Tuesday, November 24, 2020

Mancakrida di Depan Laptop, Begini Suasana Hari ke-3 MPLS SMA Islam Athirah 1 Makassar

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Islam Athirah 1 Makassar memasuki hari ketiga, Rabu (22/07/2020). Hari ketiga sekaligus hari terakhir yang akan dirangkaikan dengan berbagai acara di antaranya jelajah maya, pentas seni, hingga parade ekskul. Semuanya masih digelar secara virtual melalui aplikasi konferensi video Zoom Meeting dan Google Meet.

Salah satu agenda menarik yang menumbuhkan antusias peserta didik baru yakni mancakrida atau outbound di depan laptop. Kegiatan bertajuk jelajah maya itu menuntut kerja sama antar peserta. Panitia menyiapkan berbagai permainan berbasis maya, di antaranya teka-teki silang, yel-yel, sliding puzzle, search word, dan word screamble. Uniknya, permainan ini memiliki pos maya masing-masing melalui google meet.

Selain jelajah maya, pentas seni yang biasanya digelar langsung di sekolah juga dikemas apik oleh panitia sehingga acara berhasil memantik decak kagum partisipan.

“Teman-teman panitia bekerja maksimal, dibantu anak-anak kita dari OSIS dan MPK, memang kegiatan ini kita siapkan lebih dari satu bulan, alhamdulillah peserta antusias” ungkap Ketua Panitia MPLS Ardi Hamzah, S.Pd.

“Walaupun di rumah, anak-anak tidak terkendala kreativitas, pentas seni yang biasanya dilakukan secara langsung di sekolah, ini dikemas secara apik oleh panitia dan peserta” imbuhnya.

Peserta didik baru tahun 2020 merupakan angkatan pertama yang mengikuti MPLS secara virtual. Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. mengapresiasi peserta didik baru yang telah mengikuti kegiatan tesebut dengan penuh semangat. Bagi Tawakkal, MPLS tersebut sangat luar biasa meskipun hanya bertemu di depan layar laptop masing-masing.

“Makanya kami sangat mengapresiasi karena telah mengikuti kegiatan MPLS selama tiga hari dengan semangat yang luar biasa yang terlihat disetiap sesi materi peserta antusias menyimak dan bertanya, apatahlagi disesi pentas seni dan outbound penyatuan dan rasa kebersamaannya sangat terlihat walaupun dari rumah masing-masing yang ketemu di layar laptop” ujar Tawakkal saat dihubungi via whatsapp (22/07/2020).

Ia berharap, peserta didik baru dapat menjadikan MPLS sebagai titik awal mengenal lebih jauh SMA Islam Athirah 1 Makassar. “Semoga anak-anak mampu menyelami masa orientasi ini sebagai bekal awal untuk mengenal SMA Islam Athirah 1 Makassar, sehingga kedepan ia mampu berkolaborasi dengan semua warga sekolah dengan baik” imbuhnya.

Sementara itu salah satu peserta didik baru Andi Mutiara Rachma Akbar Oddang mengungkapkan kesannya setelah mengikuti MPLS, ia berharap dengan bergabung di SMA Islam Athirah 1 Makassar dirinya juga dapat menjadi siswa berprestasi.

“Saya merasa bangga sekali bisa masuk di SMA Athirah karena Athirah terkenal dengan pendidikan agama dan akhlak yang baik, sehingga bisa menjadi bekal kita nanti di akhirat, dan di samping itu juga Athirah selama ini telah banyak menciptakan alumni berprestasi, semoga kakak kelas dan guru-guru tetap membimbing kami anak-anak baru agar bisa berhasil bersama-sama di Sekolah Islam Athirah” ungkap dara yang akrab disapa Lala ini.

Setelah mengikuti MPLS, peserta didik baru dijadwalkan untuk mengikuti pemetaan kompetensi yang nantinya akan menjadi acuan untuk pembagian kelas. “Akan ada pembagian kelas, taaruf dengan walas dan teman sekelas, tes penempatan kelas Alqur’an, sosialisasi Tim Olimpiade Sains Athirah (TOSA) dan pemilihan bahasa asing. Setelah itu PBM akan normal kembali” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum B.J. Gunawan, S.Pd., M.Pd.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

UKM UIN Alauddin Terima Bantuan Penguatan Kearifan Lokal dari Kemensos RI

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial memberikan bantuan penguatan kearifan lokal kepada dua Unit Kegiatan...

Tetap Produktif, Mahasiswa Departemen K3 FKM Unhas Selesaikan Magang di 20 Perusahaan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Magang industri merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) FKM Unhas. Selasa (24/11/2020) telah...

IKAPTK Gowa Siap Gelar Kongres

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Gowa siap gelar Kongres dalam rangka pemilihan Ketua dan jajaran pengurus...

40 Persen Siswa SD Bajeng Telah Miliki Buku Rekening

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Bajeng, HM Amir menyampaikan bahwa sudah 40 persen dari jumlah 6.520 siswa Sekolah Dasar...

Pengurus PGRI Ranting Gugus V Kecamatan Manggala Terbentuk

FAJARPENDIDIKAN.co.id - PGRI Ranting Gugus V Kecamatan Manggala, kini punya pengurus. Pembentukan pengurus PGRI Ranting Gugus V itu diadakan di SD Negeri...

REKOMENDASI