Beranda blog Halaman 2855

10 Hikmah Puasa dan Manfaatnya, Salah Satunya Melatih Disiplin Waktu

0

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Hikmah puasa dan manfaatnya sangat berhubungan erat dengan amalan puasa yang dijalani oleh umat muslim. Amalan puasa bukan hanya menahan rasa lapar dan dahaga saja, melainkan juga dalam melaksanakan ibadah Ramadan lainnya seperti bersedekah, iktikaf, silahturahmi, menjauhi dari perbuatan haram, dan sebagainya.

Agar dapat menyempurnakan ibadah puasa Ramadan amalkal beberapa hikmah puasa dan manfaatnya, yang dirangkum berikut ini.

1. Melatih Disiplin Waktu

Hal ini dilakukan agar puasa tetap fit dan kuat di siang hari. Maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup membuat seseorang yang menjalani puasanya lebih teratur dan lancar dalam berpuasa. Selain itu melakukan sahur juga bermanfaat untuk melatih kebiasaan bangun lebih pagi dan mendapatkan rejeki.

2. Mempererat Silahturahmi

Suasana menjalin silahturahmi sangat terasa erat saat Ramadan. Hal ini terlihat dari masjid/ orang yang memberikan tajil buka puasa gratis. Selain itu juga dapat dilakukan dengan sholat bersama di masjid, memberi ilmu islam, dan mendengarkan ceramah maupun diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid.

3. Keseimbangan dalam Hidup

Keseimbangan dalam hidup dapat diraih dengan beribadah. Pada bulan puasa ini, manusia dilatih agar kembali mengingat dan melaksanakan semua kewajiban tersebut dengan jaminan pahala yang dilipatgandakan.

4. Ibadah Memiliki Tujuan

Hikmah puasa dan manfaatnya yang kelima adalah mengetahui bahwa berpuasa memiliki tujuan. Tujuan puasa adalah melatih diri manusia agar dapat menghindari dosa-dosa di hari lain saat di luar bulan Ramadan. Jika tujuan tersebut tercapai maka puasa dapat berhasil. Tetapi jika tujuan tersebut gagal maka puasa tersebut tidak memiliki arti apa-apa. Jika beribadah dengan berorientasi pada tujuan maka akan mudah dalam melakukan segala macam ibadah.

5. Peduli Terhadap Sesama

Dalam Islam rasa persaudaraan akan lebih terasa saat bulan Ramadan. Banyak orang yang bersedekah dengan memberikan tajil berbuka puasa secara gratis. Selain itu sholat bersama di masjid dan saling bahu membahu dalam melaksanakan kegiatan keagamaan.

6. Tiap Kegiatan Mulia Merupakan Ibadah

Pergi ke Masjid untuk beribadah, menolong orang, berbuat adil kepada manusia, tersenyum kepada saudara, hingga tidurnya orang puasa merupakan ibadah. Segala sesuatu yang dilakukan dengan kebaikan adalah ibadah. Semua kebaikan dapat bernilai ibadah.

7. Berhati-hati dalam Berbuat

Hikmah puasa dan manfaatnya selanjutnya adalah melatih agar berhati-hati dalam berbuat. Puasa Ramadan akan menjadi sempurna apabila manusia menjauhi perbuatan haram yang dapat dilihat, didengar, dan diucapkan. Latihan ini dapat menimbulkan kemajuan positif bagi manusia yang menjalaninya saat Ramadhan. Juga dapat berguna diterapkan saat diluar Ramadhan. Dengan itu kita akan terbiasa menghindari dosa seperti bergunjing, berkata kotor, berbohong, memandang yang dapat menimbulkan dosa, dan lain sebagainya.

8. Melatih Manusia Agar Lebih Tabah

Dalam berpuasa manusia dilatih untuk menahan yang tidak baik dilakukan. Misalnya marah-marah, suudzon, dan dianjurkan untuk melatih kesabaran atas segala perbuatan orang lain kepada kita.

9. Menjadi Banyak Bersyukur

dengan makan yang dilakukan saat berbuka, umat muslim dilatih untuk mensyukuri nikmat yang dimiliki saat tidak berpuasa. Sehingga manusia dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah mensyukuri nikmat Allah SWT.

10. Melatih Hidup Sederhana

Saat berbuka puasa, manusia dianjurkan untuk sedikit makan dan perbanyak minum. Dengan pola makan hanya memakan tiga butir kurma dan minum air putih dapat bermanfaat untuk kesehatan. (*)

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Tekan Dampak Sosial Negatif

0

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Dikutif dari lama Kemendikbud Ri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, pada pengumuman Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbud, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Agama (Menag) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Selasa (30/3) menjelaskan bahwa prinsip yang menjadi pertimbangan utama dalam penyelenggaraan pendidikan selama pandemi Covid-19 adalah kesehatan dan keselamatan serta tumbuh kembang dan hak anak.

Mendikbud menyampaikan terima kasih kepada warga satuan pendidikan yang terus bahu membahu memastikan prinsip tersebut dijunjung di tengah begitu banyaknya tantangan. “Salah satu tantangan terbesar adalah murid tidak bisa ke sekolah untuk berinteraksi dengan teman-teman sebayanya dan guru mereka. Manfaat pembelajaran tatap muka pada kenyataannya memang sulit untuk digantikan dengan pembelajaran jarak jauh,” terang Nadiem.

Untuk diketahui, Indonesia adalah satu dari empat negara di kawasan timur Asia dan Pasifik yang belum melakukan pembelajaran tatap muka secara penuh. Sementara 23 negara lainnya sudah. UNICEF menyebut bahwa anak-anak yang tidak dapat mengakses sekolah secara langsung semakin tertinggal dan dampak terbesar dirasakan oleh anak-anak yang paling termarjinalisasi.

“85% negara di Asia Timur dan Pasifik telah melakukan pembelajaran tatap muka secara penuh. Berdasarkan kajian UNICEF, pemimpin dunia diimbau agar berupaya semaksimal mungkin agar sekolah tetap buka atau memprioritaskan agar sekolah yang masih tutup dapat dibuka kembali,” ungkap Mendikbud.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim

Sejak Juli 2020, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan sebagai bagian dari upaya menekan dampak negatif yang berkepanjangan akibat tidak terjadinya pembelajaran tatap muka. Kebijakan tersebut antara lain (1) SKB Empat Menteri yang mengatur penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan syarat hanya untuk zona hijau; (2) SKB Empat Menteri yang mengatur penyelenggaraan PTM dengan syarat hanya untuk zona hijau dan kuning; serta (3) penyesuaian SKB Empat Menteri yang memperbolehkan PTM bagi satuan pendidikan yang memenuhi semua syarat berjenjang jika telah mendapat izin dari pemerintah daerah, tanpa melihat zonasi.

SKB Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang diumumkan Selasa (30/3) menyatakan bahwa setelah pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di satuan pendidikan divaksinasi Covid-19 secara lengkap, pemerintah pusat/pemerintah daerah kantor/kantor wilayah Kemenag mewajibkan satuan pendidikan untuk (1) memberikan layanan PTM terbatas; dan (2) memberikan layanan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Namun demikian, satuan pendidikan yang sudah ataupun dalam proses melakukan PTM terbatas walaupun PTK-nya belum divaksinasi tetap diperbolehkan melakukan PTM terbatas selama mengikuti protokol kesehatan dan sesuai izin pemerintah daerah.

Mendukung diterbitkannya SKB Empat Menteri, Wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian menyampaikan, “Pembelajaran jarak jauh yang berkepanjangan sudah banyak dampak negatifnya. Antara lain, kesenjangan hasil belajar, banyak anak-anak yang mulai putus sekolah, dimana mereka bekerja atau menikah di usia dini”.

Senada dengan Hetifah, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf mendukung untuk segera dilaksanakan PTM terbatas. Dede Yusuf mengatakan, “proses belajar mengajar secara tatap muka menjadi penting untuk menghindari learning loss. Kondisi ketika anak-anak kita akhirnya lebih banyak bermain online, tidur di rumah atau hanya mendengarkan guru tanpa memperhatikan harus kita hadapi dan harus kita ubah”.

The World Bank melansir, penutupan sekolah di seluruh dunia diperkirakan dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan seumur hidup dari generasi yang saat ini berada di usia sekolah sebesar paling tidak US$10 triliun. World Health Organization juga menyatakan bahwa penutupan sekolah memiliki dampak negatif bagi perkembangan kesehatan, pendidikan, pendapatan keluarga, dan perekonomian secara keseluruhan.

Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta, Ki Saur Panjaitan, mengakui tujuan pendidikan akan sulit dicapai jika pembelajaran tatap muka tidak segera dilakukan. “Kita khawatir sekali akan kehilangan satu generasi. Pembelajaran tatap muka terbatas sebaiknya bisa kita jalankan dengan mengedepankan protokol kesehatan,” pesannya.

Unduh Buku Saku FAQ PTM Terbatas di sini.


(KEMENDIKBUD RI)

Raker Seluruh Kades Kabupaten Barru di Ruang Kerja Bupati Barru

0

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bupati Barru Ir H.Suardi Saleh dan Wakil Bupati Barru Aska Mappe mengumpulkan Kepala Desa se Kabupaten Barru melalui rapat koordinasi di ruang kerja Bupati Barru ,Kamis 14 April 2021.

Hadir dalam kesempatan itu,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, PPKB dan PPPA Kabupaten Barru Jamaluddin S.Sos

Ini yang pertama kali kita bertemu dengan Kepala Desa sejak kami dengan Pak Aska dilantik.

Semoga kita tetap dalam keadaan sehat Wal Afiat,kata Bupati Barru H.Suardi Saleh.

Melalui Rapat Koordinasi ini berkaitan untuk meminta Kepala Desa melaporkan perkembangan dan capaian kinerja terhadap kondisi wilayahnya.

Menurut Bupati Barru kepala Desa memiliki kewajiban memberikan pelayanan maksimal terhadap warga sama seperti Bupati dan Wakil Bupati Barru setelah terpilih wajib menjalankan amanah sebagai kepala Daerah.

Bupati Barru dalam hal ini mengajak Kepala Desa agar memanfaatkan waktu dengan baik selama mengembang amanah itu.

Jabatan itu sementara ,akan hilang pada suatu waktu nanti.

“Kita suatu waktu akan rindu dengan jabatan kita yang ada sekarang setelah kita tidak menjabat,” ucap Suardi Saleh mengingatkan

Selain itu ,Suardi Saleh mengajak Kepala Desa agar tetap proaktif mengedukasi masyarakat dalam memutus mata rantai Covid 19 dengan patuh protokol kesehatan

Pantau langsung Peserta UTBK-SBMPTN Disabilitas, Rektor : Yang Ingin Belajar Tidak Boleh di Bedakan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id -Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Kompetensi untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 di Universitas Negeri Makassar (UNM) memasuki hari keempat, Kamis (15/4/2021).

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN hari keempat juga ini diikuti oleh tujuh orang penyandang disabilitas. Tujuh penyandang disabilitas yang ikut tes UTBK-SBMPTN di UNM adalah tuna netra.

Dalam pelaksanaan ujiannya, setiap peserta disabilitas ini ditemani oleh satu orang pengawas yang juga bertugas sebagai pembimbing, Pelaksanaan ujian sendiri berlangsung di Fakultas Ekonomi & Bisnis, Jurusan Manajemen.

Rektor UNM Prof Husain Syam mengatakan setiap tahunnya ada pendaftar dari kalangan disabilitas. Terlebih di UNM sendiri kata dia memiliki jurusan pendidikan luar biasa yang memang didalamnya biasa ada mahasiswa Disabilitas.

“Semua warga negara yang berkeinginan untuk mengeyam pendidikan tinggi tidak boleh dibedakan. Untuk yang berkebutuhan khusus kami berikan semaksimalnya,” katanya didampingi oleh Penanggung jawab UTBK-SBMPTN UNM Prof Hasnawi Haris.

Ia mengatakan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN untuk disabilitas ini berjalan sesuai semestinya.

Diketahui UNM akan melaksanakan UTBK-SBMPTN sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama digelar 12-18 April dan gelombang kedua 26 April-2 Mei 2021.

Tahun ini sendiri orang yang mendaftar dan melaksanakan ujian di UNM bertambah sebanyak 2500. Total pendaftar di UNM tahun ini sebanyak 15,886.

Cerita Nabi: Kisah Nabi Luth AS Diutus Allah SWT untuk Sadarkan Kaum Sodom

0

FAJARPENDIDKAN.co.id-Ia diutus untuk menyadarkan perbuatan kaum Sodom yang penuh kemaksiatan.

Allah SWT berfirman dalam QS Al-A’raf ayat 80 sebagai berikut,

وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِۦٓ أَتَأْتُونَ ٱلْفَٰحِشَةَ مَا سَبَقَكُم بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِّنَ ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya:” Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu?”

Menurut tafsir al-Azhar (jilid 2), faashisyah merupakan perbuatan keji atau nista. Sebagian besar ulama tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud perbuatan keji pada ayat tersebut adalah berzina sesama jenis. Laki-laki dengan laki-laki dan perempuan dengan perempuan. Dalam bahasa lain disebut dengan homoseksual.


Kehidupan Kaum Sodom

Kebiasaan buruk yang dilakukan kaum Sodom belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka adalah kaum yang pertama kali menyukai sesama jenis.

Dikisahkan dalam buku Kisah 25 Nabi dan Rasul karangan Muchtam, kaum Sodom adalah kaum yang menyimpang. Dalam kesehariannya, mereka biasa merampok, menganiaya, dan berbuat jahat.

Selain itu, mereka juga menyukai sesama jenis. Bahkan, kerapkali mereka berbuat kekerasan kepada setiap pendatang yang tidak mau diajak memuaskan nafsunya.

Kebiasaan kaum Sodom ini diceritakan dalam Q.S Al-A’raf ayat 81 yang berbunyi,

إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ ٱلرِّجَالَ شَهْوَةً مِّن دُونِ ٱلنِّسَآءِ ۚ بَلْ أَنتُمْ قَوْمٌ مُّسْرِفُونَ

Artinya: “Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas.”

Laknat Allah SWT terhadap Kaum Sodom

Setiap berjumpa kepada kaumnya, Nabi Luth AS senantiasa mengingatkan dan mengajak mereka untuk meninggalkan perbuatan kejinya itu. Ia juga mengajak untuk menyembah Allah SWT.

Kaum Sodom bukan mendengarkannya melainkan mengusir Nabi Luth dan para pengikutnya. Mereka menganggap Nabi Luth AS hanya orang-orang yang berpura-pura mensucikan diri saja.

Hal ini diceritakan dalam QS Al-A’raf ayat 82,

وَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهِۦٓ إِلَّآ أَن قَالُوٓا۟ أَخْرِجُوهُم مِّن قَرْيَتِكُمْ ۖ إِنَّهُمْ أُنَاسٌ يَتَطَهَّرُونَ

Artinya: “Jawab kaumnya tidak lain hanya mengatakan: “Usirlah mereka (Luth dan pengikut-pengikutnya) dari kotamu ini; sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berpura-pura mensucikan diri.”

Nabi Luth AS kemudian berdoa kepada Allah SWT untuk menimpakan azab atas perbuatan yang dilakukan kaum yang mendustakannya. Allah SWT berfirman dalam QS Al-Ankabut ayat 30:

قَالَ رَبِّ ٱنصُرْنِى عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْمُفْسِدِينَ

Artinya: “Luth berdoa: “Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu.”

Allah SWT menimpakan azab kepada penduduk di kota itu termasuk kepada istri Nabi Luth AS. Ia termasuk orang yang tertimpa azab-Nya karena mendustakan Nabi Luth AS dan tetap mengikuti kebiasaan buruk kaum Sodom.

Seperti diceritakan dalam buku Hikmah Kisah Nabi dan Rasul karangan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri, pada tengah malam atas petunjuk dari malaikat utusan Allah SWT, Nabi Luth beserta dua putrinya dan para pengikutnya meninggalkan kota Sodom. Ia turut mengajak istrinya, namun istrinya tetap bersama kaum Sodom yang tidak mau mengikutinya.

Pada saat fajar tiba, turunnlah azab Allah SWT. Terjadilah gempa bumi dahsyat disertai angin dan hujan batu yang menghancurkan kota Sodom beserta seluruh penghuninya.

Turunnya azab Allah SWT kepada kaum yang dilaknat-Nya tercantum dalam QS Al-Ankabut ayat 33-34.

وَلَمَّآ أَن جَآءَتْ رُسُلُنَا لُوطًا سِىٓءَ بِهِمْ وَضَاقَ بِهِمْ ذَرْعًا وَقَالُوا۟ لَا تَخَفْ وَلَا تَحْزَنْ ۖ إِنَّا مُنَجُّوكَ وَأَهْلَكَ إِلَّا ٱمْرَأَتَكَ كَانَتْ مِنَ ٱلْغَٰبِرِينَ

Artinya: “Dan tatkala datang utusan-utusan Kami (para malaikat) itu kepada Luth, dia merasa susah karena (kedatangan) mereka, dan (merasa) tidak punya kekuatan untuk melindungi mereka dan mereka berkata: “Janganlah kamu takut dan jangan (pula) susah. Sesungguhnya kami akan menyelamatkan kamu dan pengikut-pengikutmu, kecuali istrimu, dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).” (Q.S Al-Ankabut: 33)

إِنَّا مُنزِلُونَ عَلَىٰٓ أَهْلِ هَٰذِهِ ٱلْقَرْيَةِ رِجْزًا مِّنَ ٱلسَّمَآءِ بِمَا كَانُوا۟ يَفْسُقُونَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami akan menurunkan azab dari langit atas penduduk kota ini karena mereka berbuat fasik.” (Q.S Al-Ankabut: 34)

Sahabat hikmah, hal yang dapat kita petik dari kisah Nabi Luth AS adalah betapa besar azab Allah SWT untuk orang-orang yang mendustakan Rasulnya. Untuk itu, sudah sepatutnya kita tinggalkan larangan-Nya dan mendekatkan diri pada-Nya. (*)

Pluim Tiba, Akankah Dimainkan Dalam Duel Lawan Persija Hari Ini?

0

FAJARPENDIDIKAN.co.id-William Pluim sudah tiba di Indonesia namun PSM Makassar tidak bisa memainkannya dalam duel lawan Persija Jakarta di semifinal Piala Menpora.

Pelatih PSM Syamsuddin Batola menyatakan Pluim sudah tiba di Indonesia, namun tak bakal jadi tambahan kekuatan bagi PSM di Piala Menpora 2021.

“Pluim memang masih milik PSM. Namun masih butuh proses karena dia harus karantina. Dia memang [juga] tidak kita daftar,” ucap Syamsuddin dikutip dari Antara.

Dengan ketidakhadiran Pluim, PSM dipastikan bakal kembali menurunkan pemain-pemain lokal di laga lawan Persija. Kapten Zulkifli Syukur justru menganggap hal tersebut sebagai kesempatan emas bagi para pemain.

Menurut Zulkifli, pemain-pemain yang tampil baik di Piala Menpora punya kesempatan untuk jadi pemain reguler ketika Liga 1 sudah berjalan.

“Inilah kesempatan buat para pemain lokal yang dipilih oleh pelatih di Piala Menpora ini untuk menunjukkan kualitas mereka.”

“Karena dengan menunjukkan kualitas mereka di turnamen ini, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan dipersiapkan untuk lanjutan Liga 1 musim ini,” ucap Zulkifli.

PSM lolos ke babak semifinal setelah menang adu penalti lawan PSIS Semarang. Dalam drama adu penalti, PSM menang 4-2.

Di babak semifinal, PSM bakal berduel lawan Persija. Berbeda di babak sebelumnya, laga semifinal bakal memanggungkan duel dengan format dua leg.

Duel pertama berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Kamis (15/4) sedangkan duel kedua bakal dimainkan di Stadion Manahan tiga hari kemudian. (*)

Siap-siap, 75 Ribu Guru Akan Dilatih TIK 2021

0

FAJARPENDIDKAN.co.id-“Tahun ini kami menargetkan 75 ribu [guru] untuk mengikuti program bimbingan teknis [TIK],” tutur Nadiem dalam acara yang disiarkan langsung di Youtube Kemendikbud RI, Kamis (15/4).

Nadiem menjelaskan guru yang mengikuti pelatihan akan melalui empat tahapan pengembangan TIK. Pada tingkat pertama guru bakal belajar terkait literasi TIK, kedua implementasi TIK, ketiga kreasi TIK dan keempat berbagi dan berkolaborasi menghasilkan materi belajar dengan TIK.

Pentingnya pelatihan guru Menurut Nadiem, TIK dibuktikan ketika pandemi Covid-19 berdampak pada pendidikan dan membatasi pembelajaran tatap muka.

Dan meskipun saat ini sekolah sudah bersiap melakukan pembelajaran tatap muka, kata dia, guru masih dituntut menyediakan pendidikan jarak jauh secara luring atau daring, sehingga literasi digital penting dimiliki guru.

Namun di luar itu, Nadiem menekankan ketangkasan dalam memahami teknologi menjadi kriteria penting yang dia cari pada Guru Penggerak.

Diketahui, Guru Penggerak adalah program pelatihan guru besutan Nadiem yang dapat mempercepat jalur guru menjadi kepala sekolah.

“Guru yang memiliki kemampuan untuk memaksimalkan potensi diri dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran merupakan salah satu kriteria terpenting guru penggerak,” lanjut dia.

Kemendikbud mencatat tahun 2020 terdapat 70 ribu guru yang dilatih TIK.

“Output Pembatik (Pelatihan Berbasis TIK) ini adalah terlatihnya guru-guru Indonesia dalam pemanfaatan Iptek dalam pembelajaran. Itu juga berarti guru-guru kita dapat memanfaatkan Iptek dalam mendidik para anak didik,” ucap Ainun, sekertaris jendral Kemendikbud.

Mayoritas sekolah terpaksa ditutup selama setahun lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Selama itu, sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh berbasis daring.

Namun pelbagai survei maupun pantauan pihak terkait di dunia pendidikan menemukan masih banyak kendala dalam PJJ. Selain perkara kekurangan fasilitas dan jaringan internet, kemampuan guru juga menjadi persoalan.

Pada sejumlah sekolah, pembelajaran daring terbatas hanya menggunakan jejaring Whatsapp atau aplikasi percakapan lainnya. Alasannya ada yang karena kesulitan jaringan, namun juga ada yang karena keterbatasan literasi digital.

Semua sekolah pada Juli 2021 sendiri targetkan menyediakan dua opsi pembelajaran, yakni belajar tatap muka dan pembelajaran jarak jauh dengan metode daring atau luring. (Kemendikbud RI)

Kisah Abu Bakar Ash-Shiddiq, Khulafaur Rasyidin Pertama

0

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Abu Bakar Ash-Shiddiq menjadi khalifah pada periode 632-634 Masehi atau 11-13 Hijriah di Madinah.

Abu Bakar Ash-Shiddiq memiliki nama asli Abdulllah bin Utsman atau Abu Quhafah. Nabi Muhammad memberi gelar Abu Bakar dengan Ash-shiddiq karena sifat benar. Abu Bakar selalu berkata benar. Dia membenarkan apa yang dilakukan dan dikatakan oleh Nabi Muhammad.

Jauh sebelum menjadi khalifah, Abu Bakar sudah lebih dulu bersahabat dengan Muhammad yakni sejak remaja. Abu Bakar hanya memiliki perbedaan usia dua tahun dengan Nabi Muhammad. Abu Bakar remaja dikenal memiliki sifat yang sabar, cerdas, lembut, serta jujur.

Kedekatan itu membuat Abu Bakar dikenal sebagai sahabat utama Nabi Muhammad SAW. Abu Bakar juga termasuk orang pertama yang masuk Islam atau dikenal dengan Assabiqunal Awwalun.

Sejak saat itu, dia selalu setia berada di sisi Rasulullah. Abu Bakar menemani Rasulullah menyebarkan Islam. Abu Bakar juga ikut dalam berbagai peperangan dan melindungi Rasulullah.

Saat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra Mi’raj pada 27 Rajab tahun 10 kenabian. Abu Bakar lah yang pertama kali membenarkan peristiwa penting itu. Dari situlah nama Abu Bakar menjadi Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Abu Bakar juga menjadi teman setia Rasul saat hijrah. Bahkan ia rela melindungi Rasul ketika diburu oleh kaum kafir Quraisy sampai harus bermalam di Gua Tsur.

Selama di dalam gua, Abu Bakar tidak berhenti mengkhawatirkan kondisi Rasulullah. Dia sangat takut jika kaum kafir Quraisy mengetahui keberadaan mereka dan membunuh Rasulullah. Hingga Abu bakar pun tak kuasa menahan tangis.

“Mengapa engkau menangis wahai Abu Bakar,” kata Nabi Muhammad, seperti dikutip dari Kisah-Kisah Inspiratif Sahabat Nabi.

“Aku tidak menangisi diriku, aku sangat takut terjadi apa-apa dengan engkau wahai Rasulullah,” ucap Abu Bakar.

Rasulullah pun menenangkan Abu Bakar. Rasulullah bersabda bahwa Allah SWT akan selalu melindungi orang yang beriman.

Saat Nabi Muhammad meninggal dunia, Abu Bakar termasuk sahabat yang paling bersedih. Namun, Abu Bakar tak berlarut-larut dalam kesedihan.

Setelah itu, para sahabat langsung menyusun strategi untuk meneruskan perjuangan Rasulullah. Abu Bakar terpilih sebagai khalifah berdasarkan hasil musyawarah, termasuk dari kaum Anshar serta Muhajirin.

Abu Bakar terpilih sebagai khalifah untuk mengisi kekosongan pemerintahan dengan sejumlah alasan yakni orang pertama yang membenarkan peristiwa Isra Miraj, orang yang setia mendampingi Nabi Muhammad ketika hijrah, dan Sosok yang sangat gigih dalam melindungi orang yang memeluk agama Islam.

Selama menjadi khalifah, ada banyak pelajaran yang dapat diteladani dari sosok Abu Bakar.

Abu Bakar mampu memberantas kaum murtad dan menyebarkan Islam hingga wilayah Irak, Suriah, dan Hirab. Abu Bakar juga mampu memerangi nabi palsu,

Abu Bakar meninggal di usia 63 tahun pada tahun ke-13 H. Dia dimakamkan di sebelah makam Nabi Muhammad.

Sebelum wafat, Abu Bakar masih memikirkan nasib umat Islam. Dia mewasiatkan kekhalifahannya digantikan oleh Umar bin Khattab. Selain itu, seluruh pendapatan Abu Bakar Ash-Shiddiq yang diperoleh selama menjadi khalifah diberikan ke Baitul Mal.

Setelah Abu Bakar Ash-Shiddiq wafat, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib melanjutkan kepemimpinan khulafaur rasyidin.

Liga Champions : Raih Hasil Imbang, Liverpool Dipastikan Tersingkir

0

FAJARPENDIDIKAN.co.id– Liverpool dipastikan tersingkir usai ditahan imbang oleh Real Madrid dengan skor 0 – 0, dan Los Blancos dipastikan lolos ke semifinal Liga Champions 2020/2021 dengan Agregat 3-1, di Anfield, Kamis (15/4/2021) dini hari WIB.

The Reds sesungguhnya bermain agresif dengan menghasilkan sejumlah peluang. Akan tetapi, penyelesaian akhir Liverpool kurang sip ditambah dengan penampilan cemerlang dari kiper Madrid Thibaut Courtois. Sementara itu, meski lebih banyak tertekan serangan-serangan balik Madrid cukup berbahaya

Dengan demikian, Los Blancos kembali ke semifinal Liga Champions lagi setelah dua musim sebelumnya selalu kandas di babak 16 besar. Selanjutnya, Real Madrid akan menghadapi Chelsea.

Jalannya Pertandingan

Liverpool nyaris menciptakan gol saat laga baru bergulir dua menit. Membangun serangan dari sisi kiri, Sadio Mane mengirim operan yang membebaskan Mohamed Salah. Namun, sontekan Salah bisa diselamatkan Thibaut Courtois.

Selanjutnya, Mane kembali merepotkan pertahanan Madrid. Umpan silangnya meluncur ke kotak penalti, tapi Roberto Firmino gagal menjangkau bola. Di tiang jauh, Salah menyambut dengan tendangan yang diblok Ferland Mendy.

Peluang bagus dari James Milner. Di menit ke-11, Milner melihat celah lalu melakukan tendangan kaki kanan melengkung dari luar kotak penalti. Bola menuju ke sudut kanan atas gawang Madrid meski bisa ditepis Courtois ke atas mistar.

Di tengah serbuan Liverpool, Madrid hampir saja bisa mencuri gol. Pada menit ke-20, Karim Benzema melepaskan operan yang ditujukan kepada Vinicius Jr, tapi bola itu dicegat bek Liverpool Ozan Kabak sehingga mental ke tiang gawang.

Tempo pertandingan kemudian melambat. Namun, memasuki lima menit terakhir, Salah kembali menebar ancaman. Kerja sama Georginio Wijnaldum dan Mane diakhiri Salah dengan sepakan yang melambung. Tidak lama kemudian, Wijnaldum yang berdiri di tiang dekat meneruskan dengan tembakan, tapi lagi-lagi melambung.

Setelah restart, Liverpool langsung menekan Madrid. Penyelamatan gemilang dari Courtois. Umpan Trent Alexander-Arnold diterima Firmino di depan gawang Madrid. Sontekannya dari jarak dekat berhasil dihalau Courtois.

Serangan balik cepat Madrid berbahaya. Vinicius Jr terbebas di depan setelah menerima umpan panjang dari belakang. Alisson buru-buru keluar dari gawangnya untuk mementahkan sepakan Vinicius, bola bergulir ke jalur Benzema tapi Alisson berhasil menutup pergerakan pemain lawan.

Memasuki 10 menit terakhir, Madrid menciptakan peluang emas. Diawali dari sepak pojok Luka Modric, bola crossing dari sisi kanan disambut Benzema dengan sundulan. Bola menyentuh tanah lebih dulu lalu memantul tinggi meski masih melayang tipis di atas mistar gawang Liverpool.

Liverpool kehabisan waktu. Madrid bertahan dengan solid. Di injury time, sepakan Salah lagi-lagi tak mampu menembus ketangguhan Courtois.

Waktu pertandingan habis. Skor 0-0 tetap bertahan.

Susunan Pemain

LIVERPOOL: Alisson, Robertson, Alexander-Arnold, Phillips, Kabak (Jota 62′), Milner (Thiago Alcantara 60′), Wijnaldum, Fabinho (Shaqiri 82′), Salah, Firmino, Mane (Oxlade-Chamberlain 82′)

REAL MADRID: Courtois, Nacho, Mendy, Eder, Modric, Kroos (Odriozola 72′), Casemiro, Valverde, Asensio (Isco 84′), Vinicius Jr. (Rodrygo 72′), Benzema.(ZUL)

Dekan FSH UIN Alauddin Makassar Dukung Prodi Ilmu Falak Dirikan Observatorium Ilmu Falak

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Program Studi (Prodi) Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang memasuki usia 5 tahun Sejak berdiri pada tanggal 29 Februari 2016 lalu yang terus berbenah untuk menjadi Prodi yang andal dan unggul.

Ketua Program Studi Ilmu Falak Dr. Fatmawati, M.Ag optimis bahwa Prodi Ilmu Falak akan menjadi jurusan yang andal di Kampus Peradaban UIN Alauddin Makassar. Apalagi menurut Fatmawati di usia 5 tahun ini Prodi Ilmu Falak sudah terakreditasi B oleh BAN-PT.

“Tentu diusia yang masih muda ini Ilmu Falak akan terus berbenah untuk menjadi program studi yang andal dan dapat meraih akreditasi yang unggul dan melahirkan alumni yang berdaya saing,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu kemarin. (14/4).

Kedepan Fatmawati mengungkapkan Prodi Ilmu Falak berencana akan membuat Observatorium Ilmu Falak yang akan menjadi cikal bakal Observatorium UIN Alauddin Makassar.

“Observatorium ini juga kelak dapat dijadikan sebagai edu Wisata, Ikon wisata edukasi,” tambahnya.

Olehnya itu, dirinya juga berharap terus mendapat dukungan dan support dari semua pihak untuk menjadikan Ilmu Falak sebagai Prodi yang unggul dan andal di Kampus UIN Alauddin Makassar.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para pendiri Ilmu Falak yang telah berjuang untuk menghadirkan Ilmu Falak di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, kepada para pimpinan yang telah membawa Ilmu Falak meraih akreditas B, dan kepada guru yang setia berdedikasi, serta seluruh alumni dan mahasiswa yang terus semangat dan berkreasi dalam mensyiarkan Ilmu Falak,” ucapnya.

Dirinya menambahkan di Hari Jadi Prodi Ilmu Falak ke-5 tahun ini diadakan berbagai kegiatan yang dikemas dalam Falak Fair. Mulai dari kuliah umum Indonesia-Malaysia, Bedah Buku, pelatihan Astrofotografi, lomba debat dan kultum Ilmu Falak, serta lomba essay tingkat nasional. Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak Februari sampai April.

Sementara itu, Dekan Falkultas Syariah dan Hukum Dr. H. Muammar Muhammad Bakry, Lc., M.Ag. mengaku pihak Pimpinan Fakultas akan selalu mendukung program-program Prodi Ilmu Falak. Termasuk rencana Prodi Ilmu Falak untuk membuat Observatorium Ilmu Falak.

“Maka fakultas akan menganggarkan pembangunan observatorium tahap demi tahap, demi terwujudnya Fakultas Syariah sebagai rumah Referensi dan pusat wisata edukasi,” ungkapnya saat menghadiri puncak Hari Jadi Prodi Ilmu Falak beberpa waktu lalu.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan 5 tahun Prodi Ilmu Falak ini. Karena menurutnya ini tentu sangat menunjang dan sangat sesuai dengan kriteria standar 9 akreditasi oleh BAN-PT.

“Tentu kita semua berharap semoga Program Studi Ilmu Falak dapat mengangkasa sama seperti mottonya. Saya juga berharap semoga-program studi yang lain dapat melaksanakan kegiatan yang serupa,” harapnya.