Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Bila Rutin Dikonsumsi

Manfaat ikan gabus bila rutin dikonsumsi merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari. Ikan gabus adalah salah satu ikan air tawar yang umum dijumpai di Indonesia.

Kandungan gizi dari ikan gabus tidak diragukan lagi. Nah, Anda mau tahu apa saja manfaat ikan gabus? Yuk disimak.

Ikan Gabus Mengandung Nutrisi

Ikan gabus adalah spesies ikan air tawar yang sebagian besar bisa ditemukan di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, ikan gabus juga dikenal dengan berbagai sebutan, seperti bocek, aruan/haruan, kutuk, kabos, dan lain-lain.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI) ikan gabus (per 100 gram dalam kondisi segar) memiliki kandungan nutrisi, seperti: Air sebanyak 79,6 gram; Kalori 80 kkal; Protein 16,2 gram;

Lemak 0,5 gram; Karbohidrat 2,6 gram; Kalsium 170 miligram; Fosfor 139 milligram; Zat besi 0,1 miligram; Natrium 65 miligram; Kalium 254 miligram; Tembaga 0,3 miligram; Seng 0,4 miligram; Retinol (Vit. A) 335 mikrogram; Thiamin (Vit. B1) 0,4 miligram; Riboflavin (Vit. B2) 0,2 miligram; Niacin (Vit. B3) 0,1 miligram.

Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan

Kandungan gizi yang lebih tinggi bisa didapatkan bila rutin mengonsumsi ikan gabus dibandingkan jenis ikan yang lain. Ikan gabus memiliki kandungan protein sekitar 25,5 persen.

Jumlah tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan mas 16%, ikan bandeng 20%, ikan kakap 20%, dan ikan sarden 21,1%.

Ikan gabus juga terkenal akan kandungan albumin, yakni protein di plasma darah yang fungsinya menjaga cairan dalam darah tidak bocor ke jaringan lain.

Protein ini juga membantu membawa berbagai zat ke seluruh tubuh, seperti hormon, vitamin, dan enzim.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI