Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 4, Halaman 77 79 80 81 82 83

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 4, Halaman 77 79 80 81 82 83 Kelas 4 SD/MI. Kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 4 SD/MI, Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia, Tema 9 Kayanya Negeriku.

Kunci jawaban berikut juga dapat berguna untuk membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa. Nah, simaklah Kunci jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman  77, 79, 80, 81, 82, dan 83, Subtema 2 Pembelajaran 4 berikut ini dengan saksama!

Keanekaragaman sumber daya alam mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Mengapa bisa demikian? Coba jelaskan!

Ayo Membaca

Setiap kebutuhan manusia dapat terpenuhi, salah satunya diawali dengan pemanfaatan sumber daya alam. Sumber daya alam di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Misalnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air.

Oleh karena itu, setiap orang memiliki hak yang sama untuk memanfaatkan dan menikmatinya. Meskipun demikian, setiap orang juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat.

1. Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam

Sumber daya alam, khususnya yang tidak dapat diperbarui lama kelamaan semakin berkurang dan akhirnya habis. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya. Usaha pelestarian sumber daya alam merupakan kewajiban kita sebagai anggota masyarakat.

Selanjutnya, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian sumber energi salah satu contoh cara melestarikan sumber daya alam.

Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi untuk melestarikannya saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan. Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor yang timbul menyebabkan pencemaran udara.

Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
– Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam
– Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan
– Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam
– Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam terutama air
– Menggunakan energi alternatif.

BACA JUGA :   5+ Soal Dan Jawaban Tentang Peran Wali Songo Dalam Penyebaran Agama Islam Di Nusantara

2. Hak Memanfaatkan Sumber Daya Alam

Kekayaan sumber daya alam yang kita miliki, baik yang dapat diperbarui maupun yan tidak dapat diperbarui bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap anggota masyarakat pun memiliki hak untuk memanfaatkannya.

Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh pemanfaatan secara langsung adalah hasil pertanian yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat.

Adapun pemanfaatan tidak langsung artinya hasil dari sumber daya alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 77

Ayo Berlatih

Bersama temanmu, coba identifikasilah perilaku orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya sehari-hari.
Jawaban:
Tabel perilaku orang-orang di sekitarku yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya sehari-hari

PERILAKU ORANG-ORANG DI SEKITARKU
CONTOH PERILAKU YANG BERTANGGUNG JAWAB DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAMCONTOH PERILAKU YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM
Menggunakan listrik sehemat mungkinMenyalakan alat listrik walau tidak digunakan
Mematikan alat listrik bila sudah tidak dipakaiMenebang pohon secara sembarangan di hutan
Mengambil hasil hutan sesuai keperluanMengambil hasil hutan secara berlebihan
Menerapkan sistem tebang pilih di hutanMenggunakan air dengan boros
Melakukan reboisasi hutanMembuang sampah dan limbah ke sungai
Memakai bahan bakar fosil sehemat mungkinMenggunakan bahan bakar fosil berlebihan
Mengganti bahan bakar fosil dengan biogasMenangkap ikan menggunakan bom ikan
Memakai air sehemat mungkinMemburu hewan hewan langka
Menjaga kebersihan sungaiMengoleksi tanaman langka
Tidak membuang sampah ke sungaiMerusak terumbu karang di laut

Sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia, baik yang langsung bisa dimanfaatkan maupun yang masih harus diolah terlebih dahulu sangat besar dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat manfaatnya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

BACA JUGA :   Jenis-jenis Penelitian: Pengertian dan Contohnya

Di Indonesia banyak terdapat sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Ayo Membaca

Manfaat Minyak Bumi untuk Kehidupan Manusia

Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak. Tidak bisa terbayang seandainya minyak bumi habis. Keberlangsungan hidup manusia akan banyak masalah dan kacau. terjadi?

Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam. Reaksi dengan gas alam akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi. Minyak bumi inilah yang memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia.

Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair. Gas cair merupakan produk dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bahan bakar lain. Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI