Beranda blog Halaman 639

UIN Alauddin Kerja Sama BPIP Gelar Seminar Nasional dan Bedah Buku Islam dan Pancasila Perspektif Maqasid Syariah

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kerjasama Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) mengadakan Seminar Nasional dan Bedah Buku.

Seminar Nasional mengangkat tema implementasi nilai-nilai Moderasi Beragama sementara Bedah Buku bertajuk Islam dan Pancasila Perspektif Maqasyid Al Syariah.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kampus II UIN Alauddin Makassar, Romang Polong Kabupaten Gowa, Senin (8/5/2023).

Dalam Kuliah umum itu, menghadirkan Kepala BPIP, Prof Yudian Wahyudi sebagai Keynote Speaker Seminar Nasional dan Bedah Buku sekaligus membuka acara tersebut.

Dia menjelaskan, hubungan antara Islam dan Pancasila jika ditinjau dari perspektif maqashid syari’ah, seperti pada Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Kemanusiaan menjadi titik temu agama-agama di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Nilai kemanusiaan bersifat ini universal dimana agama-agama memuliakannya. Namun, pada saat yang bersamaan juga bersifat nasional.

“Karena kemanusiaan Pancasila merupakan kemanusiaan konstitusional, yang menempatkan setiap penduduk Indonesia sebagai warga negara memiliki kedudukan setara di hadapan konstitusi dan hukum, maka nilai kemanusiaan tersebut juga mengacu pada penghormatan terhadap kewarganegaraan,” ungkap Prof Yudian.

“Yang paling utama saat ini sedang memperkuat kembali persatuan dan kesatuan. Kami menyampaikan pesan melalui buku ini bahwa kita itu harus tetap bersatu,” sambung Prof Yudian, dihadapan Rektor UIN Alauddin Prof H Hamdan Juhannis, MA Ph.D.

Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan Ir. Prakoso, M.M. mengatakan, Pancasila sebagai ideologi negara, sebagai dasar negara kita harus juga diaktualisasi atau diimplementasikan karena dengan Pancasila itu persatuan kita akan terjaga terus.

“Maka dalam Tri Dharma perguruan tinggi pendidikan penelitian dan pengembangan pengabdian pada masyarakat aktualisasikan oleh mahasiswa-mahasiswa di UIN Makassar ini untuk melakukan Pancasila dalam tindakan sehingga negara kita terus abadi,” ungkapnya.

Dalam bukunya disebutkan, pengkajian Pancasila perspektif maqashid syari’ah merupakan kajian khas keislaman di Indonesia.

Penggerak kajian ini adalah kalangan pesantren yang terlembaga dalam organisasi NU. Sayangnya, kajian tersebut memang belum popular.

Salah satu pioneer dalam kajian ini adalah Gus Dur, yang menjadikan maqashid syariah sebagai wacana komparatif Pancasila.

Bagi Gus Dur, nilai-nilai Pancasila mencerminkan maqashid syari’ah karena perlindungan terhadap hak-hak asasi manusia termuat, baik dalam dasar negara RI maupun dalam tujuan utama syariah Islam tersebut.(*)

Renungan Harian Kristen, Selasa 9 Mei 2023: Meraih di Luar Jangkauan Kita

Renungan Harian Kristen hari ini, Selasa 9 Mei 2023 berjudul: Meraih di Luar Jangkauan Kita.

Bacaan untuk Renungan harian Kristen hari ini diambil dari Kitab Amsal 29:18.

Renungan harian Kristen hari ini mengisahkan Meraih di Luar Jangkauan Kita.

Amsal 29:18 – Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.

Pengantar:

Bicara soal visi biasanya diasosiasikan dengan perusahaan atau institusi besar.

Mereka harus ada visi. Akan tetapi, renungan hari ini berbicara tentang visi, yang mutlak bagi setiap orang percaya.

Bahkan, dalam hal-hal kecil kehidupan kita, tanpa visi Allah atau mengesampingkannya, kita akan sembrono dan ngawur.

Renungan ini mempertanyakan apakah sikap kita saat ini mengalir dari visi kita tentang Allah?

Renungan Harian Kristen Selasa 9 Mei 2023

Ada perbedaan antara berpegang pada prinsip dengan mendapat visi.

Prinsip tidak timbul dari ilham atau inspirasi moral, sedangkan visi mengandung ilham moral.

Orang yang sepenuhnya tenggelam dalam prinsip idealistik jarang berbuat sesuatu.

Gagasan seseorang tentang Allah dan atribut (sifat-sifat)-Nya dapat digunakannya untuk membenarkan dan memberi dalih atas kelalaiannya dalam menunaikan kewajibannya.

Yunus mencoba berdalih atas ketidaktaatannya dengan berkata, ”aku tahu, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia serta yang menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya” (Yunus 4:2).

Kita juga mungkin mempunyai gagasan atau konsepsi yang benar tentang Allah dan sifat-sifat-Nya, tetapi hal itu mungkin menjadi alasan mengapa saya tidak melakukan kewajiban kita.

Akan tetapi, di mana ada visi, terdapat juga kehidupan yang jujur dan integritas, karena visi yang berimpartasi memberi kita dorongan moral.

Prinsip idealistik kita dapat membuat kita lengah, terlena, yang membawa pada kehancuran.

Periksalah kerohanian kita, apakah kita hanya mempunyai ideal atau apakah kita mempunyai visi.

Oh, bukankah apa yang dicapai seseorang harus melebihi jangkauannya. Atau, untuk apa surga?

“Bila tidak ada wahyu ….” Yang dimaksud wahyu dalam ayat ini adalah visi nabiah.

Sekali kita mengalihkan pandangan dari Allah, kita akan mulai sembrono.

Kita menyingkirkan penghambat tertentu dari kegiatan yang kita tahu salah.

Kita juga mengesampingkan doa dan mengesampingkan mempunyai visi Allah dalam hal-hal kecil dalam hidup kita. Dan kita mulai bertindak sesuai kehendak kita sendiri.

Jika kita hanya berusaha sendiri dan melakukan segala sesuatu hanya berdasar prakarsa kita sendiri tanpa mengharapkan campur tangan Allah, maka kita sedang berada pada jalan yang menurun ke bawah. Kita telah kehilangan visi.

Apakah sikap kita saat ini, dewasa ini, merupakan sikap yang mengalir dari visi kita tentang Allah?

Apakah kita berharap Allah akan melakukan hal-hal yang lebih besar ketimbang yang telah dilakukan-Nya sebelumnya?

Adakah suatu kesegaran dan vitalitas dalam cakrawala spiritual kita?

Demikian Renungan hari ini Selasa 9 Mei 2023 diambil dari Amsal 29:18 yang mengisahkan tentang Pendakian Penting dan Utama dan disadur dari Renungan Oswald Chambers//alkitab.mobi.

25 Ucapan Hari Kenaikan Yesus Kristus Bahasa Inggris 2023, Happy Ascension Day!

0

Ucapan Hari Kenaikan Yesus Kristus Bahasa Inggris 2023 bisa kamu share di WA, Facebook, Instagram, dan Twitter saat bertepatan Hari Kenaikan Yesus Kristus Kamis 18 Mei 2023.

Jadikan WA, Facebook, Instagram, Twitter kalian makin jadi menarik dengan 25 kata kata mutiara ucapan Hari Kenaikan Yesus Kristus 2023.

Ucapan berupa kata kata mutiara ini dapat digunakan oleh dari semua kalangan baik itu pelajar, mahasiswa, orang tua, maupun lembaga.

Ucapan Hari Kenaikan Yesus Kristus Bahasa Inggris

  1. What’s more, it happened while He favored them, He was separated from them, and conveyed up into paradise Happy Ascension Day! – Bible.
  2. The eve of Ascension Day is the birth of an inner you that is celebrated as the spiritual individualism headed towards the step of simple ascension, Happy Ascension Day!
  3. Happy Ascension Day! At His Ascension our Lord entered Heaven, and He keeps the door open for humanity to enter.
  4. In his life Christ is an example showing us how to live in his death he is a sacrifice satisfying our sins in his resurrection a conqueror in his ascension a king in his intercession a high priest. Happy Ascension Day!
  5. Our Lord is on the right hand of God and so should we. May the warmth of this occasion serve you right and keeps the love alive Happy Ascension Day!
  6. Jesus was beamed into ascension to show us there is another level up, which we call the life after death. May we all attain his creation, Happy Ascension Day!
  7. And it came to pass while He blessed them, He was parted from them, and carried up into heaven, Happy Ascension Day! – Bible.
  8. Our Lord is on the right hand of God and so should we. May the warmth of this occasion serve you right and keeps the love alive. Happy Ascension Day.
  9. May you receive all blessings on this great Ascension Day and find the right path today. Wishing you and all Ascension Day.
  10. Jesus has always been with us and we should never fear anybody because Jesus will always be with us. Happy Ascension Day.
  11. I pray that may Jesus give you all the happiness and all the love that you deserve in life. Wishing you Ascension Thursday.
  12. It was on this day that our beloved Jesus was received upon heaven and therefore, we must celebrate this day with great zeal.

20 Link Twibbon Peringati Kenaikan Yesus Kristus 2023 Desain Menarik Cocok untuk Sosmed

0

Dalam artikel ini disediakan 20 link Twibbon Peringati Kenaikan Yesus Kristus 2023 dengan desain menarik, gratis diunduh untuk dibagikan ke sosial media.

Peringatan Kenaikan Yesus Kristus 2023, akan jatuh pada hari Kamis, 18 Mei 2023.

Untuk memperingati Kenaikan Isa Almasih 2023, selain berkumpul bersama keluarga kamu juga dapat membagikan link Twibbon ke sosial media.

Hal itu bertujuan, agar peringatan Kenaikan Isa Almasih 2023 lebih hangat dan terasa pada semua umat kristiani yang merayakan.

Kenaikan Yesus Kristus adalah peristiwa bersejarah bagi umat Kristiani di seluruh dunia.

Peringatan yang menandai akhir musim Paskah ini dirayakan oleh umat Katolik maupun Kristen.

Setelah Yesus Kristus disalib pada Jumat Agung, Ia kemudian dibangkitkan tiga hari setelah kematiannya yang kemudian dikenal sebagai Minggu Paskah.

Setelah bangkit dari kematiannya, Yesus tinggal bersama murid-muridNya untuk memberi ajaran tentang tata cara melaksanakan ajarannya dalam 40 hari ke depan.

Pada hari ke-40, Yesus Kristus dan para muridnya pergi ke Bukit Zaitun di dekat Yerusalem, kemudian Yesus terangkat ke surga.

Link Twibbon Kenaikan Yesus Kristus 2023

  1. https://twb.nz/kenaikanisaalmasihgia
  2. https://twb.nz/kenaikanisaalmasih2022recosta
  3. https://twb.nz/kenaikanisaalmasihjbss
  4. https://twb.nz/isa-almasih-amc
  5. https://twb.nz/kenaikanisaalmasihboslebah
  6. https://twb.nz/ssbkenaikanisaalmasih
  7. https://twb.nz/13mei2021
  8. https://twb.nz/kenaikanisaalmasih2022afla18
  9. https://twb.nz/kenaikanisaalmasihnug20211
  10. https://twb.nz/ppak-kenaikanisaalmasih
  11. https://twb.nz/twbkenaikanisaalmasih
  12. https://twb.nz/ascensiondaysmpfrater
  13. https://twb.nz/kenaikanisaalmasih2022afla18
  14. https://www.twibbonize.com/kenaikanyesuskristuspphrg2023
  15. https://www.twibbonize.com/isa-almasih-amc
  16. https://www.twibbonize.com/harikenaikanyesus2023sd2
  17. https://www.twibbonize.com/kenaikanyesuskristusthn2023
  18. https://www.twibbonize.com/harikenaikanyesuskristusth2023
  19. https://www.twibbonize.com/harikenaikanyesuskristus2023
  20. https://www.twibbonize.com/kenaikanyesuskristusthn2023

Cara Pasang Twibbon Kenaikan Yesus Kristus 2023

Setelah memilih dan mengunduh sesuai dengan yang kamu inginkan, selanjutnya foto kamu bisa dipasang ke dalam twibbon tersebut.

Bagaimana cara memasang foto di Twibbon Kenaikan Yesus Kristus? Berikut caranya.

  1. Pilih salah satu Link di atas.
  2. Setelah linknya diklik, kamu akan diarahkan ke laman Twibbonize.
  3. Kemudian klik ‘Pilih Foto’.
  4. Pilih foto kamu yang akan digunakan, lalu klik ‘Ok’.
  5. Maka foto yang dipilih akan muncul.
  6. Letak foto dapat kamu sesuaikan dengan bingkai dengan cara digeser-geser kemudian klik ‘crop’.
  7. Kemudian klik ‘download’ dan Twibbon akan tersimpan di galeri.

Hadiri Pelantikan Pengurus IKA Unhas Bone, Bupati Fahsar Sampaikan Ini

0

Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi menghadiri Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Kabupaten Bone Periode 2023-2027.

Pengurus IKA Unhas Bone Dilantik Oleh Ketua Wilayah IKA Unhas Sulawesi Selatan Mohammad Ramdhan Pomanto Di Lapangan Merdeka Bone Ahad (7/5/2023).

Ketua IKA Unhas Bone terpilih A Promal Pawi mengatakan, Alhamdulillah hari ini kita telah dilantik secara bersama-sama. terima kasih kepada Ketua wilayah bapak Danny Pomanto yang telah meluangkan waktunya hadir ditengah kita semua.

Lanjut Kadis Pariwisata Bone itu memaparkan, Pembentukan pengurus IKA Unhas Bone atas inisiator Bupati Bone. Februari lalu telah terlaksana musda dan pemilihan ketua, Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana dengan sukses.

“Kami berharap kedepan bisa berkolaborasi dan bersinergi bersama pemerintah daerah Bone sehingga kita bersama-sama memajukan Bone lebih baik kedepan. karena Bone kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia” bebernya.

Sementara itu, Bupati Bone mengatakan, selamat kepada pengurus IKA Unhas Bone yang telah terbentuk. Saya menitipkan bahwa bendera Unhas jangan sekedar dikibarkan, tetapi bawa angin segar di kabupaten Bone.

Kata dia, “Pengurus Unhas ini sangat kompleks, dan jumlahnya besar. harus diakui alumni terbesar setelah makassar ada di Bone”.

“Terima kasih dan selamat datang atas kedatangan pak wali di Bone. semoga persatuan dan sinergitas akan terus terjalin dalam IKA Unhas” tuturnya.

Ketua IKA Fisip Unhas itu juga mengharapkan ada karya nyata dari pengurus yang baru saja terbentuk.

“Selamat kepada seluruh pengurus buktikan karyamu jangan hanya sekedar cerita” Ungkapnya.

Ketua Wilayah IKA Unhas Wilayah mengatakan, selamat atas pelantikan pengurus IKA Unhas Bone dan ulang tahun Bone ke 693 jayalah selalu.

“Terima kasih kepada bupati bone atas fasilitas tempat pelantikan ini. Selain dipakai perayaan hjb juga hari ini kita pakai melantik pengurus IKA Unhas Bone suatu kehormatan bagi kami” Imbuhnya.*

Profil Wanita Muda Kritik-Sebut Aceh Pemerintah Koruptor

0

Rahma, tampil ke depan dan juga menyampaikan kritiknya di media sosial. Ia mengkritisi perkembangan di Aceh dan, seperti Bima, mengatakan bahwa Aceh tidak bergerak maju.

Rahma mengunggah video tersebut ke akun TikTok @Rahma_11.11. Rahma yang ditampilkan pada Kamis (5/4/2023) melontarkan kecamannya terhadap pemerintah Aceh dengan menyebut korupsi dan dana otsus Aceh.

“Aceh tidak maju, bagaimana mau maju kalau pemerintahnya korup. Selain itu, pemerintah tingkat desa, belum lagi pemerintah kecamatan, kabupaten dan kabupaten,” ujarnya.

Video berdurasi tiga menit tersebut telah ditonton hampir 500.000 kali dan telah dikomentari serta dibagikan ribuan kali.

“Jangan tanya kami mana buktinya kami korup karena kami tidak mencatat saat anda makan uang rakyat. Tunjukkan saja mana buktinya anda mengelola dana otsus dengan baik dan benar. ” dia melanjutkan. Ia kemudian mengangkat isu pembangunan infrastruktur untuk kesejahteraan. Menurutnya, pembangunan Aceh tidak terlihat.

“Bangun infrastruktur, infrastruktur gaib yang tidak bisa dilihat atau dirasakan atau difokuskan pada kesejahteraan orang-orang yang ada di rumah Anda,” jelasnya.

“Kalau mengelola keuangan otsus dengan baik dan benar, Aceh tidak mungkin mendapat predikat provinsi termiskin di Sumatera, tidak mungkin Aceh mendapat julukan provinsi terkorup ke-13 di Indonesia,” katanya. lanjut.

Dia kemudian berbicara tentang Dana Otonomi Khusus Aceh yang akan berakhir pada tahun 2027. Dia juga mempertanyakan upaya pemerintah melestarikan dana otsus Aceh.

“Kita bisa melihat dari pengalaman sebelumnya bahwa masyarakat Aceh siap saling memotong dan memperebutkan kekuasaan dengan pihak lain,” katanya.

Ia juga mengkritik penguasa Aceh yang diyakininya paham agama namun juga melakukan korupsi yang dilarang agama.

Netizen juga banyak berkomentar tentang unduhan tersebut. Banyak yang mendukung Rahma dalam membeberkan situasi pemerintahan Aceh. “Di tingkat distrik yang paling penting, konten staf kantor adalah segalanya,” tulis akun tersebut di komentar.

“Apakah memang seperti itu di Aceh?” tulis akun lain.

“Great cover… terus berkarya dan terus berkarya semoga kedepannya di Aceh… ada perubahan dan kemajuan di daerah,” tulis yang lain di kolom komentar. “Saya berharap semakin banyak perusahaan “BIMA BIMA” di negeri ini yang berani angkat bicara di daerahnya masing-masing,” komentar lainnya di video tersebut.

Berhijab dengan Rambut Palsu

0

Secara bahasa, kata hijab berasal dari fi’il sulatsi mujarrad dengan wazan ح-ج-ب (ha-ja-ba).

Ibnu Faris, di dalam Mu‘jam Maqayis al-Lughah mengartikan kata tersebut sebagai al-man‘u (penghalang) (Ibn Faris, II: 143).

Jika dikatakan hajabahu ‘an kadza, maksudnya mana’ahu ‘anhu (menghalangi darinya –sesuatu).

Ibnu Manzhur di dalam Lisan al-Arab mengartikan kata tersebut dengan as-satru (penutup/pelindung).

Jika disebutkan hajaba as-syai’u berarti dimaksudkan satarahu (menutupinya) (Ibn Manzur, I: 298).

Dua makna secara linguistik ini sangat berkaitan erat dengan makna hijab secara istilah.

Seperti di dalam al-Mausu’ah’ al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, XVII: 5-8, disebutkan bahwa hijab al-mar’ah adalah as-satir alladzi sutira bihi jasaduhu, wa fihi hailulatun ‘an a’yun an-nazhirin min ar-rijal ghairi maharimiha (penutup yang dipergunakan untuk menutup –aurat- tubuh perempuan yang berfungsi sebagai penghalang pandangan laki-laki yang bukan mahramnya).

Sementara jilbab, pada rubrik Tanya Jawab Agama Majalah Suara Muhammadiyah 18 dan 19 tahun ke-88/2003, disebutkan bahwa jilbab, berasal dari kata jalbaba yang berarti memakai baju kurung.

Para ulama berbeda pendapat mengenai arti jilbab. Sebagian ulama mengartikannya baju kurung; sedang ulama lain mengartikannya baju wanita yang longgar yang dapat menutupi kepala dan dada.

Al-Asy’ary berpendapat bahwa jilbab ialah baju yang dapat menutupi seluruh badan.

Ulama lain berpendapat, bahwa jilbab ialah kerudung wanita yang dapat menutupi kepala, dada, punggung. (Ibnu Manzur, Lisan al-Arab, dibawah arti jalaba).

Menurut Ibnu Abbas, jilbab ialah jubah yang dapat menutup badan dari atas hingga ke bawah. (al-Qasimy, XIII: 4908).

Menurut al-Qurtuby, jilbab ialah baju yang dapat menutup seluruh badan. (al-Qurtuby, VI: 5325).

Kewajiban Menutup Aurat

Sesuai penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa hijab yang dimaksud di sini adalah hijab al-mar’ah (pakaian yang menutup aurat perempuan) atau sama artinya dengan jilbab, yaitu baju kurung yang menutup seluruh badan (aurat).

Menutup aurat agar terhindar dari pandangan orang yang bukan mahram dengan memakai hijab atau jilbab hukumnya wajib bagi setiap wanita yang telah baligh. Hal ini berdasarkan firman Allah swt.

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [QS. al-Ahzab (33): 59].

“Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkkan perhiasannnya (auratnya), kecuali yang terbiasa terlihat, dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya atau auratnya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam mereka), atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan dan bertaubatlah kamu semua kepda Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung” [QS. an-Nuur [24]: 31].

Tentang ayat وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ  (Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka), Ibnu Katsir menjelaskan dalam tafsirnya, bahwa hendaklah kerudung dibuat lebar hingga menutupi dadanya, gunanya untuk menutupi bagian tubuh di bawahnya seperti dada dan tulang dada serta agar menyelisihi model wanita jahiliyyah. الخُمْرُ adalah bentuk jamak dari خِمَارٌ ,  yaitu kain yang digunakan untuk menutupi kepala, itulah yang oleh orang banyak disebut kerudung.

Hal ini senada dengan yang ada dalam buku Tanya Jawab Agama Jilid IV Majlis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadyah, terbitan Suara Muhammadiyah, tahun 2015, hlm. 237, bab Masalah Wanita, bahwa memakai kerudung yang baik adalah sebagaimana disebutkan di dalam surah an-Nuur ayat 31.

Wig atau Rambut Palsu

Mengenai wig, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, artinya adalah rambut tiruan (rambut buatan, rambut palsu) sebagai penutup kepala.

Wig yang umum digunakan oleh para wanita pada dasarnya ada dua macam, yaitu rambut manusia asli dan rambut tiruan dari bahan sintesis.

Wig dari rambut manusia asli ada tiga jenis; pertama remy hair/rambut remi yang 100% rambut manusia, tanpa diwarnai atau diolah secara kimia, akar rambut dan ujung rambutnya diatur searah; kedua human hair yang 100% rambut manusia, tetapi antara akar rambut dan ujung rambutnya tercampur atau tidak diatur searah seperti rambut remi; ketiga campuran human hair, adalah rambut manusia yang dicampur dengan serat bahan sintetis kualitas premium yang tahan panas.

Adapun wig dari bahan tiruan juga ada tiga jenis; pertama heat resistant synthetic, terbuat dari serat sintetis berkualitas tinggi, tahan panas, bisa diperlakukan seperti rambut manusia dicuci dan catok, tetapi tidak bisa dicat dengan pewarna rambut manusia; kedua kanekalon, 100% serat sintetis, paling diminati, kebanyakan wig sintetis terbuat dari serat ini karena walau agak berkilau tapi masih terlihat seperti asli dalam hal warna dan tekstur, bahan dasar serat plastik dan lebih cepat kusut juga sangat mudah kusam/rusak; ketiga toyokalon, 100% serat sintetis, bahan dasar plastik dan tidak terlihat seperti rambut manusia sama sekali, sering digunakan untuk pembuatan wig termasuk juga wig untuk kostum, lembut dan mudah kusut, warna dan tekstur rambutnya sangat tidak terlihat alami/terlalu berkilau.

Adapun tentang wig atau rambut tiruan (menyambung rambut), disebutkan dalam beberapa hadis Nabi saw, antara lain:

“Dari Sa’id bin al-Musayyab (diriwayatkan), ia berkata; Mu’awiyah bin Abu Sufyan mengunjungi Madinah pada kunjungannya yang terakhir lalu dia memberikan khuthbah sambil memegang jambul rambutnya, kemudian ia berkata; Aku belum pernah melihat seorang pun yang melakukan hal seperti ini kecuali orang Yahudi, dan sesungguhnya Nabi saw menamakannya dengan az-Zuur (kepalsuan), yaitu menyambung rambut dengan rambut palsu” [HR. al-Bukhari nomor 3229].

“Dari Humaid bin ‘Abdur-Rahman bahwa dia mendengar Mu’awiyah bin Abu Sufyan pada tahun hajji (akhir masa pemerintahannya) berdiri di atas mimbar sambil memegang jambul rambutnya sedangkan di sampingnya ada pengawalnya lalu berkata; “Wahai penduduk Madinah, mana ulama kalian? Aku mendengar Nabi saw melarang hal semacam ini dan beliau bersabda: Sesungguhnya Bani Isra’il binasa karena para wanita mereka melakukan ini” [HR. al-Bukhari nomor 3209].

“Dari Abu Hurairah ra. (diriwayatkan) dari Nabi saw, beliau bersabda: Allah melaknat orang yang menyambung rambutnya dan yang minta disambung rambutnya dan melaknat orang yang mentato dan yang minta ditato” [HR. al-Bukhari nomor 5477].

Hukum Memakai Rambut Palsu

Berdasarkan keterangan tentang wig dan hadis-hadis di atas, maka hukum memakai wig adalah dilarang, baik disambungkan maupun hanya dipasangkan di atas kepala.

Jika yang digunakan adalah wig dari bahan rambut asli manusia, maka orang yang menggunakannya termasuk yang akan mendapat laknat dari Allah.

Namun jika yang digunakan adalah wig dari bahan sintetis, maka hal tersebut termasuk perbuatan tabarruj, karena wig sekedar menutup kepala saja dan tidak dapat menutup aurat secara sempurna seperti halnya khimar (kerudung).

Dalam kitab “Shahih Fikih Sunnah” karya Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim disebutkan, bahwa tabarruj adalah seorang wanita yang menampakkan perhiasan, kecantikan, dan bagian tubuh yang seharusnya ditutupi, sehingga mengundang syahwat lelaki.

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa menggunakan sesuatu yang tidak ada pada dirinya merupakan salah satu perbuatan yang menipu orang lain,

“Dari Fathimah dari Asma` (diriwayatkan) dari Nabi saw. – dalam riwayat lain- Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin al-Mutsanna, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Hisyam dari Fathimah dari Asma` bahwa seorang wanita bertanya; Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki madu (istri lain dari suaminya), karena itu apakah aku akan mendapat dosa, bila aku menampak-nampakkan kepuasan dari suamiku dengan suatu hal yang tak diberikannya kepadaku? Rasulullah saw bersabda: Seorang yang menampakkan kepuasan dengan sesuatu yang tidak diberikan kepadanya adalah seperti halnya seorang yang memakai pakaian kepalsuan” [HR. al-Bukhari nomor 4818].

Berdasarkan hadis tersebut, menunjukkan sesuatu yang sebenarnya tidak ada pada diri seseorang adalah hal yang dilarang.

Begitu pula dengan menggunakan rambut palsu (wig) ataupun menyambung rambut, yang sebenarnya bukan rambut asli yang tumbuh dari dirinya sendiri adalah dilarang.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa berhijab yang diperintahkan untuk menutup aurat wanita adalah dengan memakai jilbab atau pakaian yang menutup seluruh tubuh, yang salah satunya adalah khimar (kain kerudung) untuk menutup bagian kepala (rambut) hingga ke dada.

Menggunakan wig tentu tidak bisa menutup dengan sempurna, di samping juga dilarang dalam Islam.

Dengan demikian menggunakan hijab dengan wig adalah dilarang, baik wig tersebut digunakan sebagai pengganti khimar atau kain kerudung maupun digunakan secara rangkap setelah sebelumnya memakai khimar atau kain kerudung, karena termasuk kebohongan yang dengan kata lain berhijab namun seakan-akan tidak berhijab.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber: Majalah Suara Muhammadiyah No 14 Tahun 2018 (p/wa/ana)

Profil dan Alasan AD, Karyawati di Cikarang Korban Staycation

0

Seorang buruh berinisial AD, 24 tahun, yang dilecehkan secara seksual oleh atasannya saat tinggal di Cikarang, Kabupaten Bekasi, mengaku trauma dengan perpanjangan kontrak kerjanya.

“Cuma trauma, juga tekanan jiwa,” kata AD kepada wartawan usai melapor ke Polres Metro Bekasi, Sabtu (5/6/2023). Ia pun melaporkan ke Polres Metro Bekasi sore tadi terkait dugaan pelaku yang meminta pekerja kontrak untuk berhubungan seks dengan bosnya.

Selain itu AD juga ungkapkan cara atau modus bosnya, ” Setiap ketemu, beliau selalu ngajak kayak, ayo kapan jalan, kapan ketemu gitu, kapan jalan bareng berdua gitu,” ungkapnya kepada wartawan.

AD mengunjungi Mapolrestabes Bekasi bersama pengacara yang dipimpin Alin Kosasih, Obon Tabroni, Anggota Komisi VIII DPR RI, dan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Njumarno.

Laporan AD diterima oleh polisi dan diberi nomor: LP/IV1179/V/2023/SPKT/Polres Metro Bekasi/Polda Metro Jaya. Alin Kosasih menjelaskan, kliennya memberikan inisial B kepada manajernya berdasarkan Pasal 5 dan/atau 6 UU Kekerasan Seksual No. 12 Tahun 2022 juncto Pasal 335 KUHP untuk perbuatan asusila.

“Hari ini kami menawarkan perlindungan hukum khususnya bagi perempuan yang mengalami pelecehan seksual. Sekaligus kami ada nasehat hukum untuk meninjau UU No 12 Tahun 2022,” kata Alin, Sabtu (5 Juni 2023) di tempat kejadian.

Pihaknya membawa barang bukti berupa screenshot percakapan singkat yang dikirimkan B menawarkan untuk mengantar korban ke sebuah hotel di Jababeka, Kabupaten Bekasi.

“Sejauh ini, menurut keterangan pelapor, barang bukti yang baru kami serahkan ke polisi hanyalah bukti obrolan dan masih dikembangkan penyidik,” ujarnya.

Resep Pisang Goreng Madu, Wajib Coba Mom’s

0

Mom’s lagi cari Resep Pisang Goreng Madu? Cocoknya camilan di hari libur yang agak panjang ini karena bisa disimpan bermalam, untuk disajikan esok harinya. Menghemat tenaga bukan?

Dengan campuran madunya, membuat menu ini lebih istimewa dari pisang goreng biasa, yang selalu dijumpai di tempat tempat jualan jajanan. Enaknya lagi karena ada campuran vanilinya, dan backing powder yang bikin renyah.

Dengan campuran madu pula, pisang goreng istimewa ini, juga bisa menjadi makanan pesta. Bahannya pun, sangat mudah dijumpai. Pisang kepok, yang mudah dijumpai di tukang sayur.

Resep Pisang Goreng Madu

Berikut bahan bahannya dan cara membuatnya.

Bahan Utama

  • 8 buah pisang kepok diiris tipis tipis.
  • 75 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 1/4 sdt vanili bubuk.
  • 1/2sdt garam
  • 150 ml air es
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt madu, bisa lebih sedikit
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat

  1. Ayak dalam satu wadah, tepung terigu dan tepung beras. Lalu masukkan canili bubuk dan garam. Aduk rata.
  2. Masukan air es, baking powder dan mafu. Aduk rata.
  3. Celupkan ke dalam adonan, pisang yang sudah diiris iris. Lalu goreng dengan minyak yang agak banyak, debgan api kecoklatan. Angkat kemudian sajikan. (p/wa/ana)

Jadwal Tayang Tale of the Nine Tailed 1938 Episode 1 Sampai 12 (END)

0

Tale of the Nine Tailed 1938 adalah season 2 dari drama korea fantasi yang dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Kang Shin-hyo dan Jo Nam-hyung. Kdrama ini dibintangi oleh Lee Dong-wook, Kim So-yeon, Kim Bum, dan lainnya. Sebelum menonton, simak sinopsis, daftar pemain, dan jadwal tayang Tale of the Nine Tailed 1938 season 2 episode 1 sampai 12 (END) dalam artikel ini.

Season kedua ini akan membawa gumiho Lee Yeon dari akhir bahagia dan kembali ke tahun 1938 di mana ia sekali lagi berhadapan dengan saudaranya Lee Rang dan Ryu Hong-joo. Sekarang, dia harus menemukan cara untuk kembali ke masa sekarang dan kepada orang yang dicintainya, tetapi ini bukanlah sesuatu yang akan dia dapatkan dengan mudah.

Sinopsis Tale of the Nine Tailed 1938 

Tale of the Nine Tailed 1938
Poster drama Tale of the Nine Tailed 1938

Tale of the Nine Tailed 1938 menceritakan kisah di mana Lee Yeon (Lee Dong-wook) diseret kembali ke tahun 1938 secara tidak terduga karena peristiwa tertentu yang terjadi setelah akhir season 1, di mana dia bertemu Lee Rang (Kim Bum) dan Ryu Hong-joo (Kim So-yeon) di era itu.

Ryu Hong-joo pernah menjadi roh penjaga gunung di barat, tetapi pada tahun 1938 dia adalah pemilik restoran kelas atas Myoyeongak di ibu kota Gyeongseong. Ketika Ryu Hong-Joo bertemu Lee Yeon untuk pertama kalinya, dia terpesona olehnya, tetapi dia tidak dapat memilikinya. 

Lee Yeon juga bertemu dengan adik laki-lakinya Lee Rang. Sementara itu, Cheon Mu-Young (Ryoo Kyung-Soo) dulunya adalah roh penjaga gunung di timur dan berteman dengan Lee Yeon dan Ryu Hong-Joo. 

Sebuah kasus menyebabkan Cheon Mu-Young menjadi bermusuhan dengannya. Lee Yeon berjuang untuk kembali ke hari ini di mana kekasihnya tinggal.

Daftar Pemain Tale of the Nine Tailed 1938 

Tale of the Nine Tailed 1938
Still cut Tale of the Nine Tailed 1938
  1. Lee Dong-wook sebagai Lee Yeon
    Gumiho tituler (rubah berekor sembilan), yang merupakan mantan roh gunung dan penjaga Baekdudaegan. Dia memiliki akhir yang bahagia dengan cinta pertamanya yang abadi Nam Ji-ah, tetapi dipanggil kembali ke tahun 1938 karena dia terjebak dalam insiden yang tidak terduga.
  2. Kim So-yeon sebagai Ryu Hong-joo
    Mantan dewa gunung barat yang saat ini menjadi pemilik Myoyeongak, restoran kelas atas di Gyeongseong. Dia terjerat dengan Lee Yeon, yang sudah lama dicintainya tapi terus ditolak.
  3. Kim Bum sebagai Lee Rang
    Gumiho berdarah campuran dan adik laki-laki Lee Yeon, yang memiliki perasaan cinta dan benci pada kakak laki-lakinya.
  4. Ryu Kyung-soo sebagai Cheon Moo-young
    Mantan dewa gunung utara yang bahkan menyelamatkan orang mati. Dia adalah teman lama Lee Yeon dan Hong-joo. Dia mencuri ‘Batu Penjaga Samdocheon’ dan melarikan diri ke masa lalu.
  5. Hwang Hee sebagai Koo Shin-joo 
    Seekor rubah asli yang melakukan perburuan monster yang sulit dengan Lee Yeon.
  6. Kim Yong-ji sebagai Sunwoo Eun-ho 
    Seorang reporter di bawah Sunwoo Ilbo.
  7. Kim Soo-jin sebagai Pengantin Siput/Bok Hye-ja 
    Pemilik “Toko Barang Obok” yang terletak di tengah Gyeongseong. 

Jadwal Tayang Tale of the Nine Tailed 1938 Episode 1 Sampai 12 (END)

Tale of the Nine Tailed 1938
Still cut Tale of the Nine Tailed 1938

Serial drama ini adalah musim kedua dari seri 2020 Tale of the Nine Tailed dengan alur cerita yang mendahului sebelumnya. Rilis perdana di tvN pada 6 Mei 2023, drama ini akan tayang setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 21:20 (KST) atau 19:20 WIB. 

Drama ini akan memiliki 12 episode dengan durasi 1 jam 14 menit per episode yang akan tayang sampai 11 Juni 2023. Tale of the Nine Tailed 1938 tersedia untuk streaming di TVING khusus Korea Selatan dan Amazon Prime Video secara internasional. Untuk menonton, KLIK DI SINI.

  • Episode 1: Sabtu, 6 Mei 2023
  • Episode 2: Minggu, 7 Mei 2023
  • Episode 3: Sabtu, 13 Mei 2023
  • Episode 4: Minggu, 14 Mei 2023
  • Episode 5: Sabtu, 20 Mei 2023
  • Episode 6: Minggu, 21 Mei 2023
  • Episode 7: Sabtu, 27 Mei 2023
  • Episode 8: Minggu, 28 Mei 2023
  • Episode 9: Sabtu, 3 Juni 2023
  • Episode 10: Minggu, 4 Juni 2023
  • Episode 11: Sabtu, 10 Juni 2023
  • Episode 12: Minggu, 11 Juni 2023

Trailer