Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) Kampus VI Bone sukses menggelar berbagai event di Kampus PGSD FIP UNM Jalan Jenderal Sudirman Watampone, Sabtu 22 Februari 2020, lalu.

PGSD FIP UNM Kampus VI Bone menyelenggarakan acara bertajuk PGSD EMAS (Era Menyatu Akrab dan Solid). Dalam acara digelar berbagai kegiatan seperti jalan santai, lomba kuliner, live musik dan doorprize. Acara ini dibuka oleh Dekan FIP UNM, Dr, Abd. Saman, M.Si. Kons, dihadiri Ketua UPP PGSD Bone, Abd. Hafid. S.Pd., M.Pd., Kapro PGSD, Muh. Irfan, S.Pd., M.Pd dan Wakil Rektor Bidang Akademik UNM, Prof. Dr. Rernat. H. Muharram, M.Si. Kehadiran Wakil Rektor ini adalah secara pribadi.

Ketua Panitia PGSD EMAS Dr. Sudarto, S.Pd., M.Pd menjelaskan visi misi atau tujuan dari penyelenggaraan acara PGSD EMAS. Beliau mengatakan, zaman sekarang ini merupakan zaman kesibukan, terlebih masyarakat kampus yang bergelut di bidang pendidikan.

Baca Juga :   Guru Besar PPS Nur Rachmat Ingatkan Pentingnya Adab Sebelum Ilmu

Menurutnya, di satu sisi, masyarakat kampus adalah masyarakat yang penuh potensi dan talenta, merupakan masyarakat pilihan yang senantiasa ditunggu oleh masyarakat umum untuk senantiasa memberikan kontribusi positif dalam kehidupan ini.

Agar suasana yang selalu sibuk ini dapat menjadi suasana yang membahagiakan kapan dan dimanapun maka jiwa persaudaraan harus selalu dipupuk dan dikuatkan sehingga menjadi semakin erat.

“Begitu pula agar potensi dan talenta yang kita miliki dapat bermanfaat dan terkembangkan terus-menerus maka perlu terjalinnya komunikasi yang dilandasi jiwa persaudaraan yang menyatu dan akrab. Selanjutnya, agar peran kita sebagai masyarakat kampus semakin terpatri dalam kehidupan masyarakat maka kita perlu semakin meningkatkan jiwa persaudaran yang kokoh dan solid. Untuk itu semua maka kita selenggarakan PGSD EMAS sekaligus memperingati 30 tahun berafiliasinya SPG ke FIP UNM atau lahirnya PGSD FIP UNM Kamps VI Bone,” jelasnya.

Baca Juga :   Sanksi UIT Diperpanjang Sebulan

Sementara itu, Ketua UPP PGSD Bone Abd. Hafid. S.Pd., M.Pd mengatakan, acara ini terselenggara berkat kerja keras dan kerja sama dari seluruh civitas akademik PGSD Bone dan dukungan dari unsur pimpinan Prodi dan Fakultas Ilmu Pengetahuan UNM.

Selanjutnya, Dekan FIP dan WR 1 dalam sambutan mereka meengapresiasi acara tersebut. Mereka menilai perlu diselenggarakan lebih besar lagi di tahun-tahun mendatang dengan melibatkan unsur alumni sehingga semakin terjalin ukhuwah yang berjiwa ‘EMAS’ antar alumni dan civitas yang ada serta terjalin komunikasi yang semakin meningkatkan wawasan kependidikanan ke-SD an di kalangan alumni dan civitas.

Dalam acara PGSD EMAS ini peserta yang hadir kurang lebih 500 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan pegawai. Acara ini berlangsung meriah karena dalam acara tersebut hadir pula Dekan FIP UNM, Kaprodi PGSD, Ketua UPP PGSD Bone, Sekretari dan Kepala Lab PGSD Bone serta WR 1 UNM. Pelaksanaan acara ini dikawal oleh Polres Bone.

Baca Juga :   Sabbatical Leave, IAIN Bone Hadirkan Guru Besar UIN Riau Review Kurikulum KKNI

Acara ini terselenggara berkat dana partisipasi dari para dosen dan pegawai PGSD FIP UNM Kampus VI Bone, dukungan elemen mahasiswa PGSD FIP UNM Kampus VI Bone dan dukungan dari unsur pimpinan Prodi, Fakultas dan Universitas.

Reporter: Abustan