Monday, July 13, 2020

Management Covid-19 Jepang-Indonesia Jadi Topik Webinar FK Unhas

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) menyelenggarakan webinar Internasional dengan tema “Management of Covid-19 Patients in Japan and Indonesia”.

Kegiatan berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (4/6).

Hadir sebagai narasumber adalah Mafumi Okimoto MD., Prof Dr Budu, Ph D., Sp M (K)., M Med Ed., Prof Ohge Hiroki, MD., Ph D., Prof dr Mansyur Arief, Ph D.,  Sp PK(K)., Prof Nobuaki Shime, MD., Ph D., dan Prof Dr dr Syafri Kamsul Arief.

Dalam sambutan mengawali acara, Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu menyampaikan terima kasih atas kesediaan para narasumber untuk berbagi ilmu dan pengetahuan guna meningkatkan pemahaman terkait covid-19.

“Pandemi covid-19 tidak hanya sebagai krisis di sektor kesehatan, tetapi juga berimplikasi pada semua sektor kehidupan manusia,” ungkap Prof Dwia.

Pandemi, kata Prof Dwia, telah memperlambat ekonomi, tidak hanya tingkat regional, tetapi ekonomi dunia secara massif dan signifikan.

“Berbagai penyesuaian harus kita lakukan,” katanya.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan, H M Nurdin Abdullah.

Dalam sambutannya, Gubernur menjelaskan bagaimana pengetahuan dan teknologi pemeriksaan kesehatan Jepang yang berkualitas tinggi dibutuhkan masyarakat Indonesia saat ini khususnya dalam menghadapi pandemi covid-19 ini.

“Kerja sama antara Pemerintah Jepang dan Indonesia, dalam hal ini Sulawesi Selatan, telah terjalin sejak saya masih menjabat sebagai Bupati Bantaeng selama 10 tahun dan hubungan ini terus berlangsung hingga saat ini saya menjadi Gubernur,” ungkap Nurdin.

 Untuk itu, ia berharap hubungan kerja sama dapat semakin erat, utamanya pada peningkatan kerja sama di bidang kesehatan.

Untuk menjaga ketahanan ekonomi, pemerintah melalui Jaring Pengaman Sosial telah memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19, seperti pekerja yang dirumahkan, korban PHK, masyarakat miskin dan masyarakat yang tidak dapat beraktifitas karena adanya pembatasan.

“Inovasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam penanganan dan pencegahan penyebaran wabah, melalui ‘wisata Covid-19’ yaitu suatu program kerjasama dengan sejumlah hotel untuk menerapkan isolasi mandiri sebagai tempat karantina bagi Orang Dalam Pemantauan, Pasien Dalam Perawatan, dan Orang Tanpa Gejala. Ini untuk memudahkan pengawasan dan meminimalisir penyebaran serta tetap menghidupkan sektor perekonomian,” sambung Prof Nurdin.

Usai pembukaan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber.

Mafumi Okimoto MD menyampaikan materi terkait “Succesful Management Of Covid-19 Clusters In Hiroshima”.

Mafumi menjelaskan bahwa strategi Jepang untuk Covid-19 berfokus pada pendekatan berbasis kluster dan karakteristik yang ditentukan dari bentuk transmisi.

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 300 peserta berlangsung lancar hingga berakhirnya acara.(*/FP)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

OPINI : Kasus Covid Meningkat, Akibat Pelonggaran Kebijakan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemerintah mengatakan anggaran kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang sebesar Rp 87,55 triliun tidak akan bertambah hingga akhir tahun walaupun kasus...

Penulis Novel Kelahiran Sidrap Serahkan Karyanya ke Perpustakaan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lewat chat WhatsApp, penulis novel S. Gegge Mappangewa mengabarkan kepada Tulus Wulan Juni Pustakawan Makassar akan mengirimkan bukti terbit...

Sebulan Dikepung Banjir, Warga Kelurahan Tempe Mulai Mengeluhkan Kurangnya Air Bersih

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ratusan orang terpaksa meninggalkan rumah-rumah dan lahan-lahan pertanian mereka untuk menghindari banjir di Kabupaten Wajo. Pihak berwenang memerintahkan warga...

Lantamal VI Gelar LDD SIMAK BMN T.A 2020

Makassar, FAJARPENDIDIDKAN.co.id - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) gelar Latihan Dalam Dinas (LDD) Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik...

Cegah Covid-19, Sejumlah Ruang Pertemuan di Mapolres Bone Disemprot Disinfektan

Bone, Fajarpendidikan.co.id- Polres Bone melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah ruang pertemuan kantor, Senin (13/07/2020). Sejumlah tempat yang dilakukan penyemprotan...

REKOMENDASI