Rabu, April 21, 2021

Perpustakaan SMPN 1 Makassar Luncurkan Inovasi Baru

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kepala SMP Negeri 1 Makassar, Suaib Ramli didampingi Kepala Perpustakaan PORE, Sitti Aminah beserta tenaga perpustakaan dan disaksikan guru, duta baca dan tamu undangan termasuk pustakawan dari beberapa sekolah dan dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar menyaksikan peluncuran inovasi baru Perpustakaan PORE yang diberi nama “PORE GOES TO PARK” atau Perpustakaan PORE berkunjung ke Taman yang ada di Kota Makassar yang ditandai dengan pelepasan balon dihalaman sekolah, Kamis (01/04).

Peluncuran tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Kebudayaan ke 3 Kota Makassar dan menyambut Hari Buku Anak Sedunia, 2 April 2021.

Kepala Sekolah Suaib Ramli dalam sambutannya mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh Tim Kreatif Perpustakaan PORE apalagi inovasi ini lahir atas inisiatif dari para Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Cilik yang selama ini membantu kegiatan literasi di sekolah.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Perpustakaan, Sitti Aminah bahwa inovasi ini muncul dari siswa Duta Baca Pelajar.

“Mereka semua yang mempunyai ide inovasi ini dan kami dari perpustakaan yang mendukung dan memfasilitasi ide tersebut,” ungkap Sitti Aminah yang juga Pustakawan dengan bangga.

“PORE GOES TO PARK” adalah sebuah aksi para Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Cilik SMP Negeri 1 Makassar beserta Tenaga Perpustakaan yang peduli dengan peningkatan minat baca masyarakat khususnya para pelajar di Kota Makassar.

Selain itu juga memperkenalkan eksistensi Perpustakaan PORE dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

“PORE GOES TO PARK” ini akan dilaksanakan setiap hari Minggu sore di 4 titik taman yakni Taman Macan, Taman Lego-Lego CPI, Anjugan Pantai Losari dan Taman Pakui Sayang.

“PORE GOES TO PARK” berbentuk penyediaan lapak baca di 4 titik taman yang masing-masing lapak menyediakan 200 judul buku dari Perpustakaan PORE SMP Negeri 1 Makassar.

Setiap lapak di masing-masing taman di pandu 8 sampai 9 siswa Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Cilik. Tugas para Duta Baca Pelajar akan memberikan sosialisasi gemar membaca kepada pengunjung di taman sedangkan para pustakawan cilik bertugas melayani pengunjung yang membaca di lapak baca.

Ketua Duta Baca Pelajar SMP Negeri 1 Makassar, Sitti Fatimah Nimatullah saat ditanya dengan ide “PORE GOES TO PARK” mengatakan bahwa kegiatannya sebagai bentuk kepedulian para Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Cilik yang melihat budaya baca masyarakat yang masih rendah.

“Selain kepedulian meningkatkan budaya baca kegiatan ini juga sebagai bentuk pembelajaran kami untuk bersosialisasi yang positif ke masyarakat,” terang Sitti Fatimah.

Pengelola/ Koordinator inovasi sekaligus Tenaga Perpustakaan, Sitti Nurnisaa Wirda Fausah atau yang biasa disapa Ummi mengatakan bahwa “PORE GOES TO PARK” yang rencananya akan dimulai besok, Minggu (04/04) masih bersifat sosialisasi dulu dan kedepannya akan ada pengembangan.

“Saat ini kami masih proses pengurusan perizinan dengan pengelola taman untuk program inovasi ini. Tahap awal masih dengan konsep sosialisasi dan penyediaan lapak baca.

Nah, nanti kedepannya akan dilakukan pengembangan seperti pemutaran film dokumenter, membuat resensi dan akan menggandeng Perpustakaan Keliling dan Dongkel Dinas Perpustakaan Kota Makassar,” ungkap Ummi.

Perpustakaan “Pore” dalam bahasa Makassar “Pore” berarti Mantap atau Hebat telah menjadi spirit layanan Perpustakaan SMP Negeri 1 Makassar.

Selain layanan internal di sekolah, Perpustakaan ini juga mencoba melakukan layanan ekternal sebagai upaya membantu pemerintah meningkatkan budaya baca dengan program Inovasi.

Perpustakaan yang telah menerima program pendampingan melalui Inovasi Sentuh Pustaka Dinas Perpustakaan Kota Makassar dan telah memperoleh akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional R Iini tidak pernah berhenti melakukan pengembangan layanan perpustakaan dengan berbagai kegiatan literasi yang dibantu dengan para Duta Baca Pelajar dan Pustakawan Ciliknya.

RAMADAN KEREN

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Polsek Urban Pitumpanua Kembali Bubarkan Balapan Liar

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Personil Polsek urban Pitumpanua bubarkan balapan liar dilaksanakan anak muda dikaluku desa lauwa kecamatan Pitumpanua dijalan Poros Sengkang-siwa, Selasa (20/4/2021).

Segar Buat Buka Puasa, Ini Resep Praktis Es Pisang Ijo yang Yummy!

Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan...

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 20 April 2021

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Jadwal buka puasa merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari rutinitas puasa bagi umat Islam. Umat Islam yang menyegerakan...

Keutamaan Pahala Berpuasa

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bulan Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran islam, puasa di bulan Ramadan dapat...

Doa Buka Puasa yang Benar

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ...

REKOMENDASI