Sunday, September 20, 2020

Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan Virtual FKM Unhas dan Dinkes Mamasa

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melakukan pendampingan tata kelola program kesehatan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat pada hari Jumat, 19 Juni 2020 pukul 13.30 WITA.

Pertemuan ini bukan kali pertama dilakukan, pertemuan pendampingan secara daring ini merupakan pertemuan kedua kalinya dilaksanakan oleh Tim Pendamping FKM Unhas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa.

Agenda pada pertemuan daring yang pertama tim pendamping FKM Unhas telah memaparkan tentang maksud dan tujuan diadakan pendampingan tata kelola program kesehatan Dinas Kesehatan Mamasa dan pertemuan yang kedua kalinya adalah pemaparan hasil review Renja (Rencana Kerja) Tahun 2020 dan Tahun 2021 yang telah disusun oleh pihak Dinas Kesehatan Mamasa.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan kegiatan oleh moderator yaitu admin dari tim pendamping Dinas Kesehatan Mamasa (St.Rosmanely SKM), dilanjutkan dengan pemaparan hasil Review Renja Tahun 2020 dan Tahun 2021 per bab oleh tim FKM Unhas, dalam hal ini Muh Yusri Abadi, SKM., M.Kes berdasarkan Permendagri Nomor 86 tahun 2017.

Dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin langsung oleh Dr. Lalu Muhammad Saleh, SKM., M.Kes dan Dr. Healthy Hidayanty, SKM., M.Kes  selaku ketua tim dan anggota tim pendamping Dinas Kesehatan Mamasa  yang menjadi topik diskusi yaitu kendala dan masalah yang dihadapi selama penyusunan Renja.

Adapun dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa yang sempat hadir yaitu, para Kepala Bidang (kabid), Kasubag, serta Tim Perencana Dinas Kesehatan.

Kasubag Perencana Yunus Ma’dika,S.Ip.,M.Si.AK mengatakan, penyusunan Renja Dinkes Mamasa menemui sejumlah kendala.

“Awal penyusunan masih bingung, belum pernah dilakukan pelatihan atau bimtek, penyusuna renja belum melibatkan OPD, penyusuanan renja hanya mengacu pada DPA, penyusunan renja di Dinkes Mamasa dilakukan hanya dua orang, belum pernah diadakan review renja sebelumnya,” ungkapnya.

Untuk itu, kedua pihak berharap untuk dapat terus menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Dinas Kesehatan menyampaikan apresiasi terhadap FKM Unhas atas pendampingan yang diberikan dan mengharapkan pendampingan lebih lanjut secara luring jika situasi sudah kondusif agar penyusunan Renja Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep kedepannya dapat lebih optimal dan menajadi contoh Renja di Mamasa. (*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Awali Kepengurusan, LD Al-‘Aafiyah FKM Unhas Gelar Daurah Pengurus

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lembaga Dakwah Al-'Aafiyah FKM Unhas melaksanakan daurah pengurus pada hari sabtu, 19 September 2020. Kegiatan ini dilaksanakan melalui  zoom cloud...

Kapolres Barru Serukan Pilkada Damai 2020, Di Takkalasi

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Barru AKBP Welly Abdillah, menyerukan Pemilukada Damai, saat menggelar kegiatan Sosialisasi Pilkada Damai 2020 dan...

Danyonmarhanlan VI Hadiri Rakor Pemilu dan Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan Pemkot Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Danyonmarhanlan VI) Letnan Kolonel Marinir Gigih Catur Pramono, S.H, M.T.r. Opsla menghadiri Rapat...

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

REKOMENDASI