Program S3 Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Unhas Gelar FGD dan Workshop Kurikulum

FGD dan workshop kurikulum Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Unhas persiapan re-akreditasi.

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Program S3 Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Workshop Kurikulum dalam rangka penyusunan kurikulum S3 untuk menghadapi re-akreditasi Program studi tersebut.

Kegiatan ini dilakukan di Aula Fakultas Peternakan Unhas pada hari Kamis, 1 Agustus 2019. Menurut ketua Program Studi S3 Ilmu Peternakan, Prof Rr Sri Rachma A B, M Sc., Ph D bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendengarkan dan menampung masukan dan saran dari beberapa stakeholder dalam rangka persiapan penyusunan kurikulum baru S3 Ilmu Peternakan yang telah berdiri sejak tahun 2018. 

Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof Dr Ir Lellah Rahim, MSc yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka melakukan analisis kebutuhan stakeholder untuk menyesuaikan kurikulum yang sedang disusun. Ia juga menjelaskan tentang kebijakan Kurikulum S3.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan Pemaparan Kurikulum S3 Ilmu Peternakan Unhas oleh Ketua Program Studi. Inti dari kegiatan FGD dan Workshop tersebut adalah Brain storming dan masukan dari stakeholder yang dipandu oleh Sekertaris Tim Penyusunan Kurikulum S3 Ilmu Peternakan, Dr Ir Aslina Asnawi, S Pt., M Si., IPM.

BACA JUGA :   Forum Nasional Kabupaten/Kota Sehat Indonesia Perkuat Kemitraan dengan FKM Unhas

Beberapa masukan dari stakeholder terkait dengan perumusan Visi, Misi dan profil lulusan, muatan kurikulum (mata kuliah) yang perlu ditambahkan yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder.  Ketua Tim Penyusunan Kurikulum S3 Ilmu Peternakan, Prof Dr Drh Ratmawati Malaka, M Sc.

Selanjutnya memberikan wrapping dan perumusan, serta menampilkan draft kurikulum yang sedang disusun dan ia mengharapkan bahwa kurikulum tersebut bisa lebih baik dengan mengakomodir dan mempertimbangkan masukan dari beberapa stakeholder pada kegiatan tersebut.

Turut hadir juga dalam kegiatan FGD dan Workshop Kurikulum S3 Ilmu Peternakan adalah Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi, Wakil Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumberdaya, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan, Ketua dan Sekertaris Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Peternakan, Ketua Program Studi S1 Fakultas Peternakan, Guru Besar dalam lingkup Fakultas Peternakan, dosen Fakultas Peternakan yang sekaligus merupakan tim Kurikulum, tim akreditasi dan penyusunan SOP.

BACA JUGA :   Latih Untuk Kebersihan Gigi Pada Siswa, Poltekes Kemenkes Kunjungan ke SLB-A YAPTI

Selain itu, peserta lainnya yang juga hadir adalah wakil dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, PT, Charoen Pokphand Indonsia Tbk, dan perguruan tinggi lainnya diantaranya; Fakultas Peternakan Universitas Islam Negeri Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Muhammadiyah Kab. Sinjai, Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Kota Pare-Pare, Universitas Negeri Sulawesi Barat, Universitas Muhammadiyah Sidrap, Politani Pertanian Pangkep, dan mahasiswa S3 Ilmu Peternakan.

Ketua Program Studi S3 Ilmu Peternakan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat besar kepada stakeholder yang telah menyempatkan hadir pada kegiatan tersebut. “Saya juga mengharapkan adanya sinergitas kegiatan dan kerjasama dimasa yang akan datang demi keberlanjutan Prodi S3 Ilmu Peternakan Unhas,” harapnya. (FP)