Pembukaan Pekan Ilmiah dan Olarahraga HMJ-EI gelar Seminar Nasional dengan Tema “Transformasi Menuju Indonesia Emas 2045: Generasi Muda Harus Apa?”

Pembukaan Pekan Ilmiah dan Olahraga HMJ-EI di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar menjadi sorotan dengan terselenggaranya seminar nasional berjudul “Transformasi Menuju Indonesia Emas 2045: Generasi Muda Harus Apa?”. Acara prestisius ini, yang dihelat di Aula FEBI pada 4 Juni 2024, mengumpulkan para mahasiswa aktif jurusan ekonomi Islam serta mahasiswa dari berbagai jurusan lainnya.

Dibuka oleh Dr. Hasbiullah, S.E. M.Si., Wakil Dekan III FEBI, acara ini dianggap sebagai ajang seleksi yang membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkembang lebih jauh. Dalam sambutannya, Dr. Hasbiullah menyampaikan harapannya akan dampak positif acara ini terhadap fakultas dan program studi.

Ketua Umum HMJ Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar, Ahmad Fauzy, menegaskan pentingnya acara ini dalam memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas untuk kemajuan bersama. Dengan tema “KATARSA: Keakraban Tanpa Batas, Kobarkan Kebersamaan”, acara ini bertujuan membangun hubungan yang erat dan mendukung, baik di lingkup kecil seperti keluarga maupun di tingkat nasional, untuk menciptakan lingkungan harmonis yang mendukung kemajuan bersama.

- Iklan -
Baca Juga:  Senyum Sehat dan Ceria di Tengah Tumpukan: Fakultas Vokasi Unhas Sukses Selenggarakan Bina Desa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang

Peran anak muda dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045 menjadi fokus utama seminar ini. Tiga narasumber terkemuka diundang untuk berbagi pandangan mereka: Dr. Muh. Quraisy Mathar, S.Sos, M.Hum., Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan; Jumardi, Ketua DEMA UIN Alauddin Makassar periode 2023; dan Asrullah Syaharuddin, S.H, M.H., Ketua PP LIMDI Periode 2022-2024.

Dalam pidatonya, Jumardi menyoroti pentingnya literasi dan analisis terhadap permasalahan masyarakat sebagai instrumen untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Namun, dia juga menekankan bahwa peran pemerintah dalam meningkatkan sistem pendidikan sangatlah penting dalam mewujudkan generasi emas.

Baca Juga:  Pekan Ilmiah dan Olahraga HMJ-EI Gelar Lomba Olahraga Tingkat Fakultas seFEBI

“Dengan literasi yang tinggi, kita dapat membentuk generasi emas di masa depan. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama, baik dari pemerintah maupun dari generasi muda itu sendiri,” ucapnya.

- Iklan -

Melalui seminar Pekan Ilmiah dan Olahraga HMJ-EI ini, diharapkan generasi muda dapat menemukan terobosan baru yang menjadi strategi untuk mencapai cita-cita besar Indonesia Emas 2045. Acara ini tidak hanya menjadi wadah untuk berdiskusi, tetapi juga merupakan langkah konkret dalam menggerakkan perubahan yang positif untuk masa depan bangsa.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU