Unhas Gelar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ketua Osis

MAKASSAR, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Hasanuddin melalui Bidang Kemahasiswaan menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Ketua OSIS. Kegiatan ini berlangsung di Aula LPMPP Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (02/03).

Kegiatan seleksi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes. Dalam sambutan pengantarnya, Prof. Arsunan menjelaskan bahwa program penerimaan mahasiswa baru jalur Ketua OSIS bertujuan menghasilkan generasi yang memiliki bakat kepemimpinan yang berkarakter. Dengan bakat tersebut, diharapkan generasi kedepan memiliki kompetensi untuk menjawab berbagai persoalan masyarakat dan bangsa.

“Mereka adalah orang-orang pilihan yang memiliki bakat kepemimpinan. Melalui jalur ini, tentu kita harapkan dapat menemukan calon-calon mahasiswa yang akan menjadi penerus dan membawa Indonesia lebih baik ke depan,” jelas Prof. Arsunan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK) Unhas, Abdullah Sanusi, Ph.D., menambahkan bahwa penerimaan mahasiswa baru jalur ketua osis mengalami peningkatan peminat yang sangat besar.

“Ini tahun kedua kita menggelar penerimaan yang kita namakan Jalur Kepemimpinan. Jumlah peminat meningkat hingga lebih 150% dibanding tahun lalu. Setelah melalui tahapan seleksi administrasi, hari ini kita melakukan seleksi wawancara. Terdapat 67 orang Ketua OSIS yang sampai ke tahap ini, yang berasal dari beberapa SMA di Sulawesi Selatan,” jelas Abdullah.

Abdullah berharap, melalui penerimaan mahasiswa baru jalur Ketua OSIS, maka semakin meningkatkan jumlah mahasiswa yang memiliki bakat kepemimpinan di Unhas. Mengingat banyaknya lembaga kemahasiswaan yang ada di Unhas, sehingga diperlukan calon mahasiswa yang dari awal sudah mempunyai bakat kepemilikan dalam dirinya.

Usai melakukan tes wawancara, para peserta mengikuti tes essay tertulis dengan topik yang sudah ditentukan.

Penerimaan mahasiswa baru Jalur Ketua OSIS yang diselenggarakan oleh Unhas sudah dimulai sejak tahun 2019, yang ketika itu merupakan pertama kalinya di Indonesia. Tahun ini, beberapa kampus lain mengikuti model rekrutmen mahasiswa baru Jalur Kepemimpinan ini. (AHD)

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI