ADV A1

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, Pembelajaran 6 Buku Tematik Halaman 47, 48, 49, 50, 51

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 SD/MI halaman 47, 48, 49, 50, 51, Pembelajaran 6. Pembelajaran 6 yang dimulai dari halaman 47 sampai 52, merupakan materi Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan.

Buku Kelas 4 Tema 5 Pahlawanku, terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 ini diharapkan dapat membantu guru dan orang tua siswa dalam mengoreksi tugas anak.

Kunci Jawaban Halaman 47

Tahukah Kamu?

Pangeran Diponegoro

Perang Diponegoro terjadi pada tahun 1825-1830. Perang Diponegoro merupakan salah satu perang terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara. Peperangan ini terjadi secara menyeluruh di wilayah Jawa sehingga disebut Perang Jawa.

Tulislah pertanyaan sebanyak mungkin tentang perjuangan Pangeran Diponegoro.

Jawaban:

1. Siapakah nama asli Pangeran Diponegoro?
2. Di mana tempat dan tanggal lahir Pangeran Diponegoro?
3. Apakah awal mula terjadinya Perang Diponegoro?
4. Perang Diponegoro juga dikenal dengan sebutan?
5. Berapa lama Perang Diponegoro berlangsung dan bertempat di pulau mana?
6. Peristiwa apa yang terjadi pada tanggal 28 Maret 1830?
7. Kapan Pangeran Diponegoro wafat dan di manakah dimakamkan?

Kunci Jawaban Halaman 48 – 49

Ayo Berdiskusi

BACA JUGA :   Contoh Soal TKD BUMN dan Pembahasannya, Simak Dengan Baik

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh, buatlah peta pikiran mengenai Pangeran Diponegoro!

Tukarkan peta pikiran yang telah kamu buat dengan temanmu. Minta mereka menuliskan komentar mereka tentang isi peta pikiran yang telah kamu buat.

Diskusikan komentar yang telah kamu buat secara berpasangan dan presentasikan peta pikiran dan komentar dari temanmu secara berkelompok.

Kunci Jawaban Halaman 50

Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati”; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 5, Halaman 87 88 89

Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro melakukannya disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro? Jelaskan jawabanmu.

Jawaban: Keberanian dan sikap pantang menyerah melawan penjajah

Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbeda-beda dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh.

Jawaban: Dalam kehidupan sehari-hari semangat Pangeran Diponegoro dapat diterapkan, misalnya dalam memimpin warga yang berasal dari berbagai macam suku bangsa.

Apakah kamu pernah bekerja sama dengan teman yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan? Tulis pengalaman bekerja sama yang pernah kamu lakukan.

Jawaban: Pernah. Pengalamanku bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama suku dan ras itu sangat menyenangkan. Sebab, kita bisa mencapai tujuan bersama dan menghormati satu sama lain.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI