- Advertisement -

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat kacang tanah untuk tubuh memang tidak diragukan lagi. Kacang tanah memiliki nutrisi yang tinggi di dalamnya. Terdapat berbagai jenis kacang-kacangan. Seperti kacang almond, kacang kenari dan kacang mete.

Semua jenis kacang tersebut memiliki nutrisi yang hampir sama. Nutrisi tersebut yang membuat kacang tanah memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat kacang tanah? Artikel ini akan membahas mengenai 10 manfaat kacang tanah untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kacang Tanah

1. Mengurangi Depresi

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Depresi adalah sebuah kondisi dimana suasana hati atau mood terganggu. Depresi ini akan ditandai dengan perasaan sedih secara mendalam. Selain itu orang yang depresi juga cenderung tidak memiliki rasa peduli.

Depresi ini adalah sesuatu yang sering kali telat atau bahkan jarang disadari. Penyebab dari depresi bisa karena berbagai hal. Depresi memerlukan penanganan yang tepat.

Jika depresi dibiarkan berlanjut maka akan mengganggu aktivitas. Dapat menurunkan produktivitas ketika bekerja. Selain itu, depresi juga akan membuat hubungan sosial terganggu.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Depresi yang dibiarkan berlanjut dan tidak ditangani akan berdampak buruk. Ada beberapa kasus orang yang memilih untuk bunuh diri karena merasa depresi. Maka dari itu, depresi harus ditangani atau dihindari.

Depresi dapat menyerang siapa saja. Faktor penyebab depresi juga beragam. Seperti perubahan lingungan, faktor genetic, gangguan neurologis karena bahan kimia di otak, dan produksi serotonin yang dapat mempengaruhi timbulnya depresi.

Ada berbagai cara untuk mengurangi depresi. Bagi sebagian orang, makan adalah langkah yang tepat untuk memperbaiki suasana hati. Hal ini karena makan sesuatu akan memicu kesenangan di dalam otak.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Salah satu makanan yang dapat mengurangi timbulnya depresi adalah kacang tanah. Manfaat kacang tanah dapat mengurangi depresi. Kacang tanah mengandung triptofan asam amino.

Kandungan ini dapat membentuk serotonin. Serotonin adalah sesuatu yang dapat membentuk suasana hati. Maka dari itu, mengonsumsi kacang tanah ketika depresi adalah pilihan yang tepat.

BACA JUGA:  Waspada Terhadap Makanan yang Pemicu Kanker

2. Mengurangi Gula Darah

Grameds, apakah kamu memiliki masalah dalam gula darah? Kacang tanah dapat menjadi solusinya. Kacang tanah adalah makanan yang bisa menjadi pengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Kacang tanah akan memberikan asupan-asupan nutrisi ke dalam tubuh.

Kacang tanah adalah salah satu makanan yang baik untuk orang yang menderita diabetes, atau memiliki risiko terkena diabetes. Hal ini karena di dalam kacang tanah memiliki indeks glikemik atau GI yang rendah. Maka tidak akan menimbulkan sebuah lonjakan yang besar terhadap kadar gula darah.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kacang tanah adalah salah satu makanan yang dapat menyehatkan jantung. Manfaat kacang tanah dapat mencegah penyakit jantung. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat timbul akibat dari jantung yang tidak sehat.

Seperti penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, endokarditis dan aritmia. Umumnya keempat jenis penyakit inilah yang sering diderita masyarakat yang mengalami penyakit jantung. Keempat penyakit ini tentu saja dapat dicegah, dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Gaya hidup yang tidak sehat juga akan meningkatkan kadar kolesterol. Terlebih jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak. Tidak hanya itu, sering mengonsumsi makanan cepat saji juga menjadi pemicu dari kadar kolesterol yang tinggi.

Menurut beberapa penelitian, manfaat kacang tanah juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Kacang tanah yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Hal ini karena adanya kandungan baik di dalam kacang tanah.

5. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat kacang tanah tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Kacang tanah juga dapat membantu mengatasi masalah kulit. Kacang tanah dapat dimanfaatkan dalam hal kecantikan.

BACA JUGA:  Ini Usia Terbaik untuk Pembekuan Sel Telur !

Salah satunya adalah mencegah keriput. Kacang tanah mengandung vitamin E. vitamin E ini akan membantu mengurangi garis dan kerutan pada kulit kamu. Tidak hanya itu, di dalam kacang tanah juga terdapat kandungan vitamin B dan riboflavin.

6. Mencegah Risiko Kanker Perut

Manfaat kacang tanah juga dapat mencegah risiko terkena kanker perut. Kanker perut atau kanker lambung adalah penyakit yang timbul karena pertumbuhan sel. Sel yang tumbuh terjadi secara abnormal atau tidak terkendali.

Pertumbuhan sel abnormal ini terjadi karena sel-sel tersebut mengalami perubahan genetic. Penyakit ini harus diwaspadai, karena umumnya tidak menimbulkan gejala yang spesifik pada stadium awal.

7. Mencegah Risiko Stroke

Manfaat kacang tanah juga dapat mencegah risiko stroke. Manfaat ini karena adanya kandungan antioksidan dan resveratrol di dalam kacang tanah. Kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi oksida nitrat.

Inilah yang membuat kacang tanah dapat mencegah risiko dari timbulnya penyakit stroke. Tidak hanya itu, masih banyak kandungan baik lainnya di dalam kacang tanah. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk tubuh.

8. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Penyakit batu empedu juga dikenal dengan nama cholelithiasis. Penyakit ini akan membuat kondisi yang ditandai dengan sakit perut secara mendadak. Sakit perut tersebut karena adanya pembentukan batu di dalam kandung empedu.

9. Meningkatkan Kesuburan

Pasangan yang sedang merencanakan kehamilan juga dapat mengonsumsi kacang tanah. Manfaat kacang tanah ternyata dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini karena kacang tanah bisa meningkatkan fertilitas.

10. Meningkatkan Memori Otak

Manfaat kacang tanah juga dipercaya mampu meningkatkan memori di dalam otak. Hal ini karena ada kandungan resveratrol dan niacin di dalam kacang tanah. Kedua kandungan ini dapat membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah yang mengarah ke otak.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: