Regular Verbs, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Regular Verbs adalah salah satu jenis verb yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris . Regular Verbs adalah kata kerja beraturan. Berikut penjelasan lengkap mengenai Pengertian Regular Verbs , Jenis Regular Verbs dan Fungsi Regular Verbs dalam kalimat.

Pengertian Regular Verbs

Regular verbs dalam bahasa Inggris adalah kata kerja yang membentuk bentuk lampau (past tense) dan bentuk participle (past participle) dengan menambahkan “-ed” pada akhir kata. Berikut beberapa contoh regular verbs beserta bentuk lampau dan bentuk participlesnya:

  1. Walk (berjalan) – walked – walked
  2. Talk (berbicara) – talked – talked
  3. Play (bermain) – played – played
  4. Call (menelepon) – called – called
  5. Love (mencintai) – loved – loved
  6. Live (tinggal) – lived – lived
  7. Jump (loncat) – jumped – jumped
  8. Hope (berharap) – hoped – hoped
  9. Smile (tersenyum) – smiled – smiled
  10. Work (bekerja) – worked – worked

Regular verbs ini mengikuti pola tertentu dalam pembentukan bentuk lampau dan bentuk participlesnya, sehingga relatif mudah diingat dan dipelajari.

- Iklan -

 

Jenis Regular Verbs

Regular verbs dalam bahasa Inggris adalah kata kerja yang membentuk bentuk lampau (past tense) dan bentuk participles (past participle) dengan menambahkan “-ed” pada akhir kata. Berikut adalah beberapa jenis regular verbs berdasarkan pola penambahan “-ed”:

  1. Verbs dengan Akhiran Huruf E: Kata kerja yang berakhir dengan huruf “e” hanya menambahkan “-d” pada akhir kata untuk membentuk bentuk lampau dan bentuk participles.
    • Example: love (loved), live (lived), bake (baked)
  2. Verbs dengan Konsonan + Huruf E: Kata kerja yang diakhiri dengan satu konsonan diikuti oleh huruf “e” hanya menambahkan “-d” pada akhir kata untuk membentuk bentuk lampau dan bentuk participles.
    • Example: hope (hoped), move (moved), close (closed)
  3. Verbs dengan Vowel + Konsonan: Kata kerja yang diakhiri dengan pola “vowel + consonant” menggandakan konsonan terakhir dan menambahkan “-ed” pada akhir kata untuk membentuk bentuk lampau dan bentuk participles.
    • Example: stop (stopped), plan (planned), jog (jogged)
  4. Verbs dengan Konsonan + Y: Kata kerja yang diakhiri dengan konsonan diikuti oleh “y” mengubah “y” menjadi “i” dan menambahkan “-ed” pada akhir kata untuk membentuk bentuk lampau dan bentuk participles.
    • Example: carry (carried), study (studied), try (tried)
  5. Verbs dengan Vowel + Y: Kata kerja yang diakhiri dengan pola “vowel + y” hanya menambahkan “-ed” pada akhir kata untuk membentuk bentuk lampau dan bentuk participles.
    • Example: play (played), stay (stayed), enjoy (enjoyed)
  6. Verbs dengan Konsonan Ganda: Kata kerja yang diakhiri dengan konsonan ganda hanya menambahkan “-ed” pada akhir kata untuk membentuk bentuk lampau dan bentuk participles.
    • Example: hug (hugged), stop (stopped), plan (planned)
Baca Juga:  Pengertian Argumentative Text, Ciri, Struktur dan Tujuan

Itu adalah beberapa pola umum regular verbs dalam bahasa Inggris. Dengan memahami pola-pola ini, kita dapat membentuk bentuk lampau dan bentuk participles dari berbagai kata kerja secara konsisten.

- Iklan -

 

Fungsi Regular Verbs

Regular verbs dalam bahasa Inggris memiliki beberapa fungsi penting dalam kalimat, seperti:

  1. Menyatakan Tindakan yang Berulang: Regular verbs digunakan untuk menyatakan tindakan yang terjadi secara berkala atau berulang dalam waktu lampau atau waktu yang tidak pasti di masa lalu.
    • Contoh: She walked to school every day. (Dia berjalan ke sekolah setiap hari.)
  2. Menyatakan Tindakan yang Terjadi Sekali di Masa Lampau: Regular verbs juga digunakan untuk menyatakan tindakan tunggal yang terjadi di masa lampau.
    • Contoh: He played football yesterday. (Dia bermain sepak bola kemarin.)
  3. Menggambarkan Perubahan Status atau Kondisi: Kadang-kadang regular verbs digunakan untuk menggambarkan perubahan status atau kondisi seseorang atau sesuatu.
    • Contoh: She loved him deeply. (Dia sangat mencintainya.)
  4. Menyampaikan Informasi di Narasi atau Cerita: Regular verbs sangat umum digunakan dalam narasi atau cerita untuk menyampaikan urutan peristiwa yang terjadi di masa lampau.
    • Contoh: The princess kissed the frog, and it turned into a prince. (Putri mencium kodok itu, dan itu berubah menjadi seorang pangeran.)
  5. Menyediakan Dasar untuk Pembentukan Tenses Lain: Regular verbs membentuk dasar untuk pembentukan berbagai bentuk tense dalam bahasa Inggris, seperti past continuous, present perfect, dan future perfect, yang memungkinkan pengungkapan berbagai keadaan waktu.
    • Contoh: They have talked for hours. (Mereka telah berbicara selama berjam-jam.)
Baca Juga:  Stative Verb, Pengertian, Jenis dan Fungsi dalam Kalimat

Melalui fungsi-fungsinya ini, regular verbs membantu dalam menyampaikan informasi tentang waktu, kejadian, dan kondisi di dalam kalimat dalam bahasa Inggris.

- Iklan -

Itulah penjelasan lengkap menegenai Pengertian Regular Verbs , Jenis Regular Verbs dan Fungsi Regular Verbs dalam kalimat.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU