Jalur Bakat Kepemimpinan, Unhas Siapkan 24 Kursi Bagi Ketua Osis

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Hasanuddin (Unhas) akan kembali menerima mahasiswa baru di tahun 2019 mendatang. Seperti biasa, ada beberapa jalur yang dapat ditempuh untuk masuk di Unhas.

Namun, hal yang berbeda di tahun ini, Untuk pertama kalinya, Unhas membuka jalur baru bernama Jalur Bakat dan Kepemimpinan. Ini merupakan jalur khusus bagi Ketua Osis (Ketos) dari sekolah terbaik di setiap kabupaten se-Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg Andi Arsunan Arsin M Kes, jalur ini dibuka untuk mencari bibit pemimpin di Unhas. Sebab ketua Osis tentunya telah memiliki jiwa kepemimpinan, tinggal diasah sedikit dan akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

“Ketua-ketua Osis ini minimal memiliki jiwa kepemimpinan. Ketika masuk di Unhas maka akan diasah akademiknya serta keorganisasian kemahasiswaannya. Maka dapat menciptakan alumni yang bisa bersaing di luar dalam hal kepemimpinan,”ucapnya, saat ditemui di ruangannya, Jumat, (8/2/2019).

Jalur ini juga merupakan salah satu program kerja WR III Unhas. Ia juga menjelaskan bahwa untuk saat ini, Unhas hanya menyediakan kuota sebanyak 24 calon mahasiswa saja.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang FKM Unhas Hadiri Launching dan Pengukuhan Forum Ma'silambi

Hal tersebut didasarkan pada jumlah kabupaten di Sulsel. Unhas akan memilih satu Ketos di sekolah terbaik di setiap kabupaten.

Pihak Unhas telah menyediakan empat tim sosialisasi untuk setiap sektor wilayah. Adapun sektor tersebut di antaranya wilayah Toraja dan Palopo, sektor Bone, Wajo dan Soppeng, sektor Bulukumba dan Selayar, serta sektor Makassar dan sekitarnya.

Tak hanya itu, Prof Arsunan juga menyebutkan jika jalur khusus ini berjalan baik, maka Unhas akan kembali membuka jalur serupa.

Selain itu, jika ketua osis kalau yang terbaik dari hasil seleksi misalnya, memilih untuk ikut perguruan tinggi lain atau alasan lainnya, maka akan diambil ketua osis urutan seleksi berikutnya atau yang kedua. Setiap ketua osis dari sekolah yang terakreditasi A setiap Kabupaten/Kota yang akan diseleksi.

“Apabila Ketos dari SMA terbaik urutan pertama memiliki opsi perguruan tinggi lain untuk melanjutkan pendidikannya, maka yang mengisi kuotanya adalah Ketos urutan seleksi berikutnya,” jelasnya.

BACA JUGA :   FKM Unhas Gelar Kuliah Tamu Hadirkan Pembicara dari Mahidol University

Ia juga menambahkan bahwa apabila calon maba yang lolos melalui jalur Bakat dan Kepemimpinan tersebut juga akan diprioritaskan mendapatkan beasiswa.

“Kita juga akan sediakan beasiawa bidikmisi bagi calon mahasiswa melalui jalur ketua osis ini, namun beasiswa tersebut diperuntukkan bagi segi perekonomian keluarga nya yang tidak mampu dan bagi siswa dari keluarga yang mampu akan diprioritaskan mendapatkan beasiswa PPA asalkan memenuhi syarat indeks prestasi,” pungkasnya.

Lanjutnnya, Jalur bakat dan kepemimpinan bagi ketua osis berhak memilih semua fakultas yang ada di Unhas, kecuali Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi.

“Calon maba melalui jalur ketua osis berhak memilih semua fakultas yang ada di Unhas, kecuali Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, karena kedua Fakultas tersebut harus melalui tes tertulis,” tambahnya.

Adapun beberapa berkas yang harus mereka siapkan, yakni lampiran foto, fotokopi rapor dan surat keterangan dari sekolah bahwa ia memang pernah menjabat sebagai Ketos di sekolah tersebut.

Reporter : Ahadri