ADV A1
ADV B1

Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM Menjadi Ambassador Penerapan Model Pembelajaran Unggulan LPTK

FAJAR Pendidikan

Mahasiswa Matematika FMIPA UNM yang mengikuti salah satu program revitalisasi LPTK yaitu Magang Kependidikan dengan judul “Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika dan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Penerapan Model PMKM (Pembelajaran Menumbuh kembangkan Kemampuan Metakognitif)”di salah satu sekolah mitra UNM yaitu UPT SPF SMP Negeri 26 Makassar.

Tim ini terdiri dari 2 orang mahasiswa yaitu Miske Elsy Sibian dan Muh. Hidayatullah Dwi Putra, berada di bawah bimbingan Muhammad Husnul Khuluq S.Pd., M.Sc. yang merupakan salah satu Dosen di Jurusan Matematika FMIPA UNM.

-ADV C2 -

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan mengajar di satuan pendidikan dan mahasiswa berperan sebagai duta penerapan model pembelajaran unggulan.

-ADV C3 -

Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif (PMKM) merupakan salah satu model pembelajaran unggulan yang dicetus oleh salah satu guru besar dari Jurusan Matematika yaitu Prof. Nurdin Arsyad dan dipilih sebagai penerapan pada satuan pendidikan.

BACA JUGA :   Menag: Seleksi Mahasiswa Sarana Peningkatan Mutu PTKIN

“Harapannya dengan adanya penerapan model ini maka akan membuat siswa menjadi mandiri, kritis, dan aktif. Karena sintaks dari model PMKM ini berfokus pada kegiatan siswa dalam mengkonstruksi sendiri materi maupun permasalahan yang diberikan.” Tutur Ketua tim, Miske Elsy Sibian.

-ADV C4 -

Adapun menurut Muh.Hidayatullah Dwi Putra“Kami berharap, dengan pelaksanaan program ini yang diadakan selama dua bulan dengan 16 kali pertemuan di kelas VIII UPT SPF SMPNegeri 26 Makassarmembuat siswa untuk menjadi pemikir yang handal dan pebelajar yang mandiri ”.

“Selain dari program mengajar tersebut, kami mempunyai program pendukung dalam pelaksanaannya diantaranya, yaitu klinik matematika, eksplorasi matematika STEAM, pembinaan OSIS, dan sosialisasi pembelajaran metakognitif kepada guru dan rekan-rekan mahasiswa. Tujuan dari pelaksanaan program ini yaitu untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta memperkuat pemahaman matematika kepada siswa.

BACA JUGA :   Pengambilan Sumpah PNS, Rektor IAIN Bone Sampaikan Pesan Ini

Selain itu, untuk para guru dan calon guru yang telah diterapkan pada siswa sehingga bisa mengoptimalkan pembelajaran matematika agar mengetahui model unggulan yaitu model PMKM (Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif)”, lanjut tuturnya.

Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tersebut mengungkapkan rasa terimakasih atas dukungan dari berbagai pihak, khususnya pihak kampus dan sekolah yang telah mendukung pelaksanaan program ini.

“Kami dari Tim Magang Kependidikan Jurusan Matematika UNM berharap dengan adanya program ini mampu memberikan informasi mengenai model pembelajaran unggulan LPTK dan menumbuhkan sikap percaya diri, mandiri dan kritis dalam proses pembelajaran terkhususnya pada matematika serta kami mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami berdua dalam pelaksanaan program ini.”

 

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI