Sunday, September 20, 2020

Mancakrida di Depan Laptop, Begini Suasana Hari ke-3 MPLS SMA Islam Athirah 1 Makassar

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Islam Athirah 1 Makassar memasuki hari ketiga, Rabu (22/07/2020). Hari ketiga sekaligus hari terakhir yang akan dirangkaikan dengan berbagai acara di antaranya jelajah maya, pentas seni, hingga parade ekskul. Semuanya masih digelar secara virtual melalui aplikasi konferensi video Zoom Meeting dan Google Meet.

Salah satu agenda menarik yang menumbuhkan antusias peserta didik baru yakni mancakrida atau outbound di depan laptop. Kegiatan bertajuk jelajah maya itu menuntut kerja sama antar peserta. Panitia menyiapkan berbagai permainan berbasis maya, di antaranya teka-teki silang, yel-yel, sliding puzzle, search word, dan word screamble. Uniknya, permainan ini memiliki pos maya masing-masing melalui google meet.

Selain jelajah maya, pentas seni yang biasanya digelar langsung di sekolah juga dikemas apik oleh panitia sehingga acara berhasil memantik decak kagum partisipan.

“Teman-teman panitia bekerja maksimal, dibantu anak-anak kita dari OSIS dan MPK, memang kegiatan ini kita siapkan lebih dari satu bulan, alhamdulillah peserta antusias” ungkap Ketua Panitia MPLS Ardi Hamzah, S.Pd.

“Walaupun di rumah, anak-anak tidak terkendala kreativitas, pentas seni yang biasanya dilakukan secara langsung di sekolah, ini dikemas secara apik oleh panitia dan peserta” imbuhnya.

Peserta didik baru tahun 2020 merupakan angkatan pertama yang mengikuti MPLS secara virtual. Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. mengapresiasi peserta didik baru yang telah mengikuti kegiatan tesebut dengan penuh semangat. Bagi Tawakkal, MPLS tersebut sangat luar biasa meskipun hanya bertemu di depan layar laptop masing-masing.

“Makanya kami sangat mengapresiasi karena telah mengikuti kegiatan MPLS selama tiga hari dengan semangat yang luar biasa yang terlihat disetiap sesi materi peserta antusias menyimak dan bertanya, apatahlagi disesi pentas seni dan outbound penyatuan dan rasa kebersamaannya sangat terlihat walaupun dari rumah masing-masing yang ketemu di layar laptop” ujar Tawakkal saat dihubungi via whatsapp (22/07/2020).

Ia berharap, peserta didik baru dapat menjadikan MPLS sebagai titik awal mengenal lebih jauh SMA Islam Athirah 1 Makassar. “Semoga anak-anak mampu menyelami masa orientasi ini sebagai bekal awal untuk mengenal SMA Islam Athirah 1 Makassar, sehingga kedepan ia mampu berkolaborasi dengan semua warga sekolah dengan baik” imbuhnya.

Sementara itu salah satu peserta didik baru Andi Mutiara Rachma Akbar Oddang mengungkapkan kesannya setelah mengikuti MPLS, ia berharap dengan bergabung di SMA Islam Athirah 1 Makassar dirinya juga dapat menjadi siswa berprestasi.

“Saya merasa bangga sekali bisa masuk di SMA Athirah karena Athirah terkenal dengan pendidikan agama dan akhlak yang baik, sehingga bisa menjadi bekal kita nanti di akhirat, dan di samping itu juga Athirah selama ini telah banyak menciptakan alumni berprestasi, semoga kakak kelas dan guru-guru tetap membimbing kami anak-anak baru agar bisa berhasil bersama-sama di Sekolah Islam Athirah” ungkap dara yang akrab disapa Lala ini.

Setelah mengikuti MPLS, peserta didik baru dijadwalkan untuk mengikuti pemetaan kompetensi yang nantinya akan menjadi acuan untuk pembagian kelas. “Akan ada pembagian kelas, taaruf dengan walas dan teman sekelas, tes penempatan kelas Alqur’an, sosialisasi Tim Olimpiade Sains Athirah (TOSA) dan pemilihan bahasa asing. Setelah itu PBM akan normal kembali” ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum B.J. Gunawan, S.Pd., M.Pd.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Awali Kepengurusan, LD Al-‘Aafiyah FKM Unhas Gelar Daurah Pengurus

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lembaga Dakwah Al-'Aafiyah FKM Unhas melaksanakan daurah pengurus pada hari sabtu, 19 September 2020. Kegiatan ini dilaksanakan melalui  zoom cloud...

Kapolres Barru Serukan Pilkada Damai 2020, Di Takkalasi

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Barru AKBP Welly Abdillah, menyerukan Pemilukada Damai, saat menggelar kegiatan Sosialisasi Pilkada Damai 2020 dan...

Danyonmarhanlan VI Hadiri Rakor Pemilu dan Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan Pemkot Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Danyonmarhanlan VI) Letnan Kolonel Marinir Gigih Catur Pramono, S.H, M.T.r. Opsla menghadiri Rapat...

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

REKOMENDASI