- Advertisement -

Mengenal A la Carte, Hidangan Khas Negara Perancis

Pernah mendengar istilah ala carte saat hendak membeli makanan di restoran? Meskipun sudah kerap digunakan di berbagai restoran, tidak sedikit dari kamu yang masih tidak tahu apa maksudnya. Mari kita mengenal a la carte, hidangan khas negara Perancis di artikel ini.

Di Indonesia, istilah ini banyak digunakan oleh restoran cepat saji. Biasanya, menu a la carte tersedia di halaman yang berbeda atau kolom menu tersendiri. Selain lokasi menu yang terpisah, menu a la carte juga menarik sebab harganya relatif lebih mahal.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Mengapa demikian? Mari simak pembahasannya selengkapnya berikut!

Pengertian Apa Itu A La Carte

Mengenal A la Carte
Mengenal A la Carte

Mengenal a la carte, hidangan khas negara Perancis tentu perlu dimulai dengan mengenal pengertiannya terlebih dahulu. Melansir dari Hotelier – Rekomendasi Wisata, a la carte adalah ungkapan dalam bahasa Perancis yang memiliki makna “sesuai dengan kartu” dalam bahasa Indonesia.

Maksud ungkapan ini ditujukan pada  buku menu makanan yang tersedia di sebuah restoran. Sementara, dalam buku menu restoran umumnya terdapat tiga menu utama, yakni: Appetizer atau menu pembuka, Main course atau menu utama, dan Dessert atau menu penutup.

BACA JUGA:  Resep Ikan Tongkol Rica-rica, Bahan dan Cara Pembuatannya Simpel!
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Jika memesan menu a la carte, artinya pelanggan bisa memilih jenis makanan dari ketiga hidangan menu tersebut. Sebenarnya, istilah a la carte merupakan sebuah revolusi sistem restoran pada abad ke-19. Pasa masa tersebut, restoran umumnya hanya memperkenankan pelanggan untuk menyantap hidangan yang sudah ditetapkan di awal.

Jadi, restoran hanya menyajikan hidangan tetap dan pelanggan bisa memilih hidangan mana dari sajian yang tersedia untuk disantap. Sistem ini rupanya tidak bekerja dengan baik dan berdampak pada banyaknya makanan sisa. Akhirnya, dikembangkanlah sistem a la carte sebagai alternatifnya.

Contoh Menu A La Carte

Pilihan menu a la carte tersedia untuk semua jenis hidangan, baik menu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Agar memudahkanmu memahami konsep menu a la carte kamu bisa melihat contohnya dalam ulasan berikut:

BACA JUGA:  Resep Nasi Kuning Bakar, Cocok Untuk Jualan

1. Contoh A La Carte Menu Breakfast

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Restoran umumnya menawarkan menu dengan pelayanan gaya Amerika. Pelayanan ini menyediakan pelayan yang akan menerima pesanan dan menyajikannya langsung ke meja pelanggan. Contoh menu a la carte sarapan misalanya seperti waffle, pancake, sereal,  jus buah, dan omelette.

2. Contoh A La Carte Menu Lunch

Hidangan makan siang menyajikan tiga menu utama: appetizer, main course, dan dessert. Biasanya menu yang disediakan lebih bervariasi namun dengan porsi yang lebih sedikit. Contoh menu a la carte makan siang antara lain seperti salad, sup, dan sandwich.

3. Contoh A La Carte Menu Dinner

Terakhir, makan malam umumnya menyajikan hidangan pembuka lebih banyak. Adapun contoh menu a la carte untuk hidangan menu dinner antara lain adalah lasagna, pasta, steak, crab cakes, dan sebagainya.

Itulah sedikit informasi untuk membantu kamu mengenal a la carte, hidangan khas negara Perancis. Jadi, kira-kira kamu ingin pesan menu a la carte apa?

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: