ADV A1
ADV B1

Kunci Jawaban Soal Evaluasi Tema 5 Kelas 6 Wirausaha, Halaman 185 186 187 188

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Kunci jawaban berikut dapat adik-adik jadikan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya bagi adik-adik Kelas 6 SD/MI. Kunci jawaban juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci jawaban berikut berlandaskan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Pembahasan berdasarkan Tema 5 Wirausaha, Soal Evaluasi.

-ADV C2 -

Pembahasan soal evaluasi berada pada halaman 185, 186, 187, dan 188.

-ADV C3 -

Soal Evaluasi

Kunci Jawaban Halaman 185, 186, 187, dan 188

1. Apakah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) itu?
Jawaban:
MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) merupakan perdagangan bebas yang memudahkan suatu negara dalam menjual barang atau jasa ke negara lain di kawasan ASEAN.

-ADV C4 -

2. Apa manfaat dari MEA bagi Indonesia dan negara ASEAN lainnya?
Jawaban:

  • MEA membuka kesempatan bagi seluruh pekerja di kawasan Asia Tenggara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka karena lapangan pekerjaan yang banyak tersedia.
  • Produk – produk baik dari Indonesia dan negara lainnya dapat diperdagangkan dengan bebas dan legal tentunya. Karena sudah banyak produk Indonesia yang di akui khususnya di kawasan Asia Tenggara.
  • MEA juga dapat mendorong peningkatan ekspor dan impor dengan adanya sistem yang bebas tarif dan bebas hambatan.
  • MEA juga dapat mendorong pertumbuhan investasi asing yang dapat memperkuat ketahanan modal di dalam negeri.
BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3, Subtema 1 Keadaan Cuaca, Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, dan 7

3. Apa yang perlu dipersiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu berpartisipasi dalam di MEA?
Jawaban:
Kualitas sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asin. Untuk menghadapi pesaing yang tidak hanya datang dari dalam negeri, para pekerja harus menguasai bahasa asing minimal Bahasa Inggris, meningkatkan profesionalisme seperti tekun, kerja keras, dan fokus.

4. Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan.
Jawaban:
Magnet memiliki beberapa sifat, antara lain sebagai berikut:

  • Magnet memiliki gaya tarik sehingga dapat menarik benda-benda lain. Gaya tarik magnet terkuat berada di kutub-kutubnya.
  • Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet tidak sesama tarik menarik dan sesama akan menolak.
  • Magnet memiliki gaya yang dapat menembus benda.
  • Sifat kemagnetan bisa hilang jika terbakar, dipukul-pukul atau dibanting.
  • Jika digantung bebas magnet akan menunjukkan arah kutub utara dan selatan. Sifat ini dimanfaatkan dalam pembuatan kompas.

Medan magnet adalah ruang di mana sebuah benda yang berada di dalam ruang itu mendapat gaya magnet. Medan magnet digambarkan sebagai garis-garis lengkung yang disebut garis gaya magnet.

5. Sebutkan masing-masing 5 contoh benda magnetis dan benda nonmagetis yang ada di sekitarmu?
Jawaban:
Benda magnetis adalah benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet. Benda ini biasanya terbuat dari logam besi atau baja. Contoh benda magnetis yang biasa kita temukan sehari-hari adalah pisau, paku, gunting, palu, penjepit kertas dan masih banyak lagi. Benda nonmagnetis adalah benda-benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet. Biasanya benda nonmagnetis ini tidak mengandung logam, misalnya pensil, karet pengapus, penggaris kayu, ember plastik dan buku.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI