ADV A1

Kenapa Hujan Sering Turun Saat Imlek? Ini Penjelasan Ilmiahnya

FAJAR Pendidikan

Perayaan Imlek merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Tionghoa akan hadirnya musim semi.  Di awal musim semi, mereka juga percaya akan dipenuhi keberkahan, mulai dari hasil panen melimpah hingga hadirnya musim semi yang indah. Hujan Sering Turun Saat Imlek, lho. Kenapa ya?

Di Indonesia yang hanya memiliki dua musim, tentu tidak bisa merasakan hadirnya musim semi. Namun, kerap kali ketika Hari Raya Imlek tiba, akan turun hujan.

BACA JUGA :   15 Jenis Makanan Terburuk Bagi Tubuh Menurut Ahli Kesehatan

Hal tersebut mengundang pertanyaan, mengapa perayaan Imlek di Indonesia identik dengan turunnya hujan?

Penjelasan Ilmiah Kenapa Saat Imlek Selalu Hujan

Jika kita mengambil sudut pandang dari penjelasan ilmiahnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa Imlek memang selalu jatuh pada akhir Januari atau awal Februari.

Jatuhnya perayaan Imlek di akhir Januari atau awal Februari juga disebabkan adanya perhitungan hari dalam Imlek yang merupakan gabungan antara fase bulan mengelilingi bumi dengan bumi mengelilingi matahari atau lunisolar. Itulah mengapa hari raya Imlek tidak sama dengan kalender Masehi atau Hijriah.

BACA JUGA :   Kota Bawah Tanah Ditemukan di Turki, Ini Kisahnya

Menurut BMKG, hari raya Imlek yang jatuh pada akhir Januari atau awal Februari ternyata bertepatan dengan puncak musim hujan dan curah hujan tinggi. Inilah mengapa hari raya Imlek dikatakan identik dengan turunnya hujan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI