- Advertisement -

Opini Hari Guru oleh Ketua Umum Agupena Indonesia

Serangkaian kegiatan di Hari Guru Tahun 2022 dan Harlah 16 Tahun Organisasi Profesi Guru yang lahir dari para pemenang sayembara bahan bacaan 28 Nov 2006 (16 tahun) yang silam.

Dimana Tokoh Nasional yangg kala itu menjabat Direktur PMPTK Prof Fasli Jalal Phd (mantan wamendiknas Era Mendiknas Muh Nur ) dan para perintis tokoh mulia lahirnya organisasi guru ini sangat berjasa dalam lahirnya Agupena di Republik Indonesia.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Periodisasi 15 tahun Organisasi Agupena ini adalah jalan panjang dan sekaligus peluang dan tantangan yang dinahkodai oleh para guru yang berdedikasi dan ikhlas mewakafkan waktunya untuk roda kebesaran dan kejayaan Agupena baik masa lalu, sekarang dan akan datang.

Diantara Guru Mulia dan Berintegritas tersebut:
Ketum 1 Alm Ahyar Chalil (Guru SMK Jakarta)
Ketum 2 Naijan Lengkong MPd (Guru Sejarah di SMAN 12 Tangerang Selatan)
Ketum 3 M Ardy Ali (Guru Sosiologi Di SMA Negeri Khusus Keberbakatan olahraga Prov.SulSel)

Ketiga nahkoda Agupena Indonesia ini adalah Abdi Negara (ASN) yang bertugas sebagai guru di satuan pendidikan SMK/SMA yang memiliki kharismatik dan style memimpin organisasi guru penulis ini.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hari Guru menurut Ketua Umum Agupena Pusat ke 3 yang berdarah Makassar-Bugis ini mendedikasikan dirinya.

Pertama kalinya Agupena di Tanah SulSel sejak 2013 – Sekarang ( 9 thn) sampai sekarang ia mendapatkan surat tugas dari Ketum Ke 2 sampai dirinya terpilih secara musyawarah mufakat melalui Munas 3 (Periode 2021-2026) yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Wilayah Agupena SulSel 2 periode (2015-2021).

Adapun Tema yang diusung organisasi Profesi Guru AGUPENA se Indonesia pada Perhelatan Hari Guru Nasional tahun 2022 yg jatuh pada Jumat 25 Nov 2022 yaitu: Muliakan GURU, GEMA (Gerakan menulis Mulia Agupena), dan Bangkit- Produktif-Berjaya.

Tiga poin inilah yang menjadi transpformasi Agupena dalam menggiatkan dan menggerakkan serta mencerahkan Organisasi Agupena yang dipimpinnya untuk kalangan masyarakat pendidikan tahun 2022-2023.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Bekerja dengan spirit, speed inovatif, kolaboratif sinergitas tanpa pamrih” itulah style ketum 3 agupena ini.

Di Tahun pertama Agupena periodisasi ke 3 ( 2021-2026) dibawah Kepemimpinan M Ardy Ali, S Sos MM yang juga lulusan terbaik Unhas 2003 dan FIP UNM tahun 2005 (Cumlaude) serta Alumni UNIPRA Surabaya Jawa Timur 2011 magister manajemen pendidikan.

Telah secara nyata berkiprah bersama Pengurus DPP AGUPENA 2021-2026 dan membuktikan kinerjanya bersama Pengurus DPP Agupena 2021-2026 diantaranya:

Selama 15 tahun Agupena telah melahirkan atribut/perangjat baru organisasi yang menghimpun peminat guru2 penulis/GTK/Penggiat literasi ini dengan Menciptakan Batik Nasional yang dipesan khusus di Jateng, Mars Agupena Indonesia yang Syairnya diciptakan langsung oleh Budayawan dan Sastrawan Sulawesi Barat Dr Srimudikawati dan Sahabuddin Maghanna; NRA (Nomor register anggota) kerjasama Bank BRI Makassar dimana NRA tersebut memiliki Dwifungsi pembayaran yaitu: kartu tanda anggota plus pembayaran elektronik yang bisa dipakai di seluruh Indonesia.

Selain itu disisi Gerakan Menulis Ketum Juga mencetuskan Ide: pLatform GEMA yang merupakan singkatan dari Gerakan Menulis Mulia Agupena dengan indikator gerakan mengajak GTK dan Seluruh lapisan profesi untuk star menulis dan menerbitkan tulisan/Buku.

BACA JUGA:  OPINI : Banjir Lagi

capaian ini telah diselenggarakan dalam bentuk Kegiatan seminar dan lokakarya baik offline maupun online, Yang mana Penggiatan spirit calon penulis pemula, penulis lanjutan dan penulis Profesional/Mahir mewarnai starting Platfom GEMA Ini.

kegiatan yg telah direalisasikan: Gema 1 Agupena DKI Jakarta; Gema 2 Agupena Jawa Tengah; Gema 3 Agupena SulSel dan Rencana Berikutnya Gema 4 Agupena SulBar dan seterusnya sebagai program nasional Agupena di 34 Provinsi di Indonesia.

Produk tulisan dan buku dari platfom nasional Agupena ini diharapkan menunjukkan kebangkitan; produktifitas dan Kejayaan dalam kiprah Agupena di DPP DPW DPC Se Indonesia. “Harapnya kepada Awak media ini & Stakeholder”

Lebih lanjut Ketua Umum Agupena Pusat M Ardy Ali yang juga CGP Angkatan 5 (Juni s.d Des 2022) Kemdikbud; Guru Pamong Universitas Negeri Makassar (UNM) PPG Daljab & Mantan kepsek berprestasi kota Makassar tahun 2015 serta Owner Rumah BacaTulis Qur’an Al AHD Ini.

Memberikan Statement harapan di hari Guru dan Hari Jadi Agupena Ke 16 tahun 2022 diantaranya:

Dimanapun dan dalam kapasitas Apapun kita Mari muliakan Guru di setiap Ruang dan waktu.
Kalimat ini merupakan representatitif bahwa GURU (di gugu dan di ditiru) Tidak serta merta Adalah seorang yg Berdiri di depan kelas murid murid.

Namun Lebih Luas saya memaknai guru itu adalah orang orang yg Telah Memberikan benih benih kebajikan dan nilai positif dalam hidup kita sehingga kita mampu membaca, menulis, menghitung, Menghargai,Menghormati dan Bersyukur atas Semua nikmat Dari Sang Pencipta semesta.

Guru disini saya memaknainya yaitu Orang Tua Kita, Saudara; Teman; kerabat; & Orang orang yg telah mengisi, berjasa atas Aktivitas/rutinitas kita dalam menjalani profesi kita masing masing.

Contoh: Konkritnya : Guru Mengaji ; Beliau satu diantara guru yang sangat berjasa dalam hidup kita mengajarkan Huruf hijjayah sampai kita bisa baca tulis al qur”an dan mengamalkannya.

Sopir Pete-Pete (Angkot) beliau Guru Motorik Kita, beliau yg berjasa mengantarkan kita menuju Bangku sekolah menerima pembelajaran dari bapak ibu guru kita disekolah
Pagi siang bahkan malam kita terus diasa potensi yang berbeda beda dimana awalnya kita tidak ampuh dengan belajar diruang kelas akhirnya kita miliki pengetahuan; attitude; skill; dari tdk bisa menjadi bisa mengekplore diri kita berkat pengajaran dan pembimbingan serta pembinaan guru guru kita di sekolah.

Selain kedua kategori Guru Diatas, Guru yang paling amat berjasa adalah Guru Spiritual Hati dan karakter kita yg tak lain adalah Orang tua yg melahirkan Kita.

Beliaulah pelita yang sangat berjasa merawat, menjaga, membesarkan, menyekolahkan dan Mendoakan segala Aktivitas kita tanpa pamrih dan Hitung hitungan

Dan banyak lagi guru guru yang telah menjadi Mozaik dalam kehidupan kita sejak kecil sampai sekarang.

Maka Tidaklah heran jika Di Hari Guru ini Kita senantiasa Mengenang Hymne Guru yang diawali dengan kalimat: “Terpujilah wahai engkau Ibu bapak guru Namamu akan selalu hidup dalam Sanubariku”.

BACA JUGA:  Menanti Regulasi Kontra LGBT

Kalimat sakral terpuji; namamu (guru paud; tk, sd, smp. sma, smk sederjat; Kuliah). Selalu hidup dalam sanubari kita semua karena guru itulah yang menggerakkan pikiran, hati, karakter kemanuasiaan & tata cara kita survive di lingkungan.

Sehingga kita memberikan prasasti atas jasa jasanya yang tidak bisa di nilai dengan materi.
Begitulah seabrak perenungan dan aktualisasi terima kasih kita kepada guru guru kita dimanapun mereka berada maka muliakanlah mereka semua dengan Cara / style kita masing-masing.

Misalnya : ada pengusaha muda mencari Guru Paud/TK/RA nya untuk mengumrohkannya dll.

Aktualisasi DPP Agupena Indonesia dihari Guru tahun 2022 membuat serangkaian Kegiatan diantaranya: Dialog santai pengurus agupena se Indonesia dengan mengusung tema : “16 Tahun Agupena & Kiprah Simpul pena Memanggil Bhaktimu kawan” yang di helat secara Virtual zoom untuk kalangan Pengurus agupena dan masyarakat luas.

Untuk Aksi nyata Hari guru telah Bekerja Secara Nyata bidang PPP (Pelatihan Pendidikan dan Penulisan) membimbing teman teman seluruh indonesia membangkitkan atmosfir menulis dan menerbitkan Tulisan serta membukukannya sebagai tolak ukur produktifitas organisasi kami.

GEMA#3 juga akan di Helat secara Tatap Muka pada Minggu, 4 Desember 2022 di Baruga angin mammiri kota makassar yg akan menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar H.Muhyiddin.MM, Dr. A.Ihsan.M.Pd (kepala penerbitan kampus UNM), M.Ardy Ali (Ketum agupena Pusat) dan M.Arif sikki.Penulis Buku sejarah dibalik nama jalan dikota makassar yg juga guru UPT.SMA.Negeri 2 Makassar.

Kegiatan ini di Support langsung oleh Pemerintah Kota Makassar dan dukungan Moril Dari Kadis Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Dr.Setiawan. yang telah secara nyata hadir di Event Harlah Ke 13 di LPMP SulSel lalu sejak beliau menjabat Sekretaris Disdik Era Kadisdik Bapak Irman Yasin Limpo.SH

Berbagai Mitra sinergitas Agupena dimanapun berada sangat mensupport akselerasi Agupena di SulSel dan di Indonesia karena Organisasi profesi guru ini tidak
Banyak bicara namun banyak karya nyatanya.

Sebagai penutup Ketum Agupena indonesia periode 2021-2026 M.Ardy Ali.S.Sos.MM memberikan kalimat spirit diseluruh jajarannya di nusantara:

Guru adalah pelita kehidupan maka Hargai dan muliakanlah mereka dengan style apresiasi kita masing masing; & Sebagai Pemegang amanah Organisasi Agupena di kab/Kota/ Provinsi yang telah Di Berikan Tuhan kepada Kita semua maka jalankanlah, Tunaikanlah Amanah tsb dengan penuh tanggung jawab karena itu yang akan mengantarkan kita menuai kemuliaan dan menyemai amal jariah dalam bingkai Kebahagiaan dunia akhirat Insya Allah”. Kunci ardy.

SELAMAT HARI GURU 25 NOV 2022 dan SELAMAT HARI JADI ORPROF AGUPENA KE-16 Tahun.# Bangkit-Produktif-Jaya.

Semoga Tuhan memberkati dan meridhoi derap langkah kita semua. Aamiin YRA. Dan Terima kasihku kepada para pendiri pejuang Agupena serta Stakeholder/Mitra kerja agupena selama ini semoga Tuhan membalasnya dengan bajikan dan kemuliaan.

Jumat 25 November 2022
Dari kota Makkassar Provinsi Sulawesi Selatan
DPP AGUPENA INDONESIA 2021-2026.

Bagikan

BACA JUGA:

OPINI : The Real Impostor Negara Dan Suara Masyarakat

FAJARPEBDIDIKAN.co.id - Awal mulanya Omnibus Law menyuarakan tentang kenaikan gaji,pengurangan jam kerja dan semakin banyaknya lapangan kerja. Padahal realitanya Omnibus law menjadi petaka bagi...

Louis Vuitton From Tangerang Banten

Tangerang, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Heboh baru di tengah pandemi Covid19 : Anggota DPRD Kota Tanggerang mendapat seragam berbahan merek terkenal Louis Vuitton. Di tengah kesulitan masyarakat...

UAS, Islamofobia, dan Telaah Natsir 

Masalah deportasi Udstadz Somad oleh Pemerintah Singapura, salah satu bukti memang ada  Islamofobia ? Jika tak ada, Ustadz Abdul Somad (UAS) tak akan ditolak...

Batu Ganjar

UNTUNG ada Kiai Imam Azis. Dari keterangan beliau itulah kronologi ''Kasus Wadas'' terungkap sangat rinci. Kronologi itu dimuat di nu.or.id. Sejak itu perang antara...

OPINI : Pendidikan Sampai Sarjana, Sudah Cukupkah?

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pendidikan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan pendidikan orang belajar dan menemukan ha-hal baru yang tidak pernah...

POPULER

7 Hal Menarik dari Pria, Bisa Membuat Wanita Tertarik

Pria tak seharusnya berpikir ribet soal gimana caranya PDKT pada perempuan. Hal-hal sederhana dan terlihat biasa berikut justru yang bikin wanita tertarik pada Anda. Apa sih yang...