Mahasiswa Unhas Olah Kurmato “Kurma Tomat” Olahan Tomat yang Awet

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Tomat merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang banyak tumbuh di dataran rendah. Penggunaan tomat dalam rumah tangga hanya terbatas pada penggunaannya sebagai bahan sayuran atau lalap.

Berdasarkan dari beberapa sumber tomat selain sebagai bahan makanan juga banyak dimanfaatkan untuk mempercantik kulit wajah. Kandungan air tomat yang cukup tinggi mencapai 90 persen menyebabkan tomat sangat diminati di kalangan remaja untuk dijadikan sebagai masker wajah.

Karena kandungan air yang cukup tinggi, menyebabkan tomat dan bahan makanan lainnya mudah rusak akibat adanya aktivitas organisme. Olehnya itu, perlu untuk penanganan pasca panen dan pengolahan untuk memperpanjang masa simpan tomat.

Adalah Darmawan Mahasiswa Unhas Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan menemukan salah satu cara pengolahan guna memperpanjang masa simpan tomat yaitu, mengolahnya menjadi manisan buah kurma tomat.

BACA JUGA :   FKM Unhas Launching Kegiatan Jumat Bersih dan Berkah

“Mengolah buah terutama tomat menjadi manisan buah semi basah akan memperpanjang masa simpan tomat dan meningkatkan nilai tambahnya,” katanya.

Pengolahan tomat menjadi kurma tomat, kata mahasiwa angkatan 2015 itu, akan mengurangi kadar air yang terkandung dalam bahan dan menghindari kerusakan akibat organis.

“Pengolahan tomat menjadi kurma tomatmemanfaatkan prinsip karamelisasi gula. Karamelisasi merupakan proses pencoklatan non enzimatis yang terjadi pada saat pemasanan gula melebihi titik leburnya. Prinsip karamelisasi inilah yang dimanfaatkan dalam proses pengolahan manisan tomat kurma tomat,” jelasnya.

Pengolahan tomat menjadi kurma tomat selain mampu mempertahankan masa simpan yang lebih lama, proses pengolahannya pun sangat sederhana dengan bahan-bahan yang diperlukan tersedia di mana-mana.

BACA JUGA :   Lepas 2.934 Mahasiswa KKN, Rektor UNM : Beri Solusi di Tengah Masyarakat

“Bahan yang diperlukan adalah tomat dan gula pasir, semenatara alat untuk pengolahan terdiri dari wajan, sudip, pisau, kompor dan wadah. Proses pengolahan kurma tomat sangatlah muda, cukup membersihkan tomat terlebih dahulu dan mengerat ujung daun buah. Setalah itu susun tomat di atas wajan kemudian ditambahakan gula sambil dimasak dalam api sedang. Tunggu sampe air mongering dan susun manisan tomat pada Loyang atau wadah untuk pengeringan,” paparnya.

Setelah kering, kurma tomat siap untuk dikemas dan dicicipi. Kurma tomatsangat cocok menjadi pilihan cemilian untuk keluarga disantap pada pagi maupun sore hari.

“Teknologi pengolahan tomat ini sangatlah sederhana, diharapkan penelitian ini mampu untuk meningkatkan minat semua kalangan untuk meningkatkan pengolah tomat sehingga akan mengurangi jumlah tomat yang terbuang percuma karena adanya kerusakan atau akibat dari ketersediaan tomat yang melimpah khususnya pada saat panen raya tomat,” harapnya. (*)