Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan Unhas Ikut Pembinaan GERMAS Bersama Puskesmas Pekkae

FAJAR Pendidikan

Puskesmas Pekkae melaksanakan pembinaan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di kantor Kelurahan Tanete Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru pada hari Jumat, 30 September 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Camat Tanete Rilau, Kepala Lurah Tanete, Ketua Tata Usaha puskesmas Pekkae, koordinator bagian promosi kesehatan, perawat, mahasiswa magang FKM Unhas, dan 25 warga lokal.

Pembinaan ini terdiri atas beberapa rangkaian, yaitu penyuluhan GERMAS, cek kesehatan berupa cek tekanan darah, cek gula darah, dan observasi K3 di tempat kerja.

BACA JUGA :   Dies Natalis Ke-40, FKM Unhas Gelar Seminar Nasional

Kemudian, senam dan makan buah bersama.

Materi GERMAS dibawakan oleh

Sukmawati, S Tr Keb selaku Koordinator Promosi Kesehatan yang menjelaskan tentang tujuh indikator GERMAS.

Diantaranya cek kesehatan secara berkala, aktivitas fisik, tidak merokok, tidak minum alkohol, konsumsi buah dan sayur, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat.

“Kita penting untuk menggalakkan GERMAS karena ini dapat mencegah terjadinya penyakit tidak menular,” ungkap Sukma.

BACA JUGA :   Dekan FKM Unhas Terpilih Jadi Dewan Pengawas AIPTKMI

Ia berharap setelah diadakan kegiatan pembinaan GERMAS ini, masyarakat khususnya penanggung jawab bidang kesehatan yang sudah terlatih di kelurahan Tanete bisa terus melaksanakan kegiatan ini secara rutin demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Setelah pemberian materi, dilanjutkan cek kesehatan yang dilakukan oleh perawat yang dibantu oleh mahasiswa magang yaitu Andi Dewi Chandra dan Aliftia Salsabila.

Lalu, diadakan senam bersama dan diakhiri dengan sesi makan buah bersama.

Bagikan:

Pilihan

BACA JUGA

- ADV D1 -

TERPOPULER