Memasuki Usia Tua, Perlu Menjaga dan Merawat Diri. Kembangkan Sedikitnya 8 Kebiasaan

FAJAR Pendidikan

Memasuki usia tua, sangat perlu menjaga diri, merawat dan mengingatkan diri akan resiko, akibat terjadinya penuaan.

Salah satunya, hilangnya massa dan kekuatan otot akibat penuaan.

Masalah tersebut disebut Sarcopena.

Lalu apa yang perlu dilakukan mengantisipasi dan mengatasi bila kemungkinan itu terjadi ?

  1. Kembangkan kebiasaan untuk bisa berdiri. Jangan duduk! Dan jangan berbaring jika bisa duduk!
  2. Setelah usia 50-60, tidak mungkin menurunkan berat badan, terutama jika tidak berolahraga dan mengandalkan makan lebih sedikit untuk menurunkan berat badan! Karena jika semua otot hilang, itu bisa sangat berbahaya!
  3. Apakah lari, bersepeda, atau memanjat membuat lutut sakit? Jika belum pernah berolahraga sebelumnya, hanya bisa berlari, bersepeda, atau memanjat dalam pikiran Anda karena itu akan sangat menyakiti lutut Anda! Tetapi jika Anda memiliki kekuatan otot yang cukup dan perlahan-lahan mengembangkan kebiasaan berlari, bersepeda, dan memanjat, itu bisa menjadi latihan yang baik dan tidak melukai lutut Anda!
  4. Jika seorang lansia sakit dan dirawat di rumah sakit, jangan memintanya untuk lebih banyak istirahat atau berbaring dan rileks dan tidak bangun dari tempat tidur! Berbaring selama seminggu kehilangan setidaknya 5% dari massa otot! Dan orang tua itu tidak bisa mendapatkan kembali ototnya!
  5. Jangan berpikir bahwa berbakti dengan tidak membiarkan orang tua melakukan pekerjaan rumah, dan memarahi pelayan jika mereka melakukannya! Biasanya, banyak orang tua yang mempekerjakan pembantu kehilangan otot lebih cepat!
  6. Jangan hanya melakukan satu aktivitas setiap hari saat pergi ke taman. Jangan hanya berjabat tangan ketika juga bisa menggoyangkan kaki.

    Juga harus menarik bilah horizontal atau memindahkan setiap peralatan olahraga! Karena selama seseorang bergerak, maka semua otot seluruh tubuh akan terlibat!

    Banyak orang lanjut usia bahkan mengalami kesulitan menelan karena kurang berolahraga!

    Pada akhirnya, mereka bahkan tidak bisa batuk seteguk dahak dan mati karena ini!

  7. Sarkopenia lebih menakutkan daripada osteoporosis! Dengan osteoporosis Anda hanya perlu berhati-hati agar tidak jatuh, padahal sarkopenia tidak hanya memengaruhi kualitas hidup tetapi juga menyebabkan gula darah tinggi karena massa otot yang tidak mencukupi!
  8. Hilangnya sarcopenia tercepat ada di otot kaki! Karena ketika seseorang duduk atau berbaring, kaki tidak bergerak dan kekuatan otot kaki terpengaruh ini sangat penting! Jangan menjadi kaki hitam! Jongkok setidaknya 20 hingga 30 kali sehari.

    Jongkok bukan jongkok tapi seperti duduk di kloset duduk. Anda bisa menggunakan kursi dan berdiri ketika pantat anda menyentuh dudukan! Sistem medis canggih TAIWAN juga memiliki asuransi kesehatan.

    Tetapi rata-rata orang tua di Taiwan menghabiskan 8 tahun di kursi roda sampai mereka berbaring di tempat tidur sebelum meninggal!

    Bila tidak ingin seperti itu, perhatikan sarkopenia! Naik & turun tangga. Lari, bersepeda, dan memanjat adalah latihan yang bagus dan dapat meningkatkan massa otot!

    Untuk kualitas hidup yang lebih baik bagi semua orang di hari tua. Bergeraklah, jangan buang ototmu!! (P/wa/ana)

BACA JUGA :   Tampilan Eye Cream Bioderma yang Menarik dengan Manfaat Luar Biasa

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI