Friday, July 3, 2020

Mahasiswa FKM Unhas Edukasi Murid SD Kodingareng Cuci Tangan Pakai Sabun

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Segenap sivitas akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menyelenggarakan pengabdian masyarakat di Pulau Kodingareng, Kecamatan Ujung Tana, Kota Makassar.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka dies natalis FKM Unhas ke-37 yang diadakan pada tanggal 19 Oktober 2019.

Adapun salah satu rangkaian kegiatan dies natalis yang dilakukan mahasiswa S1 jurusan kesehatan masyarakat adalah pemberian edukasi PHBS cuci tangan pakai sabun dan gosok gigi pada murid SD Kodingareng.

Pada kegiatan ini diberikan edukasi tentang pentingnya menggosok gigi dan cuci tangan pakai sabun. Namun sebelumnya dilakukan pretest yg berjumlah 10 nomor untuk mengetahui sampai dimana pengetahuan murid SD kelas 4 Kodingareng sebelum diberi edukasi.

Setelah pretest dilakukan, para murid diberi edukasi dan dilanjutkan praktek gosok gigi yang dibawakan oleh dr Luci.

Setelah itu, dilanjutkan edukasi cuci tangan pakai sabun dan praktek cuci tangan oleh mahasiswa S1 jurusan kesehatan masyarakat.

Sesi selanjutnya adalah pemberian posttest kepada murid SD kelas 4 untuk mengetahui sampai dimana pengetahuannya setelah diberi edukasi.

Di akhir acara diberi hadiah dengan memberi pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan.

Antusias yang sangat terlihat dri murid SD Kodingareng dari awal kegiatan hingga berakhirnya. Diharapkan pengabdian masyarakat yang dilakukan kali ini bisa benar-benar membawa dampak positif bagi Pulau Kodingareng Lompo, khususnya mengenai edukasi tentang PHBS pada anak SD. (FP/Rls)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Lanal Kendari Restorasi Situs Bersejarah Perang Dunia II Di Teluk Kendari

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari yang merupakan salah satu jajaran Lanal dibawah Koarmada II Lantamal VI kembali membuat gebrakan...

Doa Bersama Dan Syukuran HUT ke-60 Lantamal VI Berlangsung Sederhana

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Acara doa bersama dan syukuran dalam rangka HUT ke-60 Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI), berlangsung sederhana yang...

Hadapi New Normal, Yon C Pelopor Gelar Senam Bersama Tangguh

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Setelah sekian lama tidak menggelar senam bersama di Mako Batalyon C Pelopor akibat pandemi Covid 19. Pada hari Jumat(03/07/20)...

Dongkelor Kisah Kerja Sama Bersama Kak Heru, Kak Sri dan Momo

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sobat Perpustakaan, Sabtu besok (04/07) Dongkelor untuk episode 10 akan berkisah tentang pentingnya kita bekerjasama bukan kerja sendiri-sendiri, apalagi...

Pengangkatan Kepala Perpustakaan Sekolah Wajib Sesuai Standar Nasional

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Keberadaan Perpustakaan Sekolah sebagai bagian integral dari kegiatan di sekolah merupakan salah satu pusat sumber belajar siswa dan warga...

REKOMENDASI