Sunday, May 31, 2020

Mendapat Peringkat ke 64, UMI Berhasil Raih Akreditasi A

- Advertisement -

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id— Bersaing dengan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh daerah di Indonesia, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mampu membuktikan diri dimata para PTN dan PTS lainnya dengan perolehan akreditasi A.

Meski berada pada peringkat ke 64, namun UMI Makassar patut berbangga atas perihan akreditasi institusi A.

“Walaupun mendapat nilai yang pas-pas namun berita ini menjadi sebuah kebanggaan besar bagi kami. Untuk meraih akreditasi A itu bukan hal yang mudah karena ternyata kita bersaing dengan PTN yang jelas mempunyai fasilitas dari negara tidak seperti di kita di PT swasta. Dan kunci utama dari terealisasimya akreditasi A ini adalah kebersamaan para civitas dosen dan tim,” kata Rektor UMI prof basri Modding saat menggelar konferensi pers mengenai akreditasi A UMI di ruang rapat senat Menara UMI. Kamis 20 Desember 2018.

Dan berdasarkan data yang ada, telah ada 9 PTS di seluruh Indonesia yang telah mendapat akreditasi A, dan UMI Makassar menjadi satu-satunya PTS diluar pulau Jawa yang terakreditasi A.

Kemudian, jika PTS ingin mendapat akreditasi A terdapat tujuh indikator yang harus dipenuhi seperti jumlah profesornya, berapa banyak penelitianntya, bagaimana mahasiswanya, apa saja prestasi yang diperoleh mahasiswanya, kemudiaan bagaimana dengan alumninya.

“Proses akreditasi itu akan bagus ketika semua komponen-komponen itu terpenuhi. Setelah itu terpenuhi maka kepercayaan masyarakat tentang sebuah PT itu akan baik. Dan akreditasi UMI ini, saya tidak tau persis akreditasi PTS yang keberapa yang pasti adalah UMI adalah PTS pertama diluar pulau Jawa yang terakreditasi A,” kata Kepala LLDikti Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin.

Selain itu, berkaca pada keberhasilan UMI Makassar, beberapa PTS yang ada di Sulsel juga digadang-gadang akan mendapat akreditasi A adalah UNISMUH, UNIFA, UIM, UKI Paulus, UNCOK Palopo, dan PTS lainnya yang memenuhi indikator-indikator untuk penilaian menuju akreditasi A.

Penulis: Wulandari

 

 

 

- Advertisement -

TERKINI

Selamat! UIN Alauddin Peringkat Ketiga Paling Diminati di UMPTKIN 2020

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemeringkatan peminat Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2020 untuk pilihan pertama menempatkan UIN Alauddin Makassar diurutan...

Pemudik Asal Bone Ingin Balik ke Jakarta Ternyata Positif Covid-19

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Seorang warga dari Desa Pattimpa Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, yang hendak balik ke Jakarta ternyata terkonfirmasi Positif Covid-19, Sabtu (30/5/2020).

Bersama Petani, Bupati Barru Tanam Bawang Di Dusun Bette

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Selaku Kabupaten termasuk penyanggah pangan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bersama Petani Dusun Bette, Bupati Barru Ir. H. Suardi...

Bupati Barru Harap Camat, Lurah dan Kades Tetap Mengedukasi Warga Tentang Covid- 19

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bupati Barru Suardi Saleh memimpin rapat kordinasi virtual bersama Pimpinan OPD, Camat, lurah dan kepala desa diruang Basic Barru,...

REKOMENDASI