ADV A1

Link Pendaftaran UMPTKIN 2022, Syarat, Cara dan Jadwalnya

FAJAR Pendidikan

Link Pendaftaran UMPTKIN 2022, Syarat, Cara dan Jadwalnya. Pendaftaran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) telah resmi dibuka pada Senin, (25/4/2022) pukul 13.00 WIB.

Untuk masuk PTKIN terdapat tes jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, dan jalur mandiri. Berikut ini terdapat link, tata cara dan syarat hingga jadwal pendaftaran UMPTKIN 2022.

Pendaftaran UMPTKIN 2022 dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) melalui jalur ujian tertulis. Tes jalur UMPTKIN dapat diikuti oleh seluruh siswa lulusan MA/MAK/SMA/SMK Sederajat pada tahun 2020, 2021, dan 2022.

Calon peserta dapat mendaftarkan diri di perguruan tinggi yang mereka inginkan dan melakukan ujian tertulis di PTKIN terdekat.

Berikut ini Link Pendaftaran UMPTKIN 2022, Syarat, Cara dan Jadwalnya

Syarat Pendaftaran UMPTKIN 2022

  1. Siswa lulus tahun 2020, 2021, dan 2022 dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/ SMK/ Pesantren Muadalah atau yang sederajat dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI.
  2. Bagi siswa yang lulus tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah.
  3. Bagi siswa lulusan tahun 2022 harus menyertakan Surat Keterangan Lulus/ Ijazah dari Kepala Madrasah, Sekolah atau Pesantren Muadalah yang juga dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai dengan stempel Madrasah, Sekolah atau Pesantren Muadalah.
  4. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dari asal sekolah madrasah setempat akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
  5. Sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dengan surat keterangan sehat dari dokter/rumah sakit. Sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN
  6. Membayar biaya UM-PTKIN melalui bank yang telahditetapkan oleh Panitia Nasional (BNI dan BNI Syariah). Siapkan biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 (belum termasuk biaya tambahan jika transaksi menggunakan Virtual Account).
BACA JUGA :   Ini Alasan UAS Dideportasi dari Singapura, Kini Viral di Sosmed

Tata Cara Pendaftaran UMPTKIN 2022

  1. Calon peserta dapat mendaftar secara online melalui link pendaftaran UMPTKIN 2022 di https://um-ptkin.ac.id/
  2.  Pilih daftar
  3. Isi data diri yang dibutuhkan dengan benar
  4. Jika semua sudah terisi ikuti langkah selanjutnya hingga mendapatkan nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN serta informasi nominal yang harus dibayarkan dan tatacara pembayaran.
  5. Calon peserta dapat langsung melakukan pembayaran
  6. Peserta akan mendapat bukti pembayaran (Sebagai informasi, biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali oleh calon peserta dengan alasan apapun)
  7. Kemudian peserta dapat melanjutkan pendaftaran online dengan mengisi formulir online di laman https://um-ptkin.ac.id/ dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk daoat memilih kelompok ujian, program studi dan lokasi ujian hingga cetak kartu ujian.
  8. Pilih PTKIN dan jurusan sesuai yang diinginkan (peserta dapat memilih 2 PTKIN sama atau berbeda dengan dua jurusan sama atau berbeda)
  9. Tentukan PTKIN untuk lokasi ujian tertulis
  10. Selanjutnya peserta dapat mengikuti ujian SSE di lokasi PTKIN yang telah dipilih sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
BACA JUGA :   Wanda Hamidah Dilaporkan Atas Perusakan Rumah Mantan Suami

Kelompok Ujian UMPTKIN 2022

Kelompok ujian UMPTKIN 2022 terbagi menjadi 3 diantaranya yaitu :

  • Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman)
  • Tes Kemampuan Bidang IPA
  • Tes Kemampuan Bidang IPS

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI