- Advertisement -

Renungan Harian Katolik Rabu 30 November 2022: Ikutlah Aku, dan Kamu akan Kujadikan Penjala Manusia

Renungan Harian Katolik hari ini, Rabu 30 November 2022 berjudul: “Ikutlah Aku, dan Kamu akan Kujadikan Penjala Manusia”.

Renungan Harian Katolik hari ini, Rabu 30 November 2022 dikutip dari halaman website renunganhariankatolik.org

Bacaan Injil: Matius 4:18-22

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pada suatu hari, ketika Yesus sedang berjalan menyusur Danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka itu penjala ikan.

Yesus berkata kepada mereka, “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

Mereka pun segara meninggalkan jalanya, lalu mengikuti Yesus. Setelah Yesus pergi dari sana, dilihatnya pula dua orang bersaudara,

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

yaitu Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu.

Yesus memanggil mereka, dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Renungan Harian Katolik Rabu 30 November 2022

Dalam bacaan Injil ini, Yesus memanggil murid-murid-Nya yang pertama. Orang-orang ini adalah saudara: Simon, yang juga disebut Petrus, dan saudaranya, Andreas.

Yesus sedang berjalan di sepanjang Danau Galilea ketika dia pertama kali melihat saudara-saudara.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Mereka sedang menebarkan jaring ikan ke laut. Memancing adalah profesi dan mata pencaharian mereka.

Yesus berkata kepada mereka, ”Mari dan ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala (perempuan dan) laki-laki.” Segera, saudara-saudara meletakkan jala mereka dan mengikuti Yesus.

BACA JUGA:  Bacaan Injil Katolik Hari Ini Rabu 25 Januari 2023, Lengkap dengan Pengantar Injil

Saat mereka berjalan, Yesus melihat dua saudara lainnya, Yakobus dan Yohanes. Mereka juga berada di perahu bersama ayah mereka, Zebedeus.

Mereka sibuk memperbaiki jaring mereka. Yesus juga memanggil Yakobus dan Yohanes dan mereka juga segera mendayung ke pantai, meninggalkan perahu mereka, jala mereka, dan ayah mereka dan mengikuti Yesus.

Kita bertanya-tanya apakah Yakobus dan Yohanes berbicara dengan ayah mereka tentang keputusan mereka untuk mengikuti Yesus?

(Saya berasumsi ayah mereka memiliki James dan Yohanes untuk membantunya mencari nafkah untuk keluarga.)

Atau apakah mereka hanya mendayung kembali ke pantai, mengucapkan selamat tinggal padanya, dan melanjutkan perjalanan?

Bagaimana tanggapan Anda saat Yesus memanggil Anda hari ini? Terlebih lagi, Dia akan memanggil kita.

Akankah kita terlalu sibuk untuk mendengar panggilannya? Dan jika kita mendengar panggilannya, apakah kita akan mengikuti Dia atau akankah kita membuat alasan? Atau akankah kita dengan sukacita meninggalkan segalanya dan mengikuti Yesus?

Siapa pun yang memanggil nama Anda pasti akan menarik perhatian Anda. Anda akan meregangkan leher Anda untuk mencari orang yang memanggil Anda dengan nama Anda.

Mengapa Anda menanggapi? Anda merespons karena alasan sederhana bahwa Anda berasumsi bahwa orang yang memanggil Anda dengan nama Anda mengenal Anda.

Dalam Injil hari ini Yesus menyebut Simon Petrus, Andreas, Yakobus dan Yohanes semuanya nelayan biasa.

BACA JUGA:  Renungan Harian Katolik Jumat 27 Januari 2023: Gambaran Tentang Kerajaan Allah

Apakah mereka mengenal Yesus secara mendalam sebelumnya? Tidak, tetapi Yesus pasti mengenal keempat nelayan itu jika tidak, Dia tidak akan memanggil mereka.

Yesus tahu keberdosaan mereka, kelemahan mereka dan bahkan kurangnya pendidikan mereka Dia tahu namun Dia memanggil mereka.

Apa yang dikatakan oleh panggilan para rasul ini kepada kita? Ini memberitahu kita bahwa terlepas dari kekurangan kita apapun kekurangan ini Tuhan masih memanggil kita untuk mengikuti Dia.

Yesus tahu tentang kegagalan dan kelemahan kita, bahkan keberdosaan kita Dia juga tahu; namun Dia masih memanggil kita untuk mengikuti Dia.

Dan menjadi mitra-Nya dalam misi-Nya untuk memajukan kabar baik tentang keselamatan kita.

Akankah kita menanggapi panggilan abadi-Nya? Atau apakah kita akan terus duduk diam dan menjadi budak dari dunia material dan fana ini?

Terlepas dari keberdosaan kita, pilihan yang penuh hikmat adalah untuk selalu menanggapi dan menjadi pengikut Yesus.

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa yang Mahamulia, Santo Andreas, Rasul-Mu telah menjadi pewarta dan pemimpin Gereja-Mu. Kami mohon dengan rendah hati, semoga ia pun senantiasa mendoakan kami di hadapan-Mu.

Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Terima kasih sudah membaca Renungan Harian Katolik Rabu 30 November 2022.

Bagikan

BACA JUGA:

Contoh Teks Khutbah Idul Fitri 2022 Tema ‘Mengetuk Pintu Surga’

Contoh Teks Khutbah Idul Fitri 2022 Tema 'Mengetuk Pintu Surga'. Khutbah merupakan salah satu rangkaian yang wajib saat melaksanakan sholat idul ritri di hari...

Ini Penjelasan Ilmiah Soal Ramadan 2 Kali Setahun Tahun 2030 Nanti

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan bahwa fenomena Ramadan dua kali dalam satu tahun masehi bukan yang pertama terjadi. Dikutip dari detikcom, Kepala Lapan Thomas Djamaluddin...

7 Cara Bertaubat dari Dosa Besar Zina

Zina merupakan perbuatan yang dilakukan bukan karena pernikahan yang sah, bukan karena syuhbat, dan bukan karena pemilikan (budak). Zina digolongkan dalam dosa besar seperti...

6 Keutamaan Membaca Al-quran di Bulan Ramadhan

Keutamaan Membaca Al-quran di Bulan Ramadan. Amalan di bulan Ramadhan membawa banyak amalan ibadah. Memperbanyak amalan ibadah pada bulan suci Ramadhan akan menjadi momentum...

Kalender Liturgi, Sabtu 24 Desember 2022 Lengkap Bacaan Doa

Kalender Liturgi Hari Ini, Sabtu, 24 Desember 2022, Kelender ini merupakan siklus waktu yang berlaku di gereja-gereja Kristiani. Berikut ini adalah kalender Liturgi hari...

POPULER

Kapolres Wajo Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Pallawa 2023

WAJO - Kapolres Wajo AKBP H. Fatchur Rochman, SH.,MM didampingi oleh Wakil Bupati Wajo H.Amran,SE memimpin apel gelar pasulan operasi keselamatan Pallawa 2023 di...