Menggali Potensi Peserta Didik, Melalui Try Out OSN

TORAJA UTARA – Dua siswa SDN 8 Tikala Kabupaten Toraja Utara mengikuti kegiatan try out OSN, untuk mata pelajaran Matematika dan IPA secara daring.

Dua siswa tersebut, bernama Febriantika untuk mata pelajaran IPA sedangkan Sandi untuk mata pelajaran Matematika.

Kegiatan try out itu berbasis HP Android para peserta try out didampingi dua guru pendamping atau guru pembina OSN.

- Advertisement -

Sebelum peserta mengikuti try out terlebih dahulu guru pembina menghubungkan hp serta masuk ke aplikasi KSN SD, dilanjutkan pendaftaran mendownload naskah soal, selanjutnya maka akan muncul naskah soal dan siap di kerjakan.

- Advertisement -

Untuk naskah soal mata pelajaran Matematika 30 nomor dengan durasi waktu 30 menit sementara mata pelajaran IPA 70 nomor dengan durasi waktu 60 menit.

BACA JUGA :   Rekreasi dan Edukasi Sejarah dan Budaya Ala SD Negeri Borong Makassar

Kepala SDN 8 Tikala Jhon Rombe Layuk S.Pd ditemui Fajar Pendidikan, Sabtu 11 Juni 2022, mengungkapkan bahwa 2 siswa SDN 8 Tikala mengikuti kegiatan try out secara online dalam rangka persiapan mengikuti lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Hari ini adalah hari yang kedua, pada sesi pertama adalah mata pelajaran Matematika sementara sesi kedua mata pelajaran IPA .

Jhon melanjutkan mengikuti kegiatan try out ini, siswa dibimbing oleh dua orang guru pendamping sebagai guru Pembina OSN, maka siswa itu telah dibina di sekolah maupun di rumah.

“Kita sengaja pilih siswa kelas 5, lalu di beri bimbingan khusus di sekolah dan di rumah,” tutur Jhon Rombe Layuk kepada Fajar Pendidikan, Sabtu,11/6.

BACA JUGA :   TK Islam Athirah 1 Makassar Berpartisipasi pada Kegiatan Fersival Hari Guru Nasional

Kalau dari segi pengawasan, hanya batas mengawasi ketika siswa mulai mengerjakan naskah soal.

Guru pembina tidak di bolehkan membantu untuk mengerjakan naskah soal, hanya saja boleh membantu menyiapkan perangkat dan mendownload naskah soal serta masuk dalam aplikasi.

Setelah masuk di aplikasi ksnsd di lanjutkan download naskah soal setelah pekerjaan selesai maka diupload kembali ke dalam aplikasi tersebut. Diketahui kegiatan try out ini sebagai pelaksana Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas)Kemendikbud.

Jhon berharap agar anak-anak tetap bersaing termotivasi dengan mengikuti lomba OSN, karena di sinilah kita menggali potensi-potensi peserta didik serta potensi seluruh sekolah masing-masing.

Laporan : Patrun

 

 

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: