Jumat, Oktober 22, 2021

Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna yang Perlu Diketahui

spot_imgspot_img

Metamorfosis adalah perubahan bentuk yang terjadi pada hewan. Berikut ini pengertian dan tahap-tahap metamorfosis yang perlu kalian ketahui saat belajar biologi.

Proses tersebut dialami sejumlah hewan sebagai tahap pertumbuhan dan perkembangan hidup. Ada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan ada pula yang melalui metamorfosis tidak sempurna.

Pengertian Metamorfosis

Lebih jelasnya, metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi yang meliputi perubahan fisik dan struktur hewan tanpa melalui kelahiran maupun penetasan. Perubahan tersebut terjadi akibat pertumbuhan dan diferensiasi sel.

Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Hewan dikatakan mengalami metamorfosis sempurna jika mengalami empat tahap. Contoh metamorfosis sempurna, salah satunya terjadi pada kupu-kupu. Tahapan telur, larva, pupa, dan kupu-kupu dewasa.

Sementara ada juga hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna atau disebut juga dengan metamorfosis sederhana. Jenis metamorfosis ini hanya melalui tiga tahap yakni telur, larva.atau nimfa, dan imago atau wujud dewasa.

Metamorfosis tidak sempurna dialami oleh beberapa serangga contohnya kutu daun, jangkrik, belalang, belalang sembah kecoa, rayap, capung, dan kutu rambut.

Dikutip dari www.amentsoc.org, metamorfosis tidak sempurna adalah jenis metamorfosis yang membuat serangga menetas dari telur dan kemudian berubah ke nimfa. Pada tersebut nimfa terlihat seperti versi kecil dari dewasa tetapi semakin besar seiring bertambahnya usia.

Pada tahap nimfa akhir serangga kemudian berganti kulit menjadi bentuk dewasa. Bentuk dewasa seringkali hanya dapat dibedakan dari nimfa berdasarkan ukuran dan keberadaan sayap.

Tahap-tahap Metamorfosis Tidak Sempurna

Jelasnya simak tahap-tahap metamorfosis tidak sempurna berikut ini.

  • Telur
    Seekor serangga akan bertelur di tempat yang cocok dan aman untuk pertumbuhan embrio. Embrio tersebut dilindungi oleh struktur telur dengan cangkang yang diliputi zat kitin. Setelah menunggu beberapa waktu telur-telur tersebut akan menetas menjadi nimfa.
  • Nimfa
    Nimfa adalah hewan muda yang menyerupai bentuk hewan dewasa. Ukurannya lebih kecil dan struktur organ-organnya belum sempurna. Semakin lama nimfa mengalami perkembangan yang membuat dimensi tubuhnya menjadi lebih besar. Seiring pertumbuhannya organ reproduksinya pun semakin matang.
  • Imago
    Imago adalah wujud dewasa dari serangga yang telah matang dari bentuk dan organ-organnya.  Hewan ini telah matang secara reproduksi sehingga sudah mampu melakukan perkawinan. Setelah tahap ini fase pun kembali ke fase awal lagi yakni telur.

Demikian penjelasan tentang metamorfosis mulai dari pengertian hingga tahap-tahapnya.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI