Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 1, Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 1, Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58. Kunci jawaban membahas materi pembelajaran 1 yang dimulai dari halaman 49 sampai 58.

Materi dalam kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 4 SD/MI. Soal yang dibahas terdapat pada halaman 50, 51, 52, 53, 54, 55, 56, 57, dan 58, Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia, Tema 9 Berbagai Jenis Pekerjaan.

Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Banyak sumber energi di sekitar kita. Kesemuanya memiliki banyak manfaat untuk menunjang kehidupan manusia. Berbagai sumber energi dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi manusia jika diolah dengan baik.

Ayo Membaca

Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak.

Seperti yang telah kita ketahui, energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha atau kerja. Energi pun dapat berubah bentuk menjadi energi lainnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 50

Ayo Berlatih

Nah sekarang, tuliskan sumber-sumber energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.
Jawaban:

BACA JUGA :   Pengertian Budi Pekerti Lengkap Tujuan Dan Macam-Macam Budi Pekerti

NO.KEGIATANSUMBER ENERGI YANG DIGUNAKANPERUBAHAN ENERGI YANG
1.Bermain layang-layangEnergi AnginEnergi angin menjadi energi gerak
2.Menyetrika pakaianEnergi ListrikEnergi listrik menjadi energi Panas
3.Membakar sateEnergi KimiaEnergi kimia menjadi energi panas
4.Pembuatan garamEnergi Panas MatahariEnergi panas menjadi energi kimia
5.MemblenderEnergi listrikEnergi listrik menjadi energi Gerak

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 51

Ayo Berlatih

Carilah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Jawaban:
Contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Membaca

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang dikaruniai sumber daya alam yang sangat banyak dan beragam. Sumber daya alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki kekhasan sumber daya alamnya masing-masing.

Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua: sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Seperti telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun kita telah menggunakannya.

Sumber daya alam ini tidak akan habis jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan lagi setelah kita menggunakannya.

Sumber daya ini memiliki jumlah terbatas. Minyak bumi, batu bara, gas, dan barang-barang tambang lainnya merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mengelolanya dengan baik.

BACA JUGA :   Prinsip Koperasi Indonesia Sesuai Undang-Undang 25 Tahun 1992

Di bawah ini tabel contoh-contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

SUMBER DAYA ALAM BUKAN LOGAMSUMBER DAYA ALAM LOGAMSUMBER DAYA ALAM INDUSTRI
Aspal, Batu bara, Minyak bumi, Gas alamEmas, Perak, Mangan, Nikel, Pasir besi, Platina, Timbal, TimahBerlian, Belerang, Fosfat, Gamping, Batu kapur, Yodium, Asbes, Gipsum

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 52 dan 53

Ayo Berlatih

1. Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, atau provinsimu). Tuliskan pada tabel berikut.
Jawaban:
Tabel contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui

HASIL PERTANIANHASIL PERKEBUNANHASIL HUTANHASIL PETERNAKANHASIL PERIKANAN
PadiKelapa sawitGetah damarSapiIkan
JagungTehResin GaharuKambingUdang
Kacang KedelaiKaretCendanaKerbauMutiara
KubisCengkehKayu manisDombaLobster
CabaiKakaoKemiriAyamTeripang
Bawang merahKinaSaguBebekKerang
Bawang putihNilamRotanPuyuhKepiting
Ketela pohonVanilliKayuKelinciCumi-cumi

2. Agar menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, buatlah daftar yang memuat contoh barang tambang yang dihasilkan di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, propinsi).
Jawaban:

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI