Rektor UNM Dorong Mahasiswa KKN Mamuju Tengah Bikin Program Desa Binaan

FAJAR Pendidikan

Rektor Universitas Makassar (UNM), Prof. Dr. H. Husain Syam, MT., IPU., ASEAN Eng beserta pimpinan lingkup UNM melakukan monitoring dan evaluasi atau Supervisi Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, pada Kamis (19/5/2022).

Pelaksanaan kunjungan Supervisi KKN Rektor UNM dan rombongan di terima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Askari, di halaman kantor Mamuju Tengah dengan sambutan adat daerah yang selanjutnya menuju ruang pola Kantor Bupati Mamuju Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Rektor UNM, Ketua Senat, para Dekan se-UNM, serta pengurus dan staf KKN UNM. Serta diawali dengan laporan program kerja masing-masing Korcam dari Kabupaten Polman, Majene, Mamuju, Mamuju Tengah, Pasang Kayu, dan Kabupaten Mamasa.

Dalam sambutannya, Prof Husain Syam menyampaikan kegiatan KKN adalah sharing dalam proses edukasi masyarakat. Para mahasiswa datang ke lokasi KKN untuk belajar di tengah masyarakat. Masyarakat dan pemerintah setempat juga bisa belajar mengenai inovasi yang dibawa mahasiswa KKN.

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL III FKM Unhas Posko 30 Gelar Seminar Awal

“Jadi tepatnya adalah sharing agar masyarakat teredukasi. Sama-sama belajar, tidak bisa juga menempatkan mahasiswa KKN sebagai sumber (mengajari), mereka juga yang datang itu untuk belajar. Mahasiswa juga datang belajar adat masyarakat setempat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rektor UNM mendorong lahirnya desa binaan UNM, agar di setiap momentum pengabdian masyarakat, para mahasiswa mendorong lahirnya desa binaan.

“Jika ada desa yang siap untuk menjadi desa binaan yang rutin dikirimkan mahasiswa KKN. Bukan hanya itu, program pengabdian lainnya juga difokuskan ke desa itu serta anak-anaknya dibina dan diberi akses khusus kuliah di UNM, itu akan kami godok sehingga ada perbedaan antara desa yang dibina langsung dengan yang tidak. Tidak ada biaya untuk mewujudkan itu, cukup dengan kerjasama,” terangnya.

Kemudian, UNM juga membuka kerjasama antara pemerintah daerah dalam hal peningkatan kompetensi dan kualifikasi pelayanan publik di Mamuju Tengah. “Kami di UNM terbuka ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualifikasi pelayanan publik di Mamuju tengah,” tuturnya.

BACA JUGA :   LPM Penalaran UNM Adakan Pelatihan Mentor Untuk Persiapan PMP-OMK XXV Tahun 2022

Sementara, Sekretaris Daerah Mamuju Tengah, Askari mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan UNM dalam hal pengembangan kapasitas SDM di Mamuju Tengah. “Ini menjadi angin segar dan menjadi potensi kerjasama dalam rangka pengembangan SDM di Mamuju Tengah,” tuturnya.

Dia juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap rombongan Rektor UNM yang datang di Mamuju Tengah. “Terima kasih pak Rektor UNM telah hadir di Mamuju Tengah, ini adalah berkah bagi kami. Bapak Rektor UNM ini, adalah tokoh nasional, Tokoh Sulawesi Barat, dan aset Sulawesi Barat. Bapak telah telah hadir bersama semua rombongan yang terbilang lengkap, ini kebanggaan bagi kami, ini kehormatan bagi kami di Mamuju Tengah,” pungkasnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI