Thursday, May 28, 2020

Mom, Ini Tips Agar Buah Hati Tak Suka Berbohong

- Advertisement -

Menjadi orangtua bukan pekerjaan mudah. Disadari atau tidak, sikap orangtua bisa menyebabkan anak suka berbohong. Belum lagi pengaruh yang diterimanya dari lingkungan sekitar. Berikut ada tips yang bisa membantu Anda mengatasi anak yang suka berbohong :

Beri teladan
Berikan teladan yang baik bagi anak-anak. Misalnya, jika kebetulan anak Anda menerima telepon yang mencari Anda, namun saat itu Anda enggan menerimanya, katakan pada anak, Anda akan menelepon kembali segera. Tidak baik menyuruhnya mengatakan Anda sedang tidak ada. Mengapa? Anak akan menyimpulkan bahwa cara terbaik untuk menghindar adalah berbohong

Patuhi aturan
Jika Anda menetapkan peraturan di rumah, seluruh anggota keluarga harus menaatinya termasuk Anda. Misalnya Anda membuat peraturan keluarga : makanlah di ruang makan. Namun, ketika Anda makan di ruang lain. Ini akan membuat anak tidak respek pada Anda.

Hormati privasi anak Anda
Sekalipun Anda bertanggung jawab memenuhi kebutuhan mereka, tidak berarti boleh memperlakukan anak sesuka Anda. Ada hal tertentu dalam kehidupan anak yang memerlukan privasi. Misalnya, Anda tidak boleh membuka surat dari temannya.

Ajari anak untuk belajar mandiri. Namun sebaiknya dilakukan secara bertahap dan dalam lingkup terbatas.

Kenali teman-teman anak
Menurut hasil penelitian, anak yang suka berbohong mempu- nyai teman-teman yang suka berbohong. Begitu ia memasuki dunia sekolah, ia akan bertemu anak lain dengan beragam latar belakang. Anda sebagai orangtua tak mungkin mengawasinya terus menerus di sekolah. Karenanya, Anda sebaiknya tahu siapa saja temannya, dan apa yang mereka lakukan dalam mengisi waktu senggang.

Sekali-sekali mintalah anak untuk mengajak teman-temannya berkunjung ke rumah. Jika Anda merasa kurang setuju ia bermain-main dengan teman-temannya, Anda harus megatakannya dengan alasan jelas. Misalnya karena anak-anak itu tampaknya suka berbohong, nakal atau kurang sopan.

Sikap saling percaya
Tetapkan cara tertentu untuk menangani anak Anda. Bila ternyata ia suka berbohong, memaksanya bersikap jujur tidak bijaksana.

Jauh lebih baik Anda membicarakan hal itu dengan sikap lemah lembut dan bijak. Jika ia suka berbohong tentang keterlambatannya pulang sekolah, bicarakan padanya. Anda merasa cemas kalau ia terlambat pulang.

Kembangkan suatu hubungan saling per- caya. Jika anak mengatakan ia terlambat pulang karena mengunjungi teman yang sakit, Anda tidak perlu langsung menelepon untuk menanyakan kebenaran informasi tersebut. Cobalah memper- cayai apa yang dikatakannya.

Ajarkan pada anak tentang kejujuran, sesuai agama yang dianut. Katakan padanya bahwa berbohong adalah perbuatan yang kurang baik. (*)

- Advertisement -

TERKINI

Perkuat Ukhuwah Makhluqiyah Jadi Tema Halalbihalal Virtual UIN Alauddin Makassar

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Keluarga besar UIN Alauddin Makassar menggelar Halalbihalal virtual dengan mengusung tema, “Memperkuat Ukhuwah Makhluqiyah Menghadapi Pandemi Covid 19” via...

Jajaran Lantamal VI Lanal Kendari Rapid Test Massal Pengguna Jasa Pelabuhan Bungkutoko

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Lantamal VI, Koarmada II bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah kota...

Langgar SOP Covid-19, Kasat Lantas Polres Barru Panggil Oknum Kapus

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kapolres Barru Akbp Welly Abdillah, melalui Kasat Lantas Polres Barru Akp Mariana Taruk, memanggil untuk mengkonfirmasi salah satu oknum...

Dongkelor Spesial Indahnya Idul Fitri Bersama Kak Heru

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sobat Perpustakaan, walaupun selepas hari lebaran sebagian dari kita telah beraktivitas, namun suasana kehangatan Idul Fitri masih terasa apalagi...

REKOMENDASI