Selasa, Januari 19, 2021

Pemkab Barru Bersama Tim UNHAS Sepakat Membuka Dua Prodi Di Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id – September lalu, dua hari sebelum Cuti Kampanye, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menandatangani Kesepakatan yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) ini, langsung bersama Rektor Unhas Prof. Dwia Aris Tina Pulubuhu.

Kali ini, Pemda Barru yang diundang untuk menindaklanjuti MoU dimaksud, sehingga Sekda Barru Dr Ir. Abustan, memimpin Delegasi Pemda untuk ikuti rapat bersama di Kampus Unhas Tamalanrea, Siang kemarin, Rabu (25/11/2020).

Abustan menyampaikan bahwa dua Program Studi yakni teknologi pakan ternak dan wisata bahari akan jadi usulan prioritas untuk dikerjasamakan.

“Alhamdulillah, Tim Pemda Barru bersama Tim Unhas sudah hampir sepakat membuka dua prodi di Kabupaten Barru, yaitu Prodi Teknologi pakan ternak dan Prodi Wisata Bahari,” sebut Abustan yang juga alumnus Universitas Hasanuddin Makassar ini.

Ia menyampaikan bahwa, Unhas tidak hanya berencana untuk jangka pendek dengan kelas jauh, namun berniat membuka Kampus yang representatif di Barru.

“Yang pasti bahwa, kami kira pikiran pindah kelas, ternyata buka kampus, InsyaAllah,” sebut Doktor Perencanaan Wilayah ini dengan antusias dan penuh semangat, selepas mengikuti Rapat bersama beberapa Wakil Rektor Unhas dan Dekan Fakultas Peternakan.

Niat Pemerintah Barru untuk menegaskan diri sebagai Daerah yang unggul diberbagai sektor termasuk meningkatkan potensi kelautan dan perikanan maupun peternakan, menjadi arah kerjasama.

Sumber daya manusia adalah harapan jangka panjang yang akan membawa manfaat yang lebih besar.

Apalagi, Barru saat ini sedang bersiap untuk menjadi penyokong ketersediaan Pangan Ibukota Negara Baru di Kalimantan dan jadi Kandidat Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia.

Sementara itu, pihak Rektorat Unhas yang memimpin rapat ini menyampaikan skema di tahun 2021 sebagai awal tahun ajaran baru untuk memulai niat baik ini. Diharapkan agar sosialisasi dibukanya Unhas di Barru dilakukan sebaik mungkin agar serapan mahasiswanya sesuai harapan.

“Kalau peternakan dan perikanan, saya kira ini sudah pengalaman dan tidak akan sulit, Proses pembelajaran nanti, kita harus siap dari sarana prasarana pembelajaran, sehingga perlu bicara lebih detail untuk ini,” sebut Prof Dr. Ir. Muh. Restu, MP, selaku Wakil Rektor I Unhas di rapat tersebut.

Prof Restu bahkan meminta untuk dipertimbangkan untuk buka kampus di Barru, harapannya secara jangka panjang dikembangkan Program akademik, sehingga representasi Unhas di Tamalanrea akan ada di Barru.

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Ir. Muh. Restu, M.P dan Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Sc serta dihadiri Dekan Fakultas Peternakan, Dekan Fakultas Perikanan, Kepala Biro Asset, Kepala Biro Keuangan.

Sedangkan, Delegasi Pemerintah Daerah Kabupaten Barru yang hadir juga membawa serta Perangkat Daerah stakeholder dari prodi yang terkait.

Reporter : Borahima

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sah! STIE Nobel Jalin Kerja Sama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda)

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar sepakat melaksanakan kerja sama dengan PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), senin 18...

Jasa Raharja Peduli Sasar Masyarakat Terdampak Covid-19 di Empat Lokasi Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id- PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan mengadakan giat pembagian sembako dengan mengusung tema “Pegawai dan Manajemen Jasa Raharja Berbagi Bantuan Donasi...

Peduli Gempa Sulbar, Sekolah Islam Athirah Galang Donasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah melalui Tim Athirah Peduli melakukan penggalangan donasi untuk korban terdampak gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat,...

PBB Terbitkan Laporan Demografi; Populasi Laki-Laki Jauh Lebih Sedikit

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Baru-baru ini PBB menerbitkan laporang Demografi suku pertama 2019 yaitu manusia berjumlah 7.7 Milyar orang di planet bumi ini.

Opini : Potensi Unggul Generasi Terancam Demi Korporasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) bersama Google, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka menyelenggarakan program Bangun Kualitas...

REKOMENDASI