Masjidil Haram, ‘’Rumah Allah’’ yang Pertama di Bumi

FAJAR Pendidikan

Berkaitan dengan hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan proses ibadah Haji di tanah suci Mekah dan Madinah, sedikit ulasan mengenai Madjidil Haram, dimana prosesi pelaksanaan ibadah Haji sebelum kegiatan puncak Wukuf di Padang Arafah, aktivitas jamaah terpusat di Masjidil Haram.

Mesjid pertama di bumi ini,berada di puncak daftar bangunan termahal di bumi yang dibangun dengan biaya $ 100 miliar. Luasnya, 1.000.000 (satu juta) meter persegi. Dapat menampung dua juta orang. Menerima 20 juta orang perhari. Terbuka dalam 24 jam.
Sejak keberadaannya, dari 1400 lebih, tidak pernah tertutup untuk jamaah yang mau melaksanakan sholat di tempat tersebut.

Memiliki 1.800 pembersih. Memiliki 40 mobil pembersih sanitasi listrik. Memiliki 60 saniter listrik untuk membersihkan halaman terbuka. Memiliki 2000 barel sanitasi tersebar di seluruh tempat.

Lantainya ditutupi dengan 40.000 karpet (lebih panjang dari jarak antara Jeddah dan Mekah (79 kilometer). Memiliki 25.000 dispenser ait (salah satu system pengeluaran air terbesar di dunia. 100 sampel acak air minum diperiksa setiap hari. Kelebihan air dari sumur Zam-Zam ditampung di tangki penampung berkapasitas 1.700.000 (1,7 juta) botol air (kapasitas 10 liter).

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Kamis 11 Agustus 2022: “Mengampuni Tanpa Batas”

Layanan Tilawah Haramain

Siaran tilawah Al-Qur’an : 24/7, pembacaan menggunakan sepuluh (10) metode pembacaan Al-Quran yang diakui, lebih dari 500.000 (setengah juta) episode di 180 negara telah ditayangkan dalam tiga tahun.

Lebih dari 2000 brankas, untuk menjaga barang-barang pribadi, agar tetap aman. Rarutan unit AC (untuk pendinginan) tersebar di dalam mesjid. Lantai mesjid memantulkan cahaya dan panas, sehingga meningkatkan pengaturan panas di dalam bangunan.

Aplikasi Pemandu Wisata Elektronik yang dapat menunjukkan lokasi bagian manapun dari mesjid. Sistem suara di Masjidil Haram, adalah salah satu system suara terbesar dan paling kompleks di dunia. Margin kesalahan system audio, 10 %.

Ada 6000 pembicara, terdaftar yang secara bergantian memberikan ceramah. Empat system audio yang berbeda. Lima puluh personel teknik suara. Salinan Al-Qur’an diterjemahkan ke dalam 65 bahasa yang berbeda. Penerjemah setiap khutbah Jumat ke dalam lima bahasa yang berbeda.

BACA JUGA :   Khutbah Jumat Terbaru 5 Agustus 2022, Edisi Tahun Baru Islam: Bulan Muharram

Layanan Faslitas Untuk Disabilitas

Tersedia 10.000 kursi roda regular untuk digunakan. Gratis 400 kursi roda berpemandu elektronik tersedia. Kursi roda otomatis (roda 2 dan roda 3).

Layanan khusus Ramadhan, 4 juta makanan gratis untuk berbuka puasa setiap hari, sepanjang Ramadhan. 5.000.000 kurma (buang bijinya), dibagikan di area masjid setiap hari selama bulan Ramadhan.

Setelah berbuka, mengeluarkan makanan dan peralatan untuk membersihkan tempat shalat Maghrib, dilakukan dalam dua menit saja.

Mesjidil Haram terletak di Mekah, yang disebut tanah haram. Shahih al-Buhkari : 1484, dari ibn Abba ra : dia berkata :’’ Rasulullah saw bersabda pada hari pembebasan kota Mekah.

Sesungguhnya tanah ini, telah diharamkan oleh Allah, maka tidak boleh ditebang pohonnya, tidak boleh diburu hewan buruannya, dan tidak boleh diambil barang yang hilang kecuali kemudian oleh orang yang menyeru untuk mencari pemiliknya. (http://bit.ly/satu hari satu hadist/ana)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI