Friday, November 27, 2020

Kisah Haru, Wisudawan FH-UMI Pasang Toga Di Nisan Sang Ayah

Citizen, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kisah haru menyelimuti Hasmin Sulaiman, salah satu mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (FH-UMI) yang sempat menunda wisudanya pada periode I, namun saat mengikuti wisuda periode II sang ayah tak sempat mengikuti momen bahagia dikarenakan menghadap sang ilahi pada bulan September 2020.

Hasmin sangat menyesal atas pengunduran dirinya saat pelaksanaan wisuda periode I, yang mengakibatkan sang ayah yang tak sempat menemani di momen bahagia.

“Saya sangat menyesal atas pengunduran diri yang mengakibatkan, ayah saya tidak dapat lagi menyaksikan dan hadir di hari wisudaku,” ujarnya.

Usai mengikuti wisuda periode II, ia bergegas menuju makam sang ayah yang tak jauh dari rumahnya. Sesampai di makam sang ayah, ia langsung memegangi batu nisan dan memasangkan toga di batu nisan.

“Saya telah niatkan, jika saya selesai wisuda, saya akan langsung ke kuburan almarhum ayah untuk menyampaikan rasa terima kasih atas perjuangan selama ini, hingga saya bisa menyandang gelar Sarjana Hukum di Fakultas Hukum UMI,” ujarnya dengan tangis di pipi.

Lanjut, ia mengungkapkan, pada bulan Juni (wisuda periode I) ia mengundurkan diri dikarenakan tidak mau mengikuti wisuda secara online, ia berharap kedua orang tuanya bisa hadir dan mengikuti wisuda secara offline.

“Pada Bulan Juni, saya mengurungkan niat mengikuti wisuda periode I yang digelar secara online, saya tunda karena saya ingin orang tua saya bisa hadir secara offline di Makassar,” tutupnya.

Penulis: Muh Alhashim Anshari, (Alumni Ilmu Komunikasi UMI)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Rektor UNM Ajak Dosen Samakan Persepsi soal Penilaian Angka Kredit

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Focus Group Discussion (FGD), FGD kali ini membahas penilaian angka kredit dosen dalam kebijakan...

HMJ Matematika FMIPA UNM, Umumkan Pemenang Lomba GEOMETRI 2020

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Genius on Mathematics in Real Application (GEOMETRI) 2020 yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu...

Pembelajaran Tatap Muka di Bone, Begini Penyampaian Wabup dan Satgas

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Wakil Bupati (Wabup) Bone Ambo Dalle menyampaikan harapannya kepada seluruh guru dan masyarakat agar bersinergi menyambut rencana Pembelajaran Tatap...

Dampak Krisis Akibat Pandemi, Usman Berhenti Dari Tempat Kerjanya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Usman (35 tahun), yang bekerja di sebuah perusahaan media, terpaksa harus berhenti,  atau mengundurkan diri. Keputusan yang diambil secara...

BAN-PT Asesmen Lapangan Via Daring di IAIN Bone, Prodi Diharap Unggul

Bone, FAJARENDIDIKAN.co.id - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan asesmen lapangan secara daring pada Dua Program Studi (Prodi) Fakultas Ushuluddin dan...

REKOMENDASI