Petani Berjuang Lawan Hama Burung Ditengah Pandemi, Andalkan Cara Tradisional Ini

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ditangah pandemi Covid-19 ini, kalangan petani padi di Desa Tea Musu, Kecamatan Ulaweng, Bone, juga tengah berupaya melawan serangan hama burung pemakan bulir padi.

Mereka mengerahkan segala upaya secara tradisional untuk mengusir hama burung yang tengah menyerang tanaman padi mereka. Diantaranya, bergantian dari pagi hingga sore mengusir kawanan burung dengan cara berteriak dan alat seadanya.

Baca Juga:  Pengurus IKMBM 2023-2024 Dilantik

Petani setempat pun mulai dibuat resah. Pasalnya, selain berpotensi mengurangi hasil panen, petani juga harus lebih lama menjalani rutinitas di sawah untuk mengusir kawanan burung.

- Iklan -

Salah satu petani setempat Tang mengatakan, kawanan burung berterbangan ntah darimana asalnya. Kemudian, menghinggapi dan memakan bulir buah tanaman padi miliknya yang sudah hampir tiba masa panen.

Baca Juga:  Biro SDM Polda Sulsel Ajak Putra-Putri untuk Daftar Jadi Akpol

“Akhir-akhir ini kencang Dongi (burung pemakan padi), saya bergantian pergi usir burung pemakan buah tanaman padi di sawah. Kalau dibiarkan saja, tidak turun mengusir, samakin parah dampaknya,”ungkap Tang, Kamis (16/7).

Reporter: Abustan

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU