Muhammad Taufik Mewakili Bupati Barru Dalam Penanaman Mangrove

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, Aliansi Pemuda Tanggap Bencana Kabupaten Barru menanam 2.000 pohon mangrove di pesisir Pantai Lasonrai Desa Batupute Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru Sabtu dan Minggu 28 – 29 November 2020 bertujuan untuk menambah volume ruang terbuka hijau (RTH) di pesisir pantai Lasonrai Desa Batupute Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.

Dalam kegiatan ini, mereka menanam sebanyak 2.000 pohon mangrove. peserta yang hadir yaitu dari kalangan Pemuda Pencinta Alam dari beberapa wilayah. Baik dari dalam maupun luar daerah Kabupaten Barru.

Kedatangan Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang mewakili Bupati Barru di sambut langsung oleh DANRAMIL Soppeng Riaja Kapten Infanteri Basri bersama Babinsa Desa Batupute Peltu Jaharuddin dan Kapolsek Soppeng Riaja yang diwakili Oleh Bhabinkamtibmas Bripka Haeruddin.

- Iklan -

Ketua Panitia Pelaksana Penanaman 2000 Mangrove Ady Saputra Yunus, S.Kom mengatakan bahwa kegiatan penanaman Mangrove sangat banyak manfaatnya, penanaman mangrove dibibir pantai, diantaranya dapat membentengi bibir pantai dari abrasi ketika air pasang tinggi serta melindungi biota laut yang hidup di bawah pohon mangrove.

Baca Juga:  SMKN 3 Soppeng: Ramah Tamah Cool Force XVII 2024

Ady juga menambahkan, kedepan pihaknya terus menggalakkan dan mensosialisasikan kepada para Pemuda bersama masyarakat akan pentingnya penanaman pohon mangrove tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DRS Muhammad Taufik, M.Si Dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Jauh lebih penting, kedepannya kita harapkan keberadaan hutan mangrove ini dapat kita kembangkan dari berbagai sisi, sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Barru pada Umumnya dan khususnya di Kecamatan Soppeng Riaja,” tambah Taufik.

- Iklan -


iya pun mewakili Plt,Bupati Barru Ir. H. Nasruddin AM M.Si yang juga berharap kepada Aliansi Pemuda Tanggap Bencana Kabupaten Barru dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Barru terkait penghijauan pantai dan penguatan ekonomi wilayah pesisir di Kabupaten Barru.

Baca Juga:  Dugaan Cawe-Cawean Pejabat di BKD Sulsel dalam Seleksi KPID

“Saya berharap kepada Aliansi Pemuda Tanggap Bencana Kabupaten Barru untuk terus bersinergi bersama pemerintah Kabupaten Barru terhadap penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat kedepannya, ” imbuh Taufik.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, DANRAMIL Soppeng Riaja Kapten Infanteri Basri juga menjelaskan banyaknya manfaat hutan mangrove bagi masyarakat.

- Iklan -

Menurutnya, selain sebagai pencegah abrasi, hutan mangrove sendiri juga berguna sebagai penyerap polusi, penyedia hasil hutan kayu, dan sebagai tempat berlindungnya dan berkembang biaknya berbagai jenis biota laut.

“Kita harus lebih peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon mangrove ini, sudah banyak yang rusak, sudah seharusnya kita mulai melestarikannya,” kata Danramil “Alam memberikan banyak manfaat bagi kita, sudah sepatutnya kita berkewajiban untuk menjaga alam dan lingkungan” Tutupnya.

Reporter : Borahima

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU