Pengertian Perdagangan Internasional, Tujuan dan Beberapa Kelebihannya

Pengertian perdagangan internasional sangatlah simpel, yakni sebuah kegiatan pertukaran barang, jasa, atau modal yang dilakukan antara negara-negara di seluruh dunia. Kegiatan ini, contoh simpelnya adalah ekspor (penjualan barang dan jasa ke luar negeri) dan impor (pembelian barang dan jasa dari luar negeri).

Perdagangan internasional menjadi penting karena memungkinkan negara-negara untuk memanfaatkan keunggulan komparatif dan spesialisasi dalam produksi, sehingga meningkatkan efisiensi dan kemakmuran ekonomi. 

Dengan adanya perdagangan internasional, negara-negara akan fokus pada produksi barang dan jasa yang mereka mampu kerjakan. Denga prinsip memproduksi dengan biaya yang lebih rendah atau kualitas yang lebih tinggi daripada negara lain.

- Iklan -

Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

Para ahli ekonomi memiliki berbagai macam definisi perdagangan internasional. Berikut ini adalah beberapa definisi perdagangan internasional menurut para ahli terkemuka:

  • Adam Smith

Adam Smith, seorang ekonom klasik, mengemukakan konsep keunggulan absolut dalam perdagangan internasional. Baginya, perdagangan internasional adalah pertukaran barang antara negara-negara yang didasarkan pada perbedaan keunggulan absolut dalam produksi.

  • David Ricardo

David Ricardo, ekonom klasik lainnya, memperkenalkan konsep keunggulan komparatif. Menurut Ricardo, perdagangan internasional terjadi ketika negara-negara memanfaatkan perbedaan relatif dalam biaya produksi untuk memaksimalkan produksi dan konsumsi.

- Iklan -
  • Paul Samuelson

Paul Samuelson, seorang ekonom modern, mendefinisikan perdagangan internasional sebagai “aliran barang dan jasa di antara negara-negara, termasuk aliran faktor produksi.”

Baca Juga:  Mengapa Tumbuh Kembang Kupu-kupu Disebut Metamorfosis?

Tujuan Perdagangan Internasional

Selain memahami pengertian perdagangan internasional, kita juga harus memahami tujuan dari perdagangan internasional. Beberapa tujuan utama perdagangan internasional antara lain:

  • Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi

Salah satu tujuan utama perdagangan internasional adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi negara-negara yang terlibat. Dengan memanfaatkan keunggulan komparatifnya, negara-negara dapat meningkatkan produksi dan konsumsi barang dan jasa, yang pada masanya dapat meningkatkan standar hidup dan kemakmuran penduduknya.

- Iklan -
  • Pengembangan Pasar

Perdagangan internasional juga memungkinkan negara-negara untuk memperluas pasar mereka di luar batas domestik. Dengan menjual produk-produk mereka ke pasar global, negara-negara dapat menciptakan peluang bisnis baru dan meningkatkan pendapatan ekspor. Tentunya hal ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

  • Akses terhadap Sumber Daya

Suatu negara seringkali membutuhkan sumber daya alam, tenaga kerja, atau teknologi tertentu yang tidak tersedia secara lokal. Melalui perdagangan internasional, negara-negara ini dapat mengakses sumber daya tersebut dari negara lain untuk mendukung produksi dan pertumbuhan ekonomi mereka.

Kelebihan Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memberikan berbagai kelebihan bagi negara-negara yang terlibat di dalamnya. Berikut adalah beberapa kelebihan utama perdagangan internasional:

  • Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Perdagangan internasional mendorong persaingan dan inovasi di pasar global. Hal ini mendorong perusahaan untuk meningkatkan efisiensi produksi mereka untuk tetap bersaing. 

Dengan meningkatnya efisiensi, negara-negara dapat menghasilkan lebih banyak barang dan jasa dengan sumber daya yang tersedia, meningkatkan produktivitas dan kemakmuran secara keseluruhan.

  • Stimulasi Pertumbuhan Ekonomi
Baca Juga:  Apakah Semua Pohon "Berbuah" Kupu-kupu?

Perdagangan internasional memberikan kesempatan bagi negara-negara untuk memperluas pasar mereka di luar batas teritorial wilayah. Dengan meningkatnya volume perdagangan, ekonomi negara dapat tumbuh lebih cepat dan menciptakan lapangan kerja baru.

Selain itu, perdagangan internasional juga memungkinkan negara-negara untuk memanfaatkan skala ekonomi yang lebih besar. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi secara signifikan.

  • Peningkatan Pembangunan Global

Kegiatan Perdagangan internasional dapat menjadi strategi percepatan bagi pembangunan global, terutama bagi negara-negara berkembang. Melalui perdagangan internasional, negara-negara tersebut dapat mengakses pasar global untuk menjual produk-produk mereka dan mendapatkan akses terhadap teknologi dan modal asing.

Inilah salah satu kelebihan perdagangan internasional karena dapat membantu negara-negara berkembang untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan standar hidup, dan mencapai pembangunan ekonomi yang lebih berkelanjutan.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian perdagangan internasional, tujuan dan beberapa kelebihannya. Adanya Perdagangan internasional memiliki dampak yang signifikan pada ekonomi, politik, dan sosial baik di tingkat nasional maupun global.

Dampak perdagangan internasional yaitu dapat mendorong peningkatan produksi, investasi, dan lapangan kerja. Selain itu, perdagangan internasional juga membawa dampak negatif—yakni dapat mempengaruhi lingkungan. Seperti adanya penggunaan sumber daya alam yang berlebih hingga menimbulkan polusi, limbah dan degradasi lingkungan.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU