghafal Al-Qur’an.

Speaker Al-Qur’an 30 juz hadir untuk menemani aktivitas anak di rumah, sekolah, atau di kendaraan. Berikan motivasi kepada anak, menjadi seorang penghafal Al-Qur’an dengan senantiasa memperdengarkan murotal Al-Qur’an yang indah dari para Qori Dewasa dan Qori Anak, lengkap 30 juz.

BACA JUGA :   Kapan Puasa Ayyamul Bidh? Benteng Api Neraka hingga Tiket Surga Ar Rayyan

Dengan memiliki speaker Al- Qur’an, maka :

  1. Anak akan terbiasa mendengar Al-Qur’an dan mudah menghafalnya.
  2. Anak terhindar dari mendengar lagu-lagu dewasa yang tidak bermanfaat.
  3. Anak termotivasi untuk mampu mebaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
  4. Anak meniru bacaan Al-Qur’an yang indah dari Qori yang sering dia dengarkan.
  5. Anak biasanya akan sering melantunkan Al-Qur’an tanpa dia sadari.

Speaker Al – Qu’an ini dirancang mudah digunakan, dan bisa dibawa kemanapun karena bentuknya yang kecil dan bisa di cas dengan menggunakan charger USB hemat dan praktis.

Daftar isi Eksklusif Speaker Al-Qur’an. Dilengkapi dengan murottal Qur’an dari 20 Qori International dan nasional. Diantaranya: Saad Al-Ghomidi, Ziyaad patel, M.Thaha, Ali Hudadu, Misya Rasyid Al-Afasy, Abdurrahman Asdudais, Abdul Yusuf Kalo, MInshawi, Hani Arrival, Al-Ghamidi, Ahmad Misbahi, Khalifah Tunaiji, Al-Hudzaifi, Aaud Ash Shuraim, Ibrahim Jibrin, Mahmud Khail Al-Hussary, Salman Utaybi, Maher Al-Muaiqli, Mansary Mountasem, Hameddi. Dan masih banyak lainnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI