- Advertisement -

Perpustakaan SMPN 6 Makassar Optimis Bisa Ikut Akreditasi Perpustakaan Sekolah Online

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kepala Perpustakaan SMP Negeri 6 Makassar, Andi Mindarwati, S Pd., M Pd. menyatakan optimis bisa mengikuti akreditasi Perpustakaan Sekolah secara online setelah mendapatkan restu dari Kepala Sekolah dengan menyerahkan dokumen akreditasi (hard copy dan soft copy) kepada Dinas Perpustakaan Makassar, Senin (22/06).

Dokumen diterima langsung oleh Pustakawan Dinas Perpustakaan di ruang Pustakawan untuk dikoreksi dan nantinya diteruskan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang selanjutnya disampaikan ke Tim Akreditasi Pusat di Perpustakaan Nasional RI.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Perpustakaan SMP Negeri 6 Makassar adalah salah satu Perpustakaan yang menerima program pendampingan Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Makassar.

Perpustakaan dengan bangunan baru 2 lantai atas inisiatif Kepala Sekolah ini sudah mulai tertata dengan baik mengikuti Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Lantai 1 menggunakan konsep smart Library yang terdiri dari ruang baca dan ruang koleksi dengan dilengkapi jaringan WiFi dan 5 unit perangkat komputer untuk penelusuran koleksi perpustakaan dan internet.

BACA JUGA:  Optimalkan Akun Belajar SMP Islam Athirah 1 Makassar Gelar Workshop PMM dan Canva
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sedangkan Lantai 2 sebagai ruang pengolahan buku dan penyimpanan buku paket. Layanan keanggotaan dan sirkulasi di perpustakaan ini telah menggunakan aplikasi berbasis Slims sesuai anjuran dari Kementerian Pendidikan Nasional.

Wakil Kepala Sekolah, Muchlis, S Pd., M Pd. Mengungkapkan,

“Dengan adanya program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Makassar, mindset kami berubah dari sebelumnya tidak tahu bagaimana memulai mengelola perpustakaan akhirnya kami bisa menghadirkan Perpustakaan seperti ini, sesuai standar yang dipersyaratkan yang dikelola empat orang termasuk kepala Perpustakaannya,” ungkap Wakil Kepala Sekolah, Muchlis, S Pd., M Pd.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Padahal dulu hanya menugaskan guru ke perpustakaan tetapi sekarang kami telah sadar, tersentuh dan akhirnya berusaha melengkapi tenaga perpustakaan tersendiri. Dari empat tenaga perpustakaan sekolah, dua orang dari alumni jurusan ilmu perpustakaan. Satu orang alumni tersebut diperoleh dari program Magang Mandiri Dinas Perpustakaan Kota Makassar,” tambahnya.

BACA JUGA:  Kota Makassar Masuk 10 Besar Tingkat Gemar Membaca dengan Skor Tertinggi

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Sekolah. “Saat baru masuk di sekolah ini, 3 tahun yang lalu saya bingung mau diapakan ruang Perpustakaan ini, kondisinya memprihatinkan, ruangannya tidak layak dan buku-bukunya tertumpuk begitu saja. Tiba-tiba ditengah kegalauan saya, Dinas Perpustakaan Makassar datang dengan membawa programnya Sentuh Pustaka. Tentu saya senang sekali dan ternyata Tim Sentuh Pustaka turun langsung membenahi dan saya saksikan sendiri,” ungkap DR. H. Munir, S.Ag.(*/FP)

Video Profil Perpustakaan SMP Negeri 6 Makassar dapat dilihat ditautan link berikut ini:  https://youtu.be/x90x3DobUR4

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: